Diklaim Ramah Lingkungan, Begini Konsep Ban Khusus BMW X5 Hybrid

0
- Advertisement -

NMAA News – Ban merupakan komponen terpenting di mobil. Berbeda dengan komponen lain yang terjamah sentuhan teknologi, peranti satu ini justru minim perkembangan.

Tapi sekarang, lambat laun beberapa pabrikan karet bundar sudah melek teknologi. Salasatunya seperti produk ban baru Michelin khusus mobil EV. Desain sporty dan material ramah lingkungan mulai diwujudkan sebagai sebuah langkah perubahan.

Foto: Carbuzz

Merek Pirelli juga telah mengembangkan ban khusus untuk Porsche Taycan. Selain itu, baru-baru ini mereka telah mengungkapkan pekerjaan lini produk ban ramah lingkungan khusus untuk X5 Hybrid. Hal ini menjadikan BMW yang pertama menggunakan ban Pirelli baru yang mengandung karet alam dan rayon bersertifikat FSC.

Foto: Carbuzz

Rayon sendiri adalah material berbahan dasar kayu yang digunakan untuk memperkuat komposisi bahan pembuatan ban. Tujuannya agar Pirelli menggunakan lebih sedikit bahan sintetis dalam konstruksi bannya.

Mengutip laman Carbuzz, Wakil Presiden Senior Pirelli untuk Keberlanjutan dan Mobilitas Masa Depan, Giovanni Tronchetti Provera, mengatakan, bahkan sebelum mencapai jalan raya, mobilitas berkelanjutan dimulai dengan bahan mentah.

“Dengan ban bersertifikat FSC pertama di dunia, Pirelli sekali lagi menunjukkan komitmennya untuk mengejar tujuan yang semakin menantang dalam hal keberlanjutan, bukti kerja konstan pada bahan inovatif dan proses produksi yang semakin mutakhir. Kami terus berinvestasi dalam pertumbuhan berkelanjutan untuk planet kita, menyadari bahwa ini juga penting untuk masa depan bisnis kami.” kata Giovani. 

Foto: Carbuzz

Efek ban terhadap keselamatan ekologi ttelah ditunjukkan di masa lalu, maka dari itu, penting untuk membuat setiap aspek mobil modern kembali memikirkan efisiensi dan dampak positif terhadap lingkungan. 

- Advertisement -