Mika Lampu Mobil Kusam? Beningkan Lagi Dengan Nano Burn Coating

Lampu mobil merupakan komponen vital untuk membantu visibilitas selama berkendara. Seiring pemakaian, kualitas parts lampu mengalami penurunan. Apalagi ruang reflektor yang ditutup rapat oleh mika lampu menghantar panas dari bohlam. Hawa panas ini bersamaan dengan proses oksidasi yang biasa terjadi, mika lampu biasanya kusam atau tampak menguning. Terlebih bagian luar sering terpapar matahari atau terkena air hujan yang dapat menambah kusam mika lampu

Kondisi tersebut bisa direkondisi menjadi seperti baru. Punggawa rekondisi lampu dan kaca mobil Lumens Light, Krisna menjelaskan, mika lampu mobil bisa direkondisi dengan  mengaplikasikan Nano Burn Coating. Melalui proses ini mika mobil kusam atau berjamur dapat mengkilap seperti baru. Bedanya dengan poles kumpon biasa, hasil Nano Burn Coating lebih jernih.

Foto: Lumens Light

Secara teknis cairan pembersih dimasukan kek teko khusus yang nantinya disemprotkan ke permukaan mika lampu. “Kita orientasi ke hasil. Bedanya kalau poles pakai compound biasanya meninggalkan baret halus yang berasal dari gesekan lap,”jelas Krisna

Cairan yang dipanaskan dalam teko menghasilkan uap yang siap disemprotkanke permukaan mika lampu.  “Teknik rekondisi lampu juga bisa diaplikasikan ke media lain seperti mika lampu motor, spedometer, mika helm asalkan berbahan plastik atau akrilik,”imbuh Krisna.

Caranya cukup mudah, pertama amplas permukaan mika yang akan di coating mengunakan amplas 600, 1000 atau 2000. Setelah itu, uap panas disemprotkan ke permukaan mika. Proses pengerjaan Nano Burn Coating biasanya memakan waktu 4 sampai 6 jam. Meski tidak mengharuskan lampu mobil dilepas. Untuk hasil maksimal, Krisna menyarankan lampu mobil yang akan di coating dilepas terlebih dahulu.

Setelah mika lampu jernih kembali, Krisna menyebut, lapisan coating dapat bertahan selama dua hingga tiga tahun. “Nah, konsumen kita perlu memerhatikan perawatan mika lampu setelah proses coating. Usahakan jangan sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari,”imbaunya.

Adapun untuk project rekondisi Nano Burn Coating, dibanderol dengan harga yang cukup ekonomis. Diantaranya kisaran Rp.500 ribu hingga Rp.1,5 juta. Harga tersebut tergantung dari ukuran lampu dan merek mobil atau lansiran tahun tertentu.

Sebagai salah satu bengkel spesialis masalah lampu dan kaca mobil aftermarket, Lumens Light sudah banyak menghadirkan inovasi di ranah modifikasi Nasional. Bengkel spesialis dari grup Yoong Motor Indonesia ini sempat berpameran di Osaka Auto Messe 2020 memamerkan skill custom lampu mobil yang diimbuhi teknologi dan produk modern. Rencananya tahun ini Lumens Light akan kembali berkolaborasi dengan bengkel spesialis lainnya menggarap mobil Live Modz. Hasil karya Lumens  Light akan dipamerkan di IMX 2020 Hybrid Event.

Bagi car enthusiast yang berencana merestorasi mika lampu mobil atau motor bisa datang langsung ke bengkel Lumens Light di Jalan Srigunting Selatan No. 22 Bandung.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles