NMAA News – Saat ini, pasar mobil bekas di Tanah Air terus menunjukkan pergerakan ke arah positif kendati masih dipengaruhi pandemi Covid-19. Hasil survei OLX Autos pada penghujung 2021 menunjukkan, minat masyarakat membeli mobil masih cukup tinggi.
Alasan utama sebagian besar pelanggan membeli mobil bekas adalah upgrade ke mobil lebih baru. Untuk kebutuhan tersebut, lebih dari 70% konsumen menggunakan platform online sebagai sumber informasi utama mengecek harga mobil.
Dari survei juga didapat data, ada 71% pembeli menyatakan sudah menetapkan anggaran dan terbuka untuk berbagai merek yang cocok dan sesuai dengan budget yang dimiliki.
Selain itu, di masa pandemi Covid-19, preferensi penggunaan kendaraan pribadi menjadi lebih tinggi. Berdasarkan data OLX Autos per kuartal IV/2021, sekitar 39% responden menjadikan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi utama, dibanding sebelum pandemi yang hanya 33%.

Hal ini membuat OLX Autos semakin berupaya untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini. Terutama membuat program yang semakin memudahkan masyarakat menentukan mobil pihan pribadinya.
“Dengan slogan terbaru #PilihYangPasti, OLX Autos berharap akan semakin banyak pelanggan yang bisa mendapatkan mobil impian mereka dengan mudah, aman, dan pasti,” jelas Sandy Maulana, selaku Head of Marketing OLX Autos Indonesia di sela berlangsungnya ajang OLX Autos Spot di Laguna Atrium, Central Park Mall, Jumat (19/3/2022).
Sebagai rangkaian campaign#PilihYangPasti tersebut, OLX Autos Spot berlangsung di Laguna Atrium, Central Park Mall pada 16 – 20 Maret 2022. Selanjutnya OLX Auto Spot akan melanjutkan kehadirannya menyapa publik langsung di Bintaro Jaya Xchange Mall pada 23 – 27 Maret 2022.
Menurut Sandy, aktivitas yang digelar pihaknya ini merupakan cara efektif OLX Autos untuk memberikan kemudahan bagi pembeli dalam mencari berbagai pilihan mobil bekas berkualitas sesuai budget, yang dimeriahkan dengan berbagai aktivitas dan promo menarik.
“Awal dibuatnya acara ini karena kosumen ingin mobil bekas yang terjamin kualitasnya. Karena buat sebagian orang, nyari mobil bekas itu cukup sulit yang sesuai ekspektasi. Namanya iklan pasti yang bagus diberitakan. Belum lagi bisa menyita waktu dan menghambat aktivitas lainnya hanya untuk menyambangi penjual di beberapa lokasi,” sebut Sandy.

Persoalan berikutnya yang sering menjadi masalah, terutama bagi mereka yang awam dalam menghadapi mobil yang kondisinya tidak bagus. Jadi muncul semacam kekawatiran bisa terkena atau dikerjain dan sejenisnya. Nah, karena itu pula, OLX kini punya slogan kampanyenya yang terbaru, #PilihYangPasti,” jelas Sandy.
Munculnya hashtag ini pun bukan sekadar tagar kampanye biasa. Lewat slogan tersebut, OLX Autos ingin mengedukasi masyarakat, kalau beli mobil bekas bisa sambil berinvestasi sehingga harus pilih barang atau mobil yang pasti kualitasnya.
“Karena apa? Karena mobil yang kita jual itu sebenarnya sudah melalui uji inspeksi yang lengkap, memiliki garansi 30 hari uang kembali bila tidak puas dengan kondisi mobil yang ada,” tutur Sandy.
Jaminan pasti lainnya adalah, pasti mendapatkan garansi mesin 30 hari dan garansi 7 hari uang kembali, pasti mendapatkan gratis biaya perawatan dan ganti oli, serta tentunya pasti mendapatkan layanan Home Test Drive.
Selain itu, membeli mobil di OLX Autos juga mendapat benefit lain. Seperti garansi biaya perawatan, dan ganti oli mesin. “Konsumen pastinya juga ingin tahu, mobil bekas berkualitas itu seperti apa wujudnya. Nah, kita bawa eksperience OLX Auto Spot ini untuk mengedukasi langsung. Ini lho namanya mobil bekas berkualitas,” imbuh Sandy.
“Terkait masalah inspeksi yang lengkap, ke calon konsumen kita beritahukan sektor atau area apa saja yang kita periksa. Misalkan pada pemeriksaan titik A yang mencakup apa saja, poin B dan seterusnya. Termasuk soal mesinnya, kaki-kakinya dan seterusnya. Semuanya kita lakukan pengecekan. Nah dari situ kita bisa tahu apa saja yang perlu diperbaiki agar sempurna saat berada di pemiliknya yang baru.”
Secara garis besar, sepeerti inilah berbagai mobil yang diinspeksi oleh OLX Autos, sehingga menjual mobil yang berkualitas. Menurut Sandy, bagi konsumen yang ingin melihat, di acara seperti saat ini pihaknya membawa beberapa mobil agar konsumen bisa melihat dan memilih langsung mobil ditawarkan. Agar terbentuk pemahaman, kira-kira seperti itulah kondisi mobil bekas yang ditawarkan OLX Autos.
“Dengan acara seperti ini, para konsumen bisa melihat langsung mobilnya, dipegang dan dicek sosoknya, malah kalau sudah oke bisa langsung transaksi langsung di tempat sesuai pilihan cara pembayarannya,” sebut Sandy.
Kalau untuk fasilitas cicilan, OLX Autos juga menyediakan program cicilan ringan mulai dari 1 jutaan rupiah. Semisal ada konsumen ingin upgrade, ingin punya mobil pertamanya, maka OLX Autos membuka kesempatan untuk program pilih mobilnya, coba mobilnya, dan cocok langsung bayar.
Penyelenggaraan OLX Autos Spot yang berada di mall seperti sekarang ini, semakin membuka segmentasi pembeli yang semakin teredukasi dalam memilih mobil dan lebih fokus dalam mencari mobil mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
Tinggal melihat contoh display yang ada, kemudian memilih langsung di wall of fame pada papan penjualan mobkas berkualitas yang dipamerkan, dan tinggal memanfaatkan lewat aplikasi OLX yang ada. Pilihan mobil yang ditampilkan di display pameran itu merupakan contoh dan pilihan dari sekian banyak mobil yang dimiliki OLX Autos.
“Dengan stok mobil mencapai ribuan, mereka tinggal pilih mobil apa yang mereka inginkan ada di OLX Autos. Saya gak bilang pasti ada, tapi setidaknya kemungkinan besar akan ada yang sesuai dengan spek yang dicari. Karena stok mobil yang ada di OLX Autos itu lebih dari 2.000-an unit,” beber Sandy.
Jadi kalau ada konsumen mencari mobil apa, bisa dicoba dulu di OLX Autos. Karena memiliki berbagai merek dan tipenya. “Sekuennya dari sini, kami berharap mereka bisa teredukasi bagaimana caranya mendeteksi mobil bekas yang berkualitas itu seperti apa. Pilihan mobilnya seperti apa, sehingga misalkan kalau ada kebutuhan, mereka langsung teringat dengan OLX Autos,” sambung Sandy.
Khusus papan listing mobil yang tampil di booth OLX Autos Spot itu ada sekitar 70-an model dan merek mobil yang diambil serta mewakili dari model yang menjadi idola masyarakat dan banyak dicari. Seperti sedan,LCGC, Low MPV, dan Low SUV. Tapi misalkan si konsumen ingin inventori lebih komplit, bisa dicek ke aplikasinya langsung.
Nah, kalau dari pilihan pada wall of fame di venue ada yang cocok, tinggal di-scan barcode-nya saja, lalu diarahkan ke mode transaksi atau booking. Di situ akan tampil lebih lengkap hasil inspeksinya, termasuk jarak tempuh kilometer, tipe warna, jenis transmisinya apa, semuanya komplit tersedia dengan keterangan kondisinya.
Ditambahkan Sandy, bagi pembelian di venue OLX Auts Spot ini, para konsumen yang menjatuhkan pilihannya atau membeli langsung saat acara berlangsung akan mendapat diskon lagi sebesar 3-5 juta rupiah, bonus saldo digital, hingga ccilan ringan 1 jutaan rupiah. Termasuk berkesempatan membeli mobil hasil kolaborasi OLX Autos dengan Never too Lavish (NTL).
Pastinya, mobil kolaborasi OLX Autos dan NTL ini merupakan satu-satunya yang didandani khusus oleh NTL. Mobil hasil kolaborasi dengan basis Honda Civic ini bisa menjadi awal dari kolaborasi selanjutnya antara OLX Autos dengan NTL, tentunya untuk jenis mobil berbeda. Jadi status mobil kolaborasi tersebut akan benar-benar limited edition karena hanya dibuat satu oleh NTL untuk grafis airbrushnya.
Buat tambahan informasi, berdasar riset OLX Autos, pasar mobil bekas dalam negeri tahun ini diprediksi bakal bertumbuh 2%-3% pada tahun ini. Adapun jenis mobil paling banyak dijadikan pilihan masyarakat diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yakni Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Jazz, dan Honda CR-V.