Muspika Pasir Wangi Apresiasi Program Bakti Sosial Volkswagen Van Club

- Advertisement -

NMAA News – Selama 2 hari pada 15-16 Januari 2022, Volkswagen Van Club melakukan perjalanan wisata touring ke Garut, Jawa Barat. Dalam dua hari tersebut, kegiatan tidak hanya berkutat soal menikmati mobil hobi VW Kombi, tapi juga melakukan aksi sosial sebagai realisasi penebaran semangat kebersamaan dan peduli terhadap sesama.

Acara wisata touring ke Garut juga sekaligus dimanfaatkan menengok mekanik bersama VVC, Mang Ujang, yang sedang menghadapi ujian sakit, dan sekarang dalam tahap penyembuhan. Melalui sumbangan bersama anggotanya, VVC menyerahkan sejumlah bantuan untuk Mang Ujang bersama keluarganya.

“VVC akan terus sandingkan touring wisata dengan sejumlah program bakti sosial di daerah tujuan touring kami. Baik terencana maupun dadakan. Intinya, agar touring menjadi lebih bermakna dengan langkah peduli terhadap sesama. Terlebih sekarang kondisi masih pandemi, agar berguna bagi mereka yang terdampak,” jelas Ketua Umum VVC, Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM.

Camat Pasir Wangi, Saepul Hidayat

Bakti sosial dilakukan di lokasi penginapan rombongan dekat kawasan wisata Darajat Pass, Pasir Wangi, Garut, Jawa Barat. VVC menyerahkan 50 paket sembako bagi kaum lansia dan anak yatim di seputaran lokasi penginapan. Daftar para penerima bantuan sosial ini merupakan rujukan yang diterima VVC dari aparat Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pasir Wangi.

Menurut Project Officer Touring dan Baksos VVC ke Garut, Harvyanto Suharto (VVC-251A), data penerima bantuan sosial didapat VVC dari pihak kecamatan. “Kami dapat data dari pihak Kecamatan Pasir Wangi yakni 21 lansia dan 38 anak yatim plus 1 marbot masjid. Total ada 50 penerima bantuan dari 40 yang kita targetkan,” ujar Harvy sapaan akrabnya.

Dalam seremonial penyerahan bansos, pejabat Muspika Pasir Wangi dihadiri langsung Camat Pasir Wangi, Saepul Hidayat, dan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pasir Wangi, AKP Abusono. Menurut Abusono, Kepolisian Sektor Pasir Wangi belum lama dibentuk dan merupakan pengembangan dari Polsek Samarang, Garut.

“Saya apresiasi bantuan sosial VVC ke masyarakat kami. Ini sangat inspiratif dari sebuah komunitas mobil klasik bernama VVC. Kondisi pandemi membuat banyak masyarakat di sini dalam kondisi sulit secara ekonomi. Selain bertani, mereka mengandalkan sektor pariwisata yang terdampak berat akibat pandemi. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi mereka,” ujar Saepul dalam sambutannya.

Ditambahkan Saepul, wilayah Kecamatan Pasir Wangi masuk dalam wilayah yang terdampak berat akibat penademi. Pasalnya, masyarakat di wilayah ini banyak yang menggantungkan diri pada sektor pariwisata, selain pertanian dan perkebunan.

“Sektor pariwisata di seputaran Garut ditutup selama pandemi dan baru-baru ini saja dibuka. Aktivitas ekonomi di Pasir Wangi juga baru bangkit. Kehadiran VVC di wilayah kami, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi komunitas otomotif lainnya di Jakarta atau lainnya untuk berbuat hal serupa seperti yang dipelopori VVC saat berkunjung ke Pasir Wangi,” harap Saepul.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek Pasir Wangi, AKP Abusono. Menurutnya, langkah baksos yang digelar VVC patut ditiru oleh berbagai komunitas penggemar otomotif baik roda empat maupun dua, untuk melakukan hal serupa dalam menebar kebaikan.

“Kami selaku aparat Muspika setempat bersama Camat dan Danramil, tentunya menyambut positif kegiatan yang dipelopori oleh VVC. Betul-betul dikolaborasi dengan kegiatan yang sifatnya sosial. Jadi bisa dirasakan dampaknya langsung oleh masyarakat. Selaku Kapolsek, kami ucapkan terima kasih atas giat positif ini,” ujar AKP Abusono.

Kapolsek Pasir Wangi, AKP Abusono turut hadir mewakili Muspika setempat menyaksikan penyerahan paket bansos VVC bagi lapisan masyakarakat yang membutuhkannya

Saat ditanya harapannya dengan kebangkitan ekonomi di daerahnya, AKP Abusono menyatakan optimismenya. “Pasir wangi kan termasuk destinasi wisata. Adanya kegiatan klub otomotif seperti sekarang ini, setidaknya bisa turut memberi informasi ke masyarakat di kota besar dan pelosok nusantara tentang kondisi di sini,” ujar AKP Abusono.

Menurutnya, penyebaran informasi lewat klub otomotif apalagi seperti klub mobil klasik seperti VVC, bakal mendapat perhatian lebih besar publik. Merek dan model kendaraan yang legendaris, diharapkan mampu menyedot minat lebih besar dari masyarakat. “Jujur kami senang karena kegiatannya dipadu kegiatan sosial. Masyarakat sendiri merasakan langsung efek aktivitasnya,” tutur Abusono.

Dalam pemantauan yang dilakukan pihaknya, AKP Abusono merasa bersyukur melihat mulai kembalinya geliat perekenomian di Garut, khususnya di wilayah Pasir Wangi yang indikasinya berdenyut kembali.

“Kami berharap, secara berkala tidak hanya klub otomotif Volkswagen saja tapi juga klub otomotif lainnya bisa berkunjung ke wilayah kami di Pasir Wangi. Sehingga kehadiran klub-klub otomotif di wilayah Pasir Wangi, paling tidak bisa meningkatkan daripada perekonomian masyarakat sekitar sini,” pungkas AKP Abusono.

 

 

 

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,311PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles