NMAA News – Plaza MINI Bandung, Diler MINI terbaru dan pertama di Bandung diresmikan MINI Indonesia yang menggandeng PT Plaza Auto Raya pada (26/2/2021). PT Plaza Auto Raya merupakan salah satu diler resmi MINI Indonesia yang memasarkan MINI sejak 2018. Diler pertama Plaza MINI berlokasi di Tangerang.
Plaza MINI Bandung hadir dengan konsep inovatif dan energik khas brand MINI yang siap menginspirasi dan memenuhi kebutuhan penggemar MINI di wilayah Jawa Barat. Peresmian Plaza MINI Bandung merupakan milestone penting bagi MINI Indonesia dan PT Plaza Auto Raya. Peresmian semakin istimewa berkat tampilan perdana edisi terbatas MINI Countryman ALL4 Kit Edition.
Peresmian Plaza MINI Bandung dihadiri Ramesh Divyanathan, President Director, BMW Group Indonesia dan jajaran pimpinan PT Plaza Auto Raya, Robert Wardhana, Chairman, PT Plaza Auto Raya – Plaza MINI, Paula Dewiyanti, Director PT Plaza Auto Raya – Plaza MINI, dan Ferdy Purnama, General Manager, PT Plaza Auto Raya – Plaza MINI.
“Sebagai diler MINI baru di Bandung, Plaza MINI dilengkapi fasilitas 4S (Sales, Service, Systems, and Spares) yang lengkap. Plaza MINI juga siap menyediakan pelanggan di Jawa Barat – terutama di wilayah Bandung – layanan premium sama seperti di diler MINI di mana pun,“ ujar Ramesh.
Plaza MINI Bandung berlokasi di Jalan Pelajar Pejuang 45 nomor 47, Kelurahan Lingkat Selatan, Lengkong, kota Bandung. Gedung yang berdesain urban modern khas MINI, berdiri di atas tanah seluas 1.557 m2.
Peresmian dilakukan secara tertutup untuk internal BMW Group Indonesia dan Plaza MINI, mengikuti Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.
“Dengan sembilan model baru meluncur pada 2020, MINI kembali tegaskan komitmennya menghadirkan produk berkepribadian khas. Di antara model ini terdapat lima model baru hadir sebagai “edisi terbatas”. Pengenalan melalui aktivasi online dan offline, adalah alasan kuatnya positioning MINI tahun lalu, terlepas dari tantangan pandemi Covid-19 yang berlangsung,” imbuh Ramesh.
Menurutnya, BMW Indonesia berhasil meminimalisir dampak pandemi sekaligus menegaskan posisinya sebagai produsen kendaraan premium terdepan di Indonesia. BMW Indonesia mencatat penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).
Dengan 2.565 unit kendaraan BMW dan MINI yang terjual pada 2020, BMW Group Indonesia berhasil menutup tantangan substansial yang disebabkan oleh pandemi. Angka penjualan ini mencakup 2.082 unit BMW dan 483 unit MINI. Secara global, BMW Group mengukuhkan posisinya sebagai produsen otomotif premium terdepan dunia tahun lalu, dengan total 2.324.809 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce (-8,4%) dikirim ke pelanggan di seluruh dunia.
BMW Group Indonesia memahami pentingnya touchpoint yang relevan bagi pelanggan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya seperti Bandung. Pasar Bandung telah memberikan kontribusi lebih dari 6% per tahun untuk bisnis MINI dan diharapkan bisa tumbuh hingga 15 persen tahun ini.
“PT Plaza Auto Raya berkomitmen terus memperkuat posisi MINI di pasar kendaraan premium kompak di Indonesia. Sebelumnya, PT Plaza Auto Raya telah membangun showroom pertama kami – Plaza MINI di Tangerang pada 2018. Kami juga memberikan pelatihan bagi para tenaga ahli baik untuk teknis maupun non-teknis,” ujar Robert Wardhana, Chairman, PT Plaza Auto Raya – Plaza MINI.
Menurut Robert, salah satu alasan pemilihan lokasi Plaza MINI di Bandung, karena dalam beberapa tahun terakhir, Bandung mempertegas posisinya menjadi episentrum ekonomi Jawa Barat. “Didukung strategi bisnis komprehensif, Plaza MINI tidak hanya menjadi ujung tombak perusahaan menghadirkan kendaraan dan layanan khas MINI, namun juga turut memberi dampak positif pertumbuhan perekonomian Bandung,” tambah Robert.