Mengenal Kelebihan Mesin 3 Silinder Toyota yang Nyaman Dipakai Harian

0
- Advertisement -

NMAA News – Dunia otomotif berkembang seiring dengan teknologi. Oleh karena itu, beberapa komponen vital maupun kelengkapan pada sebuah mobil terus berinovasi seiring zaman.

Disadari atau tidak, ternyata sejumlah pemilik mobil mendambakan sebuah mobil dengan tenaga yang cukup potensial. Lantaran, mesin berkubikasi juga dipilih sebagai kendaraan pribadi untuk bermobilitas.

Siapa bilang mesin 3 silinder kurang diminati? Apalagi berkat dukungan dari peranti turbo pabrikan, performanya pun dinilai cukup untuk dipakai harian dan tentunya irit bahan bakar.

Adapun beberapa kelebihan mesin 3 silinder adalah sebagai berikut seperti dikutip dari laman auto2000:

Bobot ringan

Karena hanya berkonfigurasi 3 silinder maka bobot dari mesin tak seberat dengan dapur pacu 4 silinder. Maka kontribusi beban dari mesin dapat berkurang.

Konsumsi bahan bakar lebih irit

Karena hanya tiga silinder maka artinya hanya ada tiga ruang pembakaran. Ini artinya volume bensin yang diperlukan untuk dibakar lebih cenderung lebih sedikit dibanding mobil empat silinder.

Pajak lebih rendah

Hitungan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah alias PPnBM yang tergantung dari kapasitas mesin maka membuat mobil dengan mesin tiga silinder lebih untuk. Hal ini karena pajaknya lebih rendah berkat kapasitas mesinnya yang tidak terlalu besar.

Cenderung rendah emisi

Karena ruang bakarnya hanya tiga tentu secara logika volume gas buang yang dihasilkan mesin tiga silinder cenderung lebih rendah dibanding mesin yang lebih besar.

Toyota GR Yaris, kehadirannya yang langsung fenomenal

Tenaga Potensial

Mesin kecil dengan konfigurasi 3 silinder apakah bisa menyamai tenaga mesin 4 silinder dengan kubikasi lebih besar? Tentu bisa. Penggunaan turbo yang dirancang oleh pabrikan mobil bisa menjadikan kelebihan mesin 3 silinder tersendiri.

Dengan penggunaan perangkat turbocharger maka tenaga bisa melonjak hingga menyetarai mesin yang lebih besar. Tentu hal ini jadi keuntungan tersendiri karena mesin dapat menghasilkan tenaga besar namun dengan bobot lebih ringan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa mesin kecil dengan konfigurasi tiga silinder tak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih isu hemat bahan bakar dan pengurangan gas karbon yang semakin bergema sangat pas untuk didukung oleh mobil dengan mesin 3 silinder.

- Advertisement -