Reflash ECU, Solusi Praktis Dongkrak Performa Secara Instan

- Advertisement -

NMAA News – Berkembangnya dunia digital dan elektronika, maka saat ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna mobil Eropa, khususnya berteknologi turbo, dalam meningkatkan output secara instan. Salah satunya dengan merekayasa sistem komputerisasi mobil melalui ECU Tuning.

Tren ECU tuning yang sudah cukup berkembang di Indonesia dilakukan melalui beberapa cara. Pertama adalah Rechipping yaitu menambah atau mengganti part chip atau PCB (Printed Circuit Board) di ECU standar mobil.

Selanjutnya ada remapping ECU yang berarti merevisi data software ECU, serta Reflash ECU yang merombak seluruh data di dalam ECU standar dan menggantinya dengan data baru yang disesuaikan secara spesifik untuk mobil yang digunakan.

ECU Remap

Produk reflash ECU ini tergolong banyak tersedia di pasaran. Antara lain Manic Motorsport, Ecutech, McChip-DKR, REVO Technik, dan sebagainya. Cara kerja reflash adalah mengubah engine map mobil (data standar diganti ke versi tuning masing-masing tuner) agar terjadi re-adjusting di sektor boost, timing, fuel, dan beberapa parameter lainnya. Untuk aplikasi ini dibutuhkan pengecekan terlebih dahulu terhadap hardware mesin sebelum melakukan reflash yang memakan waktu 10-20 menit.

Hal menarik dari reflash ECU adalah selain kemampuannya dalam meningkatkan tenaga mesin (antara 50 dk hingga 150 dk tergantung stage part mesin terpasang), juga tidak mengganggu garansi yang dikeluarkan pabrikan. Alhasil dengan bujet berkisar Rp 15-22 juta untuk reflash ECU, mobil sudah bisa mendapatkan peningkatan tenaga secara signifikan tanpa harus takut membawa mobil ke bengkel resmi.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansLike
0FollowersFollow
3,124FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles