Kendati Dibayangi Dampak Pandemi, Komunitas X-MOC Tetap Canangkan Agenda Prioritasnya

NMAA News – Dalam kesempatan bertatap muka secara virtual dengan sejumlah media pada Jumat (5/3/2021), Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owners Club (X-MOC) Indonesia, Danny Bastian menegaskan kalau komunitasnya tersebut tetap akan melakukan agenda yang sudah ditargetkan dan dicanangkan dalam periode kepengurusannya di 2021 ini, kendati masih dibayangi situasi pandemi yang belum kondusif.

Hal tersebut disampaikan Danny saat mensosialisasikan hasil Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang berlangsung pada Sabtu (27/2/2021) di Jakarta yang juga dilaksanakan secara daring virtual. RAKERNAS Pengurus Nasional (PENGNAS) X-MOC Indonesia ini merupakan perwujudan amanat AD/ART X-MOC 2019 untuk memberi laporan kerja Pengnas ke seluruh anggota X-MOC Indonesia melalu Pengurus Daerah dan Pengurus Chapter secara periodik yaitu periode 2019-2020.

“Situasi pandemi ini justru ‘challenge’ tersendiri buat kami, terutama pengurusnya. Bagaimana bisa tetap melakukan kegiatan tanpa mengenyampingkan prosedur kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Terlebih, namanya komunitas hobi itu kan identik dengan berkumpul. Seperti kopdar, touring, dan bakti sosial yang mengumpulkan banyak anggota. Nah dikarenakan pandemi, maka pintar-pintarlah kami dari pengurus untuk bisa meramu program kerja yang menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi,” jelas Danny.

Sesuai mandat organisasi yang tertuang dalam hasil rakernas, maka pengurus nasional wajib melakukan kegiatan organisasi sesuai yang disepakati forum dalam sidang pleno Rakernas III yang berlangsung di Ambhara Hotel Jakarta itu. Terdapat sejumlah agenda kegiatan Pengnas X-MOC menjadi prioritas diwujudkan selama tahun ini.

Agenda pertama Pengnas, menurut Danny, menyiapkan penyelenggaraan Musyawarah Nasional guna memilih ketua umum baru sekaligus pengurusnya. “Masa kepengurusan Pengnas periode sekarang saat ini hingga September 2021 mendatang. Jadi pelaksanaan Munas akan digelar pada waktu sama. Format acaranya kemungkinan besar tetap secara daring,” papar Danny.

Agenda rutin kedua, terkait pelaksanaan aktivitas rutin tahunan X-MOC berupa Buka Puasa Bersama dan Halal bihalal, yang akan dilakukan sekitar April dan Mei 2021. Menurut Danny, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini juga akan dilakukan secara daring demi keselamatan bersama.

Agenda prioritas berikutnya, persoalan registrasi ulang. Sejak hadir pertama kali pada 2017, waktu selama 4 tahun cukup bagi pengurus X-MOC untuk melakukan pendataan kembali untuk mengecek seberapa banyak anggotanya yang masih memiliki kendaraan Xpander-nya. Kegiatan pendataan ini akan dilakukan pada Mei 2021.

“Sebagai komunitas cepat berkembang, kami concern kevalidan data anggota. Setiap anggota yang daftar wajib menyertakan STNK sebagai bukti kepemilikan mobil. Setelah hampir 4 tahun, tercatat 5.000-an anggota terdaftar dan ingin kami verifikasi seberapa banyak yang masih memiliki Xpander,” imbuh Danny.

Sedangkan agenda prioritas keempat yakni mewujudkan X-MOC menjadi asosiasi yang diakui Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kendati saat ini X-MOC tergabung di IMI DKI Jakarta, namun merasa belum cukup terdaftar di salah satu provinsi saja. “Kami ingin menjadi asosiasi besar. Jadi naik lagi, kami ingin teman-teman yang tadinya berkumpul sebagai komunitas, sekarang diakuisi sebagai asosiasi yang diakui oleh IMI,” pungkasnya.

 

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles