Suzuki Lakukan Recall Campaign 21 Unit All-New Suzuki Jimny yang Berpotensi Alami Kebocoran Oli

0
Sebanyak 121 unit Al-new Suzuki Jimny terkena Recall Campaign terkait kebocoran oli yang dinilai bermasalah
- Advertisement -

NMAA News – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan program “Product Quality Update” untuk memperbaiki kendaraan yang diduga berpotensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen. Kali ini, Suzuki melakukan perbaikan kualitas produk terhadap model Jimny yang dijual di Indonesia sebagai bukti berkelanjutan.

Kampanye recall Suzuki Jimny ini dilakukan terhadap 21 unit All-new Jimny bertransmisi otomatis (Automatic Transmission/AT) produksi rentang Mei – Juni 2021, yang berpotensi mengalami masalah perembesan oli. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan hingga mengancam keselamatan jiwa.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), terjadinya rembesan oli diduga akibat kesalahan perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat. “Setelah pengecekan menyeluruh, kami temukan potensi perembesan oli karena posisi oil seal terlipat saat perakitan. Kami harus lakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” terangnya.

Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set.

Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part. 

Selain recall campaign, saat ini Suzuki sedang melakukan service campaign untuk Jimny. Kegiatan tersebut menyasar unit Jimny yang butuh perbaikan door harness. Tekanan tekukan saat pembukaan/penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi mengganggu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock. Sehingga, agar kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga, maka perlu dilakukan service campaign.

Total terdapat 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode Mei 2018 hingga Desember 2020.

Masih menurut Hariadi, dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. Selain itu, Hariadi juga memastikan konsumen tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Melalui program ini, diharapkan Jimny milik konsumen tetap aman dan nyaman saat digunakan. Suzuki juga akan terus berupaya menjaga kualitas produk sehingga mampu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen.

- Advertisement -