Sepanjang 2019 semakin banyak kegiatan yang kami lakukan di National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk menjalankan visi misi yang mendorong industri modifikasi menjadi semakin besar. Kegiatan-kegiatan yang tak hanya berhubungan dengan kontes, tetapi juga edukasi modifikasi, event, memicu tumbuhnya produk aftermarket lokal, serta merangkul komunitas mobil dengan otomotif khususnya modifikasi.

Nah, berikut ini adalah kaleidoskop atau rekaman peristiwa yang telah NMAA lakukan sepanjang 2019.

 

Great of Indonesia – Osaka Auto Messe 2019

WhatsApp Image 2019-02-10 at 14.43.10

Sesuai tradisi rangkaian pre-event IMX, NMAA tahun ini juga menjalankan gerakan Great of Indonesia seperti tahun sebelumnya. Great of Indonesia merupakan gerakan untuk memperkenalkan produk-produk aftermarket Indonesia ke kancah internasional melalui pameran-pameran modifikasi di luar negeri, tahun ini Osaka Automesse (OAM) yang dihelat di gedung pameran INTEX Osaka 9-11 Februari silam tetap menjadi tujuan.

Rombongan Great of Indonesia menempati booth 6B-S2 di hall 6B. Dan masing-masing aftermarket brand akan membawa spesialisasinya masing-masing. Misalnya KARMA Body Kit yang menampilkan body kit set dan melakukan direct selling dengan sistem pre-order. Yoong Motor sebagai pelopor lampu custom,  memamerkan karya customized light yang tak banyak dilakukan tuner di negara lain. Sementara suspensi udara Air Pride menawarkan teknologi digital pengaturan kinerja air suspension. Dan BitelBlack memperkenalkan konsep cover mobil custom pertama di Jepang.

Yang spesial, booth Great of Indonesia dikunjungi perwakilan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang sengaja datang khusus ke OAM untuk memberikan dukungan terhadap keterlibatan banyak produk aftermarket dan modifikator Tanah Air dalam event pameran internasional tersebut. Dalam hal diwakili Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Ir. Putu Juli Ardika, MA beserta rombongan.

 

Trending Workshop 2019 – Makassar

DSC_3781

Trending Workshop khas NMAA tahun 2019 untuk pertama kalinya diadakan  pada 23-24 Februari di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mengambil tempat di mal Phinisi Point, sebagai rangkaian kegiatan road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2019.

Diikuti sekitar 150-an orang undangan yang terdiri dari komunitas Datsun, pecinta otomotif, serta pengujung mal, kegiatan Trending Workshop membagikan informasi terkini soal tren modifikasi di Indonesia yang dilakukan oleh beberapa ekspertis modifikasi, serta membagikan seputar pengetahuan soal mobil Datsun dan hubungannya dengan modifikasi.

Yang menarik, Trending Workshop di Makassar menampilkan banyak kegiatan. Mulai pameran beberapa model mobil Datsun terbaru, eksebisi aftermarket part Indonesia, test drive, serta car meet up. Car meet up-nya sendiri dirancang untuk memamerkan 30 mobil modifikasi terbaik di Makassar. Dimana satu mobil terpilih mendapatkan Golden Ticket NMAA Top 50 IMX 2019 yang diadakan 28-29 September 2019.

 

Trending Workshop 2019 – Bandung

DSC_4163

Bandung dipilih menjadi kota kedua penyelenggaraan Trending Workshop NMAA setelah Makassar. Ruang serbaguna Maja House pun dipilih menjadi lokasi dilangsungkannya acara (23/3). Trending Workshop di Kota Kembang didukung penuh Forum Komunikasi Klub & Komunitas Otomotif (FK3O). Kegiatan “Kopi Darat” gabungan perwakilan komunitas mobil Jawa Barat dilakukan di lokasi acara. Tak kurang 50-an mobil modifikasi dan sekitar 100-an peserta hadir dan menunjukkan eksistensinya mendukung Trending Workshop dan IMX 2019.

Kegiatan edukasi tersebut diisi 6 Top Creative Leaders otomotif berpengalaman yang membawakan materi soal modifikasi dan perkembangan dunia otomotif. Masing-masing adalah Andre Mulyadi (IMX), Christian Gandawinata (Datsun Indonesia), Octo Budhiarto (NMAA), Yomin Sugianto (Yoong Motor), Romario Sebastian (Air Pride), Pardifa Effrido (Alpine).

 

Trending Workshop 2019 – Denpasar

TW NMAA Bali 2019 Image 2019-04-01 at 10.11.14(1)

Trending Workshop NMAA 2019 Denpasar merupakan kota ketiga penyelenggaraan kegiatan yang merupakan bagian dari road to event Indonesia Modification Expo 2019. Diadakan di Harris Hotel, Sunset Road, Denpasar pada (29-30/3) silam, kegiatan ini sukses dihadiri para pencinta modifikasi di Pulau Dewata.

Trending Workshop NMAA 2019 Denpasar diadakan dengan beberapa kegiatan, mulai pameran beberapa model mobil Datsun terbaru, eksebisi aftermarket part Indonesia, test drive, serta car meet up. Dan dipilih satu mobil pada sesi car meet up yang mendapatkan Golden Ticket menjadi finalis NMAA Top 50. Yaitu Porsche Cayman buatan rumah modifikasi Zoom Bodyworks Bali. Mobil tersebut mendapat kesempatan langsung dipamerkan pada Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 pada 28-29 September bersama finalis lainnya.

 

Datsun Live Modz Challenge

3.

Pada (19/9), Datsun Indonesia menunjukkan komitmen dan dukungannya terhadap kreativitas anak muda melalui partisipasi di Live Modz Challenge 2019. Datsun Live Modz Challenge 2019 adalah kolaborasi dengan NMAA yang bertujuan untuk berbagi ide kreatif modifikasi Datsun GO CVT bersama penggemar otomotif di Indonesia.

Datsun menyediakan satu Datsun GO CVT untuk masing-masing peserta Datsun Live Modz Challenge 2019 yang terdiri dari 3 YouTuber, masing-masing: Fitra Eri, Motomobi, dan Ridwan Hanif. Mereka memodifikasi mobil dengan gayanya masing-masing. Kompetisi tersebut berlangsung sejak Juli sampai September 2019, dimana proses penilaian dan pengumuman pemenang dilakukan saat IMX 2019 berlangsung.

Fitra Eri dengan konsep modifikasi Datsun concept car pun menjadi pemenang dan berhak membawa pulang masing-masing Datsun milik lawannya, atau total membawa 3 Datsun GO yang sudah dimodifikasi.

 

4th Merceday Benz

IMG_8743

NMAA dan IMX mendukung penyelenggaraan gathering pengguna Mercedes-Benz terbesar di Indonesia, Merceday Benz 2019 yang diadakan di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat (2-4/8). Event tahunan ini memiliki sejumlah kegiatan menarik mulai dari jual beli Mercedes-Benz, hiburan musik, jual beli spare part, sampai kontes modifikasi.

Secara khusus NMAA dipercaya menjadi juri yang menilai dalam kontes modifikasi yang diikuti sekitar 30 mobil Mercedes-Benz berbagai tipe. Dimana pemenangnya jatuh kepada mobil SLK kuning dengan ubahan paripurna dan mendapat Golden Ticket untuk memamerkan mobilnya di Balai Kartini pada IMX 2019 sebagai salah satu peserta NMAA TOP 50.

 

Kompetisi Kemenperin AMMDes Digimodz

WhatsApp Image 2019-09-28 at 11.41.17

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong inovasi serta pengembangan industri otomotif di Tanah Air yang ditargetkan menjadi salah satu prime mover ekonomi nasional. Salah satu upaya dilakukan dengan menggelar kompetisi modifikasi digital Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang bertajuk ’Kemenperin AMMDes Digimodz’. Langkah itu menjadi sarana memperoleh masukan pengembangan desain AMMDes sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sebagai karya anak bangsa.

Kompetisi ini bekerja sama dengan NMAA dan sukses diikuti peserta dari seluruh wailayah Indonesia dan periode pendaftaran pada tanggal 9 Juli sampai dengan 5 Agustus 2019 dan dilakukan secara online. Pada akhirnya terjaring lebih dari 100 karya peserta yang diwujudkan ke bentuk nyatanya yang diluncurkan di IMX 2019.

Karya AMMDes milik Dandung Prasojo pun dipilih menjadi pemenang karena ditunjuk memenuhi kriteria poin pada dua aspek utama. Yaitu pada Styling atau ubahan desain pada eksterior yang meliputi perubahan warna, velg, atau penambahan berbagai aksesori. Selain itu Aplikasi atau dengan kata lain adanya penambahan nilai fungsi AMMDes sebagai penunjang produktivitas masyarakat pedesaan.

 

Honda Society Indonesia

WhatsApp Image 2019-08-14 at 22.33.15

NMAA ikut menginisiasi dan mendukung lahirnya Honda Society Indonesia sebagai forum yang menaungi komunitas atau klub mobil Honda di Tanah Air. Melalui kopdar awal pada (14/8), forum ini sekaligus membentuk kepengurusannya yang dinahkodai oleh Gerry Immanuel, seorang pegiat komunitas mobil yang sudah tidak asing di industri otomotif di Indonesia.

Forum Honda Society sendiri secara resmi menjadi naungan lebih dari 30 komunitas mobil Honda di seluruh Indonesia, dengan total anggota lebih dari 1.500 pemilik mobil merek Honda. Yang menarik, Honda Society Indonesia melalukan kopdar akbarnya di IMX 2019.

 

NMAA Goes to Campus – Universitas Tarumanagara, Universitas Bina Nusantara, Universitas Bunda Mulia

WhatsApp Image 2019-09-19 at 14.45.36

NMAA melakukan kegiatan NMAA Goes to Campus yang dimulai dari Universitas Tarumangara, Grogol, Jakarta Barat (18/9), lalu Universitas Bina Nusantara (10/10) di Alam Sutera, Tangerang Selatan, dan Universitas Bunda Mulia (28/10) di Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan NMAA, dan kelanjutan dari NMAA Trending Workshop yang telah diadakan di beberapa kota tahun ini.

Rangkaian NMAA Goes To Campus ini sejalan dalam menyiapkan generasi muda khususnya mahasiswa untuk mengerti pola bisnis di industri otomotif dalam kolaborasinya dengan industri digital. NMAA dan Datsun menyiapkan pembicara-pembicara terbaik di bidangnya yaitu: Christian Gandawinata selaku Head of Marketing Datsun Indonesia, Octo Budiarto selaku Komite NMAA, Viga Fakoani selaku Infia Business Development and Partnership, serta Om Mobi dari Motomobi TV.

 

Indonesia Modification Expo 2019

WhatsApp Image 2019-09-30 at 22.09.13

Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 secara resmi dibuka pada Sabtu, (28/9). Ajang expo mobil modifikasi yang kedua kali diselenggarakan dan terbesar di Indonesia ini tetap dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta Selatan selama dua hari, pada 28-29 September 2019. Dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Ir. Harjanto, M.Eng, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika, serta Founder National Modificator & Aftermarket Associaton (NMAA) Andre Mulyadi.

IMX saat ini merupakan satu-satunya expo modifikasi dengan tujuan untuk mendukung dan memfasilitasi semua potensi munculnya part-part after market di Indonesia. IMX pestanya modifikasi, para kreator menunjukkan kreatifitasnya, kreatifitas yang positif.

IMX 2019 dikemas dengan banyak kegiatan menarik. Selain tetap ada deretan mobil modifikasi keren NMAA TOP 50, beragam booth juga menyediakan potongan harga pembelian khusus di IMX, auction, hiburan, launching produk-produk aftermarket lokal, serta beragam giveaway dan supergiveaway sebuah Honda Brio “Track Day” bekerja sama dengan YouTuber Garasi Drift. Mobil tersebut dimenangkan oleh Theo Dorus Fredricka dari Ciamis, Jawa Barat.

IMX 2019 sukses bukan hanya datang dari naiknya keterlibatan peserta yang membuka booth hingga 30%, namun juga transaksi yang terjadi sepanjang dua hari penyelenggaraan yang tercatat lebih besar dibanding tahun lalu, yaitu mencapai kisaran Rp 3,8 miliar.

 

Honda Brio Virtual Modification #2

WhatsApp Image 2019-11-24 at 18.12.44

NMAA mendukung Honda Indonesia dalam menyelenggarakan kompetesi Honda Brio Virtual Modification (V-Modz) #2. Ini adalah kali kedua NMAA terlibat dalam penyelenggaraan ini. Tahun ini terkumpul lebih dari 600 desain dari peserta di seluruh Indonesia. Sesuai dengan tema pada kontes modifikasi virtual ini, desain finalis yang terpilih terdiri dari 5 desain dengan aliran Racing dan 5 desain bertema Elegant.

Pemenang Honda Brio Virtual Modification 2 antara lain: Juara 1 (Ludwie Arivianto), Juara 2 (Didik Permadi), Juara 3 (Deden Desmahikmawan). Sementara peraih kategori Best Decal Winner (Claudia Nancy Simbolon), dan Social Media Winner (Didik Permadi).

 

Indonesia Community Show Off

WhatsApp Image 2019-10-01 at 08.49.48

IMX 2019 dipercaya menjadi lokasi dideklarasikannya Indonesia Community Show Off, sebuah wadah klub dan komunitas pecinta otomotif. Wadah tersebut menjadi tempat untuk bertemu dan berkumpul seluruh komunitas mobil dari merek dan jenis apapun tanpa melihat latar belakang. Berkomitmen menjadi satu dengan prestasi di dunia otomotif dan juga modifikasi di Indonesia. Dimana pada deklarasinya di IMX 2019, diklaim telah terdafar 226 komunitas dan klub mobil.

Menariknya, deklarasi Indonesia Community Show Off di IMX 2019 juga memecahkan Rekor Otomotif Indonesia (ROI) dalam kategori “Kenduri Komunitas Mobil Terbesar di Indonesia”. Penghargaan tertinggi ini diraih karena berhasil mengumpulkan 150 komunitas mobil di satu tempat.

 

Mantos Auto Contest 2019

WhatsApp Image 2019-10-09 at 03.04.23(6)

NMAA mendukung kontes modifikasi paling besar dan bergengsi di Manado, Mantos Auto Contest (MAC) 2019. Dimana tahun ini tercatat peserta kontes modifikasi terbanyak di MAC sejak 2009 dengan totalnya 130-an mobil. MAC juga merupakan kontes modifikasi yang memiliki kelas kategori terbanyak yang bisa diperebutkan peserta. Untuk kontes modifikasi mobil terdapat lebih dari 70 kategori dengan total hadiah mencapai puluhan juta rupiah.

 

NMAA Goes to SEMA Show

WhatsApp Image 2019-11-08 at 12.12.20

Sesuai visinya untuk mendorong perkembangan dunia modifikasi, NMAA merasa perlu mengamati perkembangan dunia modifikasi global dengan bertandang ke event-event tuning yang diadakan di beberapa negara. Pada awal November, 8 orang member NMAA menghadiri SEMA Show 2019 yang dihelat 5-8 November di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Hal tersebut dilakukan dalam usaha mencari basis pengetahuan seluas-luasnya soal modifikasi untuk kemudian dibuatkan standarisasinya yang bisa diterapkan di sini. Karena jika industri modifikasi mau besar, harus memiliki standar pengetahuan dan pemikiran yang sama, seperti yang diharapkan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Tahun ini selain bertemu dengan penyelenggara SEMA Show, serta modifikator sohor di Amerika, tim NMAA juga mendapatkan kesepakatan penjualan KARMA Body Kit dari salah satu rumah modifikasi terbesar di Kanada DSG Performance untuk menjadi exclusive dealership KARMA Aventador. Nantinya konsumen yang datang dari Kanada, Amerika Serikat, dan Amerika Utara bisa memesan KARMA Body Kit-nya melalui DSG Performance. Bahkan mereka bisa sekaligus menyediakan jasa pemasangan sesuai standarisasi KARM Body Kit. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bagaimana produk modifikasi dari Indonesia dapat diterima dunia.

 

Sunsets Weekend Autofest 2019

WhatsApp Image 2019-11-18 at 15.44.44(3)

Salah satu kegiatan otomotif tahunan di Kota Pontianak, Kalimantan adalah Sunsets Weekend Autofest (16-17/11) yang tahun ini sudah berjalan kedua kalinya. Sunsets Weekend Autofest menjadi ajang silaturahmi komunitas mobil dan motor yang ada di Pontianak. NMAA terlibat menjadi juri dan memberikan plakat NMAA TOP 5 untuk 5 mobil pilihan terbaik.

 

Standar Kompetensi Modifikasi Kemenperin

WhatsApp Image 2019-11-30 at 17.00.14

Mewujudkan visi NMAA untuk memajukan industri modifikasi dan aftermarket Tanah Air, sejak awal Desember 2019 tengah berlangsung forum diskusi untuk merumuskan standarisasi kompetensi modifikasi nasional yang difasilitasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah untuk memajukan dan mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan inovatif dalam menyongsong era industri 4.0 dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Penyusunan standarisasi kompetensi yang disebut sebagai Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) bidang modifikasi ini melibatkan para pelaku modifikasi Tanah Air yang berpengalaman puluhan tahun dalam bidangnya. RSKKNI nantinya akan menjadi acuan SDM dalam modifikasi sehingga bakal memiliki standar kerja yang sama.

Dengan begitu maka modifikasi bakal tumbuh menjadi industri yang besar dan menjanjikan. Apalagi jika sudah memiliki satu standarisasi SDM yang diakui pemerintah.

 

Labissa Car Modified

WhatsApp Image 2019-12-23 at 10.09.37

Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Sabtu (21/12) terselenggara Labissa Car Modified. Kontes modifikasi yang diselenggarakan salah satu cafe terbesar di Bulukumba tersebut diikuti sekurangnya 60-an mobil modifikasi, yang tak hanya datang dalam dalam dan luar kebupaten untuk memperebutkan total hampir 100 kategori penilaian. National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) pun dipercaya menjadi juri kontes modifikasi di sana.