Lintasan Kejurnas Sprint Rally 2021 Jadi Ajang Pengujian Performa Mitsubishi Xpander AP4

- Advertisement -

NMAA News – Dalam sebuah ajang rally, karakter lintasan dan kondisi alam menjadi tantangan utama yang harus ditaklukkan para pereli. Perubahan cuaca tak jarang pula menjadi faktor yang membuat tantangan menjadi lebih menarik. Seperti yang terjadi pada Putaran 1 dan 2 Kejurnas Sprint Rally 2021 di Tanjung Lesung.

Untuk Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah menetapkan empat putaran kejuaraan dengan variasi karakter lintasan yang menarik dan boleh dibilang lengkap.

Putaran pertama dan kedua berlangsung di Tanjung Lesung dengan karakter lintasan gravel atau tanah. Sementara untuk Putaran 3 yang berlangsung di Bukit Hambalang dan Putaran 4 di Meikarta akan memiliki lintasan dengan karakter permukaan yang keras, yaitu berbatu dan aspal.

Meski berada sama-sama di Kawasan Tanjung Lesung, kondisi trek gravel antara Putaran 1 dan Putaran 2 memiliki perbedaan. Pada putaran pertama, yang berlangsung bulan April silam, lintasan berada di bibir pantai, dengan area terbuka dan memiliki kontur yang rata.

Sementara pada putaran kedua, lintasan lebih tertutup yang dinaungi pohon-pohon dan jenis tanahnya lebih keras. Permukaan lintasannya pun berkontur naik turun tidak flat atau rata.

Menurut pereli MITSUBISHI XPANDER RALLY TEAM Rifat Sungkar, kedua lintasan tersebut memiliki tantangan berbeda. “Pada lintasan putaran pertama, permukaannya cenderung rata sehingga pereli dapat melihat jelas arah lintasan di depan. Sementara putaran kedua, lintasannya naik turun dan pandangan terbatas karena terhalang semak tinggi dan pepohonan, sehingga pace note navigator harus memiliki akurasi lebih tinggi,” ucap Rifat. 

Pada dua putaran pembuka, MITSUBISHI XPANDER RALLY TEAM juga mobil andalannya, Mitsubishi Xpander AP4, telah menunjukkan kehandalannya dengan meraih juara pertama di Putaran 1 dan Runner up di Putaran 2. Dan masih menjadi yang teratas dalam klasemen umum.

Mitsubishi Xpander AP4 akan menghadapi tantangan berbeda pada putaran ketiga dan keempat. Pada 13-14 November 2021, Kawasan Bukit Hambalang, Sentul, Jawa Barat, akan menjadi arena Putaran 3, merupakan area perbukitan yang didominasi permukaan jalan berbatu. Lintasan naik turun dan penuh kelokan menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi pereli maupun tunggangannya.

 “Saya belum mencoba trek di Sentul ini, namun saya sudah melihatnya. Jalanannya berbatu, naik turun dan berkelok-kelok. Di lintasan ini performa mobil mendapat tantangan cukup besar,” terang Rifat Sungkar.

Sementara itu, Putaran 4 yang menjadi seri pamungkas Kejurnas Sprint Rally 2021, akan berlangsung di Meikarta, pada 27-28 November 2021 mendatang, di mana para pereli bakal menghadapi tantangan di permukaan aspal.

Tidak sedikit menganggap lintasan aspal kurang menyuguhkan tantangan menarik sebagai lintasan sprint rally, padahal tidak demikian. Di lintasan aspal, tim rally harus mampu membuat settingan mobil yang tepat mulai travel suspension (tinggi rendahnya suspensi), sistem pengereman, dan sebagainya.

Di sisi lain, pereli juga harus mengerahkan kemampuan terbaik mereka, termasuk menyesuaikan gaya balap. Persaingan di lintasan aspal pun juga akan menjadi lebih ketat, sebab catatan waktu setiap pereli hanya dibedakan dalam hitungan sepersekian detik saja.

“Di lintasan aspal, mobil harus diset lebih rendah agar tidak limbung dan pereli harus menyesuaikan gaya balap terutama dalam hal pengereman. Jika tidak, rem akan cepat aus dan menjadi blong,” papar Rifat Sungkar.

Rifat Sungkar mengapresiasi IMI yang menyuguhkan lintasan bervariasi dan memiliki tantangan berbeda-beda dalam kalender Kejurnas Sprint Rally 2021 ini. Selain lebih menarik, menurut Rifat, kemampuan pereli maupun tim rally dalam menghadapi berbagai kondisi pun menjadi lebih terasah.

“Ujung-ujungnya, dunia rally Indonesia akan lebih berkembang, baik itu dari skill perelinya, kemampuan mekaniknya, juga atraksi yang dihadirkan untuk penonton,” ucap Rifat Sungkar.

MITSUBISHI XPANDER RALLY TEAM sendiri sangat gembira dengan variasi lintasan dan tantangan yang disuguhkan dalam Kejurnas Sprint Rally 2021. Hal tersebut menjadi pembuktian bagi kehandalan Mitsubishi Xpander AP4 menghadapi kondisi di segala medan.

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansLike
0FollowersFollow
3,124FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles