Suzuki memamerkan Jimny Dronco di Tokyo Auto Salon (TAS) 2020 di Makuhari Messe, Jepang (10-12/1). Dengan modifikasi unik, Jimny generasi keempat ini dipamerkan dengan desain yang diinspirasi dari Ford Bronco generasi pertama yang dilansir tahun 1965. Di balik modifikasi ini adalah Dream Automotive Design and Development (DAMD) yang merupakan salah satu jagoan body kit tuner yang bermarkas di Tokyo.

Suzuki-Jimny-gear-patrol-full-lead

Modifikasi ini dibuat untuk memberikan apresiasi  terhadap SUV kompak legendaris asal Amerika Serikat tersebut. Mengingat Ford Bronco dianggap sebagai pionir SUV berbodi kompak dengan dua pintu seperti model yang dipertahankan Jimny sampai saat ini.

Untuk mengubah tampilan Jimny yang terkesan modern, maka DAMD membuat grille dan bumper depan baru dengan nuansa klasik. Bumper tebal bawaan Jimny digantikan model palang lurus yang sederhana, serta mengubah layout grille barisan lubang-lubang vertikal yang oldies.

Suzuki-Jimny-Bronco-rearBagian samping pun diubah dengan menghilangkan aplikasi over fender standar. Alih-alih nut fender dipertegas untuk menghasilkan nuansa mobil lawas. Selain itu, pada bagian ini juga lengkapi dengan aksen krom melalui pemasangan lis bodi. Velg alloy pun berganti dengan model kaleng yang sedehana dengan balutan ban dual purpose.

Bumper belakang pun diubah jadi jauh minimalis dengan desain palang seperti bumper depan. Stop lamp trapesium Jimny pun berubah menjadi dua bulatan menyesuaikan tema klasik. Sementara itu dipasang tangga untuk naik ke atap dengan ban cadangan yang tetap berada di tempatya.

Tak ada keterangan soal ubahan dapur pacu, Jimny Dronco tetap mengandalkan mesin K15B dengan konfigurasi 4-silinder 1.462 cc bertenaga 100 hp dan torsi 130 Nm.

WhatsApp Image 2020-01-10 at 19.11.49(1)Yang menarik, selain Jimny Dronco, Suzuki juga melansir Jimny dengan ubahan menyerupai generasi pertamanya, LJ1o. Diberi nama “The Roots”, mobil konsep ini dibuat untuk memberi penghormatan kepada Suzuki Jimny generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1970.

685e2e12-ddba-4de6-88b1-96512bec72f0_169
Mengusung gaya klasik, Jimny The Roots yang juga dikerjakan DAMD itu menampilkan desain grille yang sangat mirip dengan bawaan LJ10 klasik dengan emblem bertuliskan Safari bukan Suzuki. Selain itu Jimny The Roots dicat kuning vintage, dipadukan dengan bumper dan atap berwarna krem, dengan pelek warna hitam. Sedikit menengok ke bagian interior, model ini menggunakan desain jok dengan bentuk kotak-kotak yang klasik.

Nah, dua modifikasi Jimny beraliran klasik ini rasanya bisa jadi acuan untuk kalian yang Suzuki Jimny barunya sudah datang ke garasi.