Lawas tapi Ganas, Modifikasi Dodge Charger 1970 Racikan SpeedKore Ini Capai 1.000 HP!

NMAA News – Rumah modifikasi SpeedKore Performance Group yang bermarkas di Grafton – Ozaukee County, Wisconsin, Amerika Serikat, kembali merilis maha karya modifikasinya yang berbasis salah satu ‘muscle car’ kebanggaan Amerika, Dodge Charger 1970.

Proyek modifikasi ini dimulai, ketika salah satu komedian beken Amerika, Kevin Hart, menyambangi SpeedKore untuk mengutarakan idenya yang ‘gila’; membuat sebuah produk lawas bertenaga buas. Kru SpeedKore yang memang spesialis peracik mobil lawas bertenaga buas inipun langsung menyambut ide Kevin dengan antusias.

Modifikasi Dodge Charger lansiran 1970 ini oleh Kevin dan SpeedKore selanjutnya diberi julukan ‘Hellraiser’, sebuah tampilan penipu mata orang awam. Dibalik tampang klasiknya, tersimpan tenaga maha dahsyat yang siap melahap aspal jalanan dengan getaran adrenalin kuat. Nama ini juga untuk mencirikan tipe mesin yang diusung Dodge Charger ini.

“Seluruh tim SpeedKore sangat bersemangat mengerjakan dan memperkenalkan mobil bertenaga ‘Hell Elephant’ pertama kami,” kata Jim Kacmarcik, Presiden SpeedKore. “Hell elephant adalah mesin paling bertenaga yang pernah ditawarkan sebuah pabrikan mobil. Jadi wajar saja jika ada seseorang menggunakan mesin tersebut dan membangunnya di SpeedKore.”

Usai mendapat unitnya yang masih ‘segar’, sederet langkah modifikasi langsung diterapkan. Tidak nanggung mewujudkan ide liar tenaga buasnya, SpeedKore menjejalkan mesin paling bertenaga dari pabrikan otomotif, V8 ‘Hell Elephant’ HEMI 426 berkapasitas 7.0Liter berkekuatan 1.000HP dan torsi maksimum 1.288 Nm!

Karakter full performance-nya diperkuat bodi Hellraiser racikan SpeedKore dari bahan aerospace-grade carbon fiber yang terkenal ringan namun kuat. Mesin HEMI 426 ini dikawinkan transmisi otomatis Dodge Demon-spec ZF 8HP90 8-percepatan, roll cage 14 titik, suspensi model 4-bar dengan shock ganda Penske adjustable, perangkat rem Brembo kaliper 6-pots, sistem gas buang SpeedKore MagnaFlow kustom, dan pelek HRE S201 3-pieces berukuran 20 inci.

 

“Ketika kami mengetahui bahwa kami akan menerima salah satu mesin dari Mopar, kami telah membicarakan tentang bagaimana membangun modifikasi dengan sentuhan baru. Sepertinya ini proyek Dodge Charger ‘Hellraiser’ ini merupakan kesempatan sempurna untuk memulai. Hellraiser mewakili puncak desain dan teknik SpeedKore. Kami dengan senang hati membagikan modifikasi spesial ini kepada dunia,” imbuh Jim Kacmarcik.

Tidak hanya tampilan luar dan tenaga yang dipermak, SpeedKore juga menggarap sektor interiornya. Bagi SpeedKore, mobil berotot yang bertenaga serius bukan berarti tidak nyaman, melainkan harus meberikan sensasi berkendara yang maksimal dengan dukungan interior ciamik. SpeedKore menyematkan jok Recaro GT Sportser dilengkapi sabuk pengaman 4-titik Simpson, dan dilengkapi AC.

Kevin pun menyambut senang hasil akhir sang Hellraiser. Namun, pihak SpeedKore juga berharap, karya modifikasi paripurna ini juga bisa bertahan lama di tangan Kevin. “Semoga Kevin kali ini tidak terlalu jahat mengendarai mesin gila ini, seperti harapan kami juga,” sebut pihak SpeedKore. Pasalnya, sebelumnya SpeedKore pernah membuatkannya, modifikasi Plymouth Cuda 1970 dengan 720HP, namun berakhir dalam sebuah kecelakaan.

 

Foto2 & Sumber: SpeedKore.com

Spesifikasi Dodge Charger 1970 ‘Hellraiser’ by SpeedKore:

  • Mesin: 7.0-liter Hellephant 426 Hemi Crate Engine – 1,000 horsepower, 950 lb-ft of torque
  • Oli mesin: Motul 8100 X-power Synthetic
  • Viskositas oli mesin: 10W60
  • Aksesori mesin: Custom Billet Aluminum Supercharger Cover
  • Transmisi: ZF 8HP90 8-speed Automatic
  • Oli transmisi: Motul Multi ATF
  • Rear End: Gear Effects Ford 9-inch
  • Oli gardan : Motul Gear 300 Synthetic
  • Viskositas oli gardan : 75W-90
  • Additional Details: Dyno Tuning by Gearhead Fabrications
  • Steering Type: Hydraulic Power Assist by Woodward
  • Interior By Gabe’s
  • Jok: Recaro GT Sportster
  • Seatbelts: Simpson Racing 4-point
  • Gauges: SpeedKore by Classic Instruments
  • A/C System: Modern Climate Control
  • Front Speakers: Focal Component 3-Way
  • Rear Speakers: Focal Coaxial
  • Amplifier: Kicker IQ 3 Amplifier System with Kicker IQI Intelligent Interface
  • Subwoofer: Custom SpeedKore Box with two Focal Drivers
  • Tipe pelek: HRE S201 3-Pieces with Hidden Hardware
  • Ukuran pelek depan: 19×9-inch
  • Ukuran pelek belakang: 20×12-inch
  • Ban: Michelin Pilot Sport 4S
  • Ukuran ban depan : 245/35-R19
  • Ukuran ban belakang : 345/30-R20
  • Produk cat: BASF Glasurit
  • Warna cat: Gloss Clear Coat over Exposed Weave Carbon Fiber
  • Pengecat : Garmat USA
  • Jenis bahan bakar : 91 Octane
  • Pompa bensin : Aeromotive
  • Tangki bensin : Custom SpeedKore
  • Fuel Management: OEM Mopar ECU
  • Rem depan : Brembo kaliper 6-piston
  • Rem belakang : Brembo kaliper 4-Piston
  • Battery Location : bagasi
  • Header Manufacturer : Custom SpeedKore
  • Header Details : 1 5/8-inch Primary into 3-inch Collector
  • Exhaust Manufacturer : Custom SpeedKore utilizing MagnaFlow components and Magnaflow mufflers
  • Radiator / fans : Saldana / Twins
  • Chassis Reinforcements : Custom SpeedKore Frame with 14-point Roll Cage
  • Tipe suspensi depan : GM C6 Corvette by Detroit Speed
  • Tipe suspension belakang : 4-bar by Custom SpeedKore
  • Shock Manufacturer: Penske Double-Adjustable
  • Sway Bars: Detroit Speed
  • Sponsors : Aeromotive, Brembo, Classic Instruments, Detroit Speed, Dodge, Garmat USA, Glasurit, HRE Wheels, MagnaFlow, Michelin, Motul

 

 

 


Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,611FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles