Rayakan Ultah ke-6, NMAA Konsisten Bawa Industri Aftermarket dan Modifikasi Nasional ke Level Tertinggi

- Advertisement -

NMAA News – National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) genap berusia 6 tahun. Sejumlah momen saat merintis hingga berada di usia saat ini tidak luput dari upaya untuk terus menstimulasi para tuner, bengkel spesialis, hingga modifikator lokal untuk terus menghadirkan kreasi baru dengan semangat ‘Indonesian Pride’.

Berangkat dari realitas bahwa industri otomotif Indonesia tidak melulu soal mobil baru, tapi juga merangkum berbagai industri pendukung, termasuk keberadaan produk aksesoris dan dunia modifikasi sebagai wujud personalisasi dan antusiasme pemilik mobil. Untuk itu kesamaan visi dan misi untuk menyatukan kesamaan langkah dalam industri otomotif pendukung ini yang perlu dilakukan.
Guna membawa kemajuan industri modifikasi dan produk aftermarket tersebut –terlebih soal karya dan kualitas-, NMAA hadir sebagai wadah pemersatu dan komunikasi, khususnya para pelaku industri, dalam upaya untuk pengembangan produk mereka menuju industri otomotif Indonesia yang diakui di kancah dunia internasional.

Terhitung sejak melakukan kick off perdana di 2016 silam yang melibatkan para modifikator lokal, Seiring berjalannya waktu, beragam kegiatan NMAA digelar guna mengakselerasi perkembangan industri modifikasi aftermarket di Indonesia. Bahkan beberapa produk yang bergabung dalam NMAA seperti KARMA Body Kit telah memiliki 80% pasar AS, termasuk Body Kit Project J, hingga produk velg DNZ Wheels.
NMAA juga aktif mengikuti pameran di sejumlah ekspo modifikasi berskala internasional semisal Osaka Automesse (Jepang) hingga SEMA Show (AS). Hingga  akhirnya, NMAA mampu membawa nama Indonesia mendapat Top Gear SEMA Award 2015. Hal ini untuk saling membagikan informasi hingga membuka jejaring rekanan dengan para industri modifikasi secara global.
Bukan hal mudah, mewujudkan visi dan misi dalam membangkitkan industri otomotif dan modifikasi lokal setiap tahun. Menginjak usia ke-6 ini, NMAA berusaha tetap menghadirkan program dan kegiatan reguler yang beririsan dengan polarisasi dan perubahan serba cepat di tataran masyarakat.

Berikut kilas balik rangkuman kegiatan yang telah dilakukan NMAA Selama 6 tahun:

Peresmian National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) – (24 Maret 2016)

Dunia modifikasi di Indonesia terus berkembang pesat melalui ide-ide inovatif. Namun selama ini para modifikator dan industri aftermarket berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya satu wadah atau perkumpulan yang menjadi sebagai ajang silaturahmi atau diskusi mengenai trend dunia modifikasi.

Diprakarsai Signal Group Indonesia lewat Andre Mulyadi dan Chandra Santoso, para modifikator ternama di Indonesia dan pelaku di industri komponen aftermarket akan bersatu di bawah National Modificator and Aftermarket Association (NMAA).

NMAA menjadi pelopor dan satu-satunya wadah bagi seluruh pecinta modifikasi serta berbagai produk aftermarket yang tidak dapat dipisahkan menjadi bagian di dalamnya, sehingga memungkinkan terjadinya kesamaan visi, persamaan tujuan, serta kebersamaan yang sangat kuat.

Melalui NMAA, dengan adanya berbagai denominasi serta berbagai aliran ataupun rumah modifikasi dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda, akan bersatu dan saling berbagi informasi.

Rakernas NMAA Jakarta Melahirkan Sejarah Baru Dunia Modifikasi – (6 Juni 2016)

Tidak berselang lama, setelah Kickoff yang diadakan pada Maret 2016, pelaku modifikasi dan aftermarket yang tergabung dalam NMAA kembali menunjukkan eksistensinya di dunia aftermarket.

Rakernas I NMAA diadakan di Jakarta, Sabtu (4/6/2016), yang memiliki tujuan untuk mempersatukan lebih erat seluruh elemen modifikasi serta membentuk regulasi dan aturan baku yang disetujui seluruh modifikator yang tergabung dalam NMAA.

Chandra Santoso, Presiden NMAA mengatakan bahwa dengan adanya regulasi yang disepakati bersama para modifikator bisa membawa modifikasi di Indonesia ke level yang lebih lanjut.

Pembentukan regulasi dilakukan dengan mengumpulkan draft mengenai saran serta aturan masing-masing pelaku modifikasi yang hadir dalam rakernas. Setelah dikumpulkan, nantinya akan dibentuk kesatuan regulasi yang valid atas persetujuan dan kesepakatan bersama.

2017
Gelaran Trending Workshop Pertama – (25 Maret 2017)

National Modificator & Aftermarket Associaton (NMAA) memulai rangkaian acara NMAA Trending Workshop 2017 di hotel Quest, Denpasar, Bali, 25 Maret 2017. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan NMAA.

Sebagai asosiasi yang diisi expertise modifikasi seluruh Indonesia, sudah menjadi tugas NMAA mempertemukan dan menghadirkan kesamaan mindset mereka. Caranya, dengan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Sehingga masing-masing individu akan meningkat kemampuan tuning-nya. Trending Workshop adalah cara paling efektif mewujudkan hal tersebut.

Trending Workshop 2017 juga didukung beberapa merek aftermarket. Di antaranya PT Agung Poly Nugraha produsen kulit sintetis (Chronos Leatherette, Napa Prime, dan Mustang), Pioneer Indonesia, serta Qmax Army. Acara ini juga berlangsung di Surabaya, Solo, Makassar, Balikpapan, dan Pontianak.

Kolaborasi Aftermarket Jepang-Indonesia di Booth NMAA – (10 Agustus 2017)

Kolaborasi aftermarket Jepang-Indonesia dihadirkan NMAA melalui kerjasama dengan para pelaku industri “hilir” otomotif baik dalam dan luar negeri. Terkait hal ini, NMAA menjalin kerjasama dengan Osaka Automesse, yang didukung asosiasi aftermarket di Jepang seperti NAPAC, JASMA, dan APARA.
Selain segenap pegiat industri aftermarket dalam negeri, NMAA juga tak lupa melibatkan pihak Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di Indonesia.

Salah satunya, Datsun Indonesia yang menyambut kerjasama ini sebagai upaya brand awareness mereknya yang kembali berkiprah di Indonesia.

Inilah salah satu bukti NMAA ingin mengembangkan industri modifikasi dan aftermarket Indonesia. Kolaborasi dengan industri aftermarket Jepang merupakan momentum peningkatan kualitas modifikasi nasional, untuk menuju ‘The Next Level’ dengan kreasi tanpa batas, inovasi tiada henti.

Booth NMAA di Hall 2 Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pun semarak dengan dihadirkannya mobil-mobil modifikasi terbaik, serta produk-produk aftermarket berkualitas dunia. Baik dari Indonesia, dan juga Jepang.

Semisal KUHL Racing R35 GT-R yang dibawa Osaka Automesse, bersanding dengan Datsun GO Nusantara racikan modifikator dalam negeri. Selain dua mobil jagoan tersebut, dalam booth NMAA pada GIIAS 2017 juga memamerkan produk aftermarket ternama. Sebut saja Enkei, Volk Racing, Tanabe, Tom’s, Fujitsubo, Cusco, Endless, AP Force, Accelera, Pioneer, dan Q-Max.

Menariknya, pihak Rekor Otomotif Indonesia (ROI) juga memberi penghargaan terhadap kolaborasi Osaka Automesse dan NMAA ini.

2018
Indonesia Modification Expo 2018 Mencatat Transaksi Miliaran Rupiah! – (19 November 2018)

Pameran modifikasi dan aftermarket pertama dan terbesar di Indonesia sukses digelar pada 17-18 November 2018. Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta mencatat sejarah dalam dunia otomotif Indonesia sebagai pameran yang berhasil menyatukan dan merangkul semua potensi modifikasi dan aftermarket untuk memiliki expo sendiri. Membuka babak baru dunia tuning Tanah Air menuju industri besar.

Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia saat itu, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Pemerintah sangat mengapresiasi terselenggaranya IMX 2018 ini. Ia yakin IMX akan menjadi pintu gerbang industri modifikasi dan aftermarket untuk lebih maju dan bisa bersaing dengan luar negeri.

“Ini kreativitas industri otomotif yang luar biasa dan pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Untuk itu, Pemerintah sangat mendukung hal seperti ini. Kami berharap Indonesia Modification Expo bisa menjadi acara tahunan,” katanya saat mengunjungi hari kedua IMX 2018, Minggu (18/11).

Indonesia pun pertama kalinya memiliki diselenggarakan IMX 2018 yang telah sukses diselenggarakan. Terima kasih banyak atas dukungan dari semua pihak karena turut menyukseskan terselenggaranya IMX 2018.
Sebagai event pertama, keberhasilan IMX 2018 bukan hanya datang dari keterlibatan peserta yang membuka booth saja, namun transaksi yang terjadi sepanjang dua hari penyelenggaraan membuat mayoritas tenant menyambut baik terselenggaranya IMX 2018. Dari data yang dirilis masing-masing booth, total transaksi di IMX 2018 mencapai kisaran Rp 3 miliar!

Khalayak Modifikasi Indonesia “Unjuk Gigi”di Jepang – (10 Februari 2018)

Pameran modifikasi Osaka Automesse 2018 yang dihelat di gedung pameran INTEX Osaka dibuka hari ini (10/2). Rombongan modifikator dan merek aftermarket Tanah Air yang tergabung dalam movement Great Indonesia gagasan NMAA (National Modificator & Aftermarket Association) pun sudah siap untuk memperkenalkan produk dan jasanya pada khalayak Jepang.

Di antaranya terdiri dari: produk ban Accelera, suspensi udara Revolt.id, jasa kreasi lampu Yoong Motor, rumah airbrush Tomy Airbrush, hingga distro otomotif ZC Distromotive.
Dalam pameran modifikasi terbesar di Osaka ini, masing-masing modifikator dan aftermarket menampilkan spesialisasinya masing-masing. Misalnya ban Accelera membawa produk unggulannya, yaitu Accelera Phi yang juga terpasang di Mercedes-Benz E250 W212 yang dibawa ke sana. Selain itu, Revolt.id akan memajang line-up komplet produk suspensi udara dengan sistem smartphone wireless yang di-develop langsung di Indonesia.

Tak ketinggalan, Mayaratih Couture, fashion designer Tanah Air juga menampilkan busana dengan tema “The Shadow of Wayang Inspired by Indonesian Puppet Show” yang akan dipakai model mempresentasikan mobil modifikasi Indonesia. Selain merek-merek aftermarket, movement Great Indonesia ini juga didukung Bank Bank Pembangunan Daerah di Indonesia yaitu Bank BJB (Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat).

2019
IMX 2019 ‘Membangun Industri Modifikasi Indonesia’ – (28 September 2019)

Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 secara resmi telah dibuka pada Sabtu, (28/9). Ajang expo mobil modifikasi yang kedua kali diselenggarakan dan terbesar di Indonesia ini, dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta Selatan selama dua hari, pada 28-29 September 2019.
Hadir dalam acara pembukaan, Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Ir. Harjanto, M.Eng, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika, dan Founder National Modificator & Aftermarket Associaton (NMAA) Andre Mulyadi.

Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 digagas oleh National Modificator & Aftermarket Associaton (NMAA) menghadirkan sebanyak 50 mobil modifikasi terbaik yang telah dipilih dari 600 lebih mobil modifikasi di seluruh Indonesia.

Selain itu, IMX 2019 juga menyediakan berbagai macam hadiah menarik bagi para pengunjungnya. Pada acara puncaknya, Minggu, (30/9/2019) Super Giveaway Honda All New Brio 2019 “Track Day” dimenangkan oleh Theo asal Cianjur.

NMAA Goes to SEMA Show 2019, Mewujudkan Visi dan Misi Sebagai Asosiasi Tuning Terbesar di Tanah Air – (8 November 2019)

Sebagai asosiasi modifikasi pertama dan terbesar di Tanah Air, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) memiliki peran dan kepentingan untuk memajukan industri tuning. Hal ini tertuang dalam visi NMAA untuk mendorong perkembangan pelaku industri modifikasi hingga diakui dunia internasional melalui penetapan standarisasi kualitas, penyediaan event yang mendukung, serta memfasilitasi hubungan baik dengan stakeholders terkait di luar negeri.

Salah satu langkah kongkretnya adalah; NMAA merasa perlu mengamati perkembangan dunia modifikasi global dengan bertandang ke event-event tuning yang diadakan di beberapa negara. Pada awal November ini, 8 anggota NMAA menghadiri SEMA Show 2019 yang dihelat 5-8 November di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Hal tersebut dilakukan dalam usaha mencari basis pengetahuan seluas-luasnya soal modifikasi untuk kemudian dibuatkan standarisasinya yang bisa diterapkan di Tanah Air. Karena jika industri modifikasi mau besar, harus memiliki standar pengetahuan dan pemikiran yang sama, seperti yang diharapkan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

2020
Kick Off Indonesia Modification Expo 2020 “Indonesian Pride” – (5 Januari 2020)

Tahun 2020 adalah masa terberat bagi hampir semua geliat industri, tak terkecuali industri modifikasi dan produk aftermarket. Pandemi COVID-19 tak mengenal ampun, memaksa semua segi kehidupan berubah.
Hal itu pulalah yang dilakukan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA)  demi mewujudkan visi dan misi dalam membangkitkan industri otomotif dan modifikasi lokal setiap tahun.

Sepanjang 2020, NMAA berusaha tetap menghadirkan program dan kegiatan reguler meski dalam format yang disesuaikan dengan pelaksanaan protokol kesehatan.
Awal 2020, NMAA melakukan kick off event Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, mengusung tema “Indonesian Pride”. Hal tersebut sejalan arahan Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, untuk mendukung kebangkitan industri modifikasi dalam negeri, merujuk ke tiga poin: #IndonesiaBangga, #IndonesiaBisa, dan #Indonesia Mampu.

Great of Indonesia di Osaka Auto Messe – (14-16 Februari 2020)

Kampanye Great of Indonesia di Osaka Automesse (OAM) 2020 Jepang membawa beberapa catatan untuk brand yang ambil bagian di dalamnya. Hampir semua brand mengaku senang dan mendapat pengalaman positif selama berpameran di salah satu event modifikasi terbesar di dunia tersebut.

Beberapa merek aftermarket lokal yang berpameran di OAM 2020 merupakan “wajah-wajah” baru. Di antaranya adalah Lumens Light (Bandung), Airlux Suspension (Surabaya), dan PAKO Group – velg Avantech dan Fortis (Jakarta).

Sementara lainnya adalah premium car cover BitelBlack (Jakarta) dan body kit KARMA (Tangerang Selatan) yang sebelumnya sudah beberapa kali berpameran bersama Great of Indonesia di Osaka.

NMAA dan Kemenperin Gelar Webinar Otomotif Pertama – (8 Mei 2020)

NMAA dan Kemenperin menggelar seminar bertema sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI).  Seminar tersebut diadakan secara virtual melalui aplikasi meeting online.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan perkembangan ekosistem modifikasi lokal yang kian bergeliat. Sesi kali ini menghadirkan sejumlah panelis yang kompeten di bidangnya memaparkan sejumlah materi terkait RSKKNI.

Diikuti oleh sekira 100 orang lebih peserta seminar yang terdiri dari modifikator, komunitas, bengkel spesialis modifikasi, serta produsen barang aftermarket yang dimotivasi untuk tetap beraktifitas selama pandemi.

IMX 2020 Hybrid Event – (10 Oktober 2020)

IMX 2020 digelar dengan konsep hybrid. Menunjukkan IMX 2020 menjadi event otomotif pertama yang dilakukan selama pandemi, yang berupa ajang eksibisi untuk berbagai produk aftermarket terbaru, karya modifikator lokal, kemunculan mobil modifikasi terbaik di Indonesia, serta adanya 33 Giveaway berupa produk aftermarket, dan 2 Supergiveaway spektakuler berupa mobil Suzuki Ignis “Time Attack” ala Garasi Drift dan skuter listrik custom “The Survivor” buatan Katros Garage dan Alitt Susanto.

Foto: IMX 2020

IMX 2020 hybrid event dapat disaksikan khalayak dari seluruh dunia karena sifatnya yang daring. Tak heran, tercatat 33 ribu tiket online terjual. IMX 2020 juga hadirkan Digital Market bakal menghadirkan experience mudahnya belanja produk aftermarket secara daring dengan program promo Special Deals terbaik yang tak ada di tempat lain.

Sejumlah promo penjualan yang ditawarkan di antaranya adalah potongan harga sampai bonus produk. Program Special Deals dari para tenant #IMX2020 merupakan karya anak bangsa. Menariknya, hampir semua kebutuhan modifikasi tersedia mulai dari paket perawatan kendaraan, cover mobil, velg, paket audio, modifikasi interior, hingga air suspension.

2021

Kick Off Indonesia Modification Expo 2021 “Limitless All Virtual” – (24 Februari 2021)

Tidak terasa, 2021 sudah dilalui meski jamak disebut masa terberat bagi hampir semua geliat industri, tak terkecuali otomotif dan aftermarket. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih menghantui, merubah hampir semua lini kehidupan.

Hal itu pulalah yang dilakukan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA)  demi mewujudkan visi dan misi dalam membangkitkan industri otomotif dan modifikasi lokal setiap tahun. Sepanjang 2021, NMAA berusaha tetap menghadirkan program dan kegiatan reguler meski dalam format yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.
Penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 yang sebelumnya telah sukses digelar secara virtual pada tahun 2020, akan kembali diselenggarakan secara virtual seperti tahun sebelumnya.

Foto: IMX

Mengusung tema “LIMITLESS”, merepresentasikan bahwa dunia industri otomotif khususnya modifikasi tak bisa dibatasi hanya karena pandemi, selalu bergerak secara kreatif dalam berkarya.

Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Series: Virtual Stage Bali digelar pada (27/3) pukul 14:00-16:00 WIB secara virtual. Event ini adalah pembuka rangkaian IMX 2021, yang juga akan diadakan di kota-kota lainnya untuk mendukung acara “big bang” IMX 2021 “Limitless”.

Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Bali – (27 Maret)

Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Series: Virtual Stage Bali digelar pada (27/3) pukul 14:00-16:00 WIB secara virtual. Event ini adalah pembuka rangkaian IMX 2021, yang juga akan diadakan di kota-kota lainnya untuk mendukung acara “big bang” IMX 2021 “Limitless”.

Kegiatan live streaming kegiatan Road to IMX 2021: Virtual Stage Bali diadakan langsung di Kebon Vintage Cars, Denpasar. Terdiri dari program rangkaian NMAA Top 10, Modz Battle Talkshow, Overseas Talkshow bersama Musa Tjahjono, Live Review dan Supergivaway Honda Grand Civic garapan Pengepul Mobil.

Foto: IMX 2021

Kegiatan live streaming kegiatan Road to IMX 2021: Virtual Stage Bali diadakan langsung di Kebon Vintage Cars, Denpasar. Terdiri dari program rangkaian NMAA Top 10, Modz Battle Talkshow, Overseas Talkshow bersama Musa Tjahjono, Live Review dan Supergivaway Honda Grand Civic garapan Pengepul Mobil.

Workshop RSKKNI – (6-7 April 2021)

Founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Andre Mulyadi menyampaikan potensi industri aftermarket dan modifikasi di hadapan jajaran Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) dalam agenda Focus Group Discussion (FGD) Perumusan dan Penajaman Program Pengembangan Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Tahun 2021.
Sesi diskusi yang berlangsung di Bandung pada 6-7 April 2021 menghadirkan beberapa pengemban kepentingan dalam lingkup IMATAP tersebut, NMAA selaku asosiasi modifikator dan aftermarket nasional dipercaya menyusun rumusan kompetensi kerja untuk para bengkel spesialis.

Foto: Dok NMAA

Poin pembahasan berlanjut pada topik rancangan tahap sertifikasi kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Standar modifikasi secara nasional berupaya membangun kultur positif sebagai salah satu  epicentrum modifikasi dunia.
Adapun SKKNI nantinya akan berpengaruh terhadap penembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Makassar – (5 Juni 2021)

Kegiatan Road to IMX 2021 Series  berlanjut di kota Makassar, Sulawesi Selatan pada (5/6). Berlangsung di di Phinisi Point Mall sebagai salah satu pusat kegiatan paling digandrungi warga Makassar.

Sebagai acara pembuka, Road to IMX 2021: Virtual Stage Makassar menyajikan program Automotive Talk Show bersama Ridwan Hanif – YouTuber otomotif, Kiki Anugraha – KARMA Bodykit, dan Delly Nugraha – Carsome Indonesia. Kemudian jajaran mobil modifikasi NMAA Top 10 dan Overseas Talkshow bersama modifikator Ryan Basseri.

Foto: IMX

Supergiveaway berupa mobil modifikasi BMW E39 garapan Ridwan Hanif diundi kepada audiens. Sebagai bentuk edukasi industri modifikasi yang dilakukan oleh IMX melalui progam digital Youtube untuk memperkenalkan berbagai produk aftermarket.

Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Pekanbaru – (7 Agustus 2021)

Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Series: Virtual Stage Pekanbaru dilaksanakan (7/8) pada pukul 14:00-16:00 WIB secara virtual. Event kali ini merupakan penutup rangkaian Road to IMX 2021 Series yang diadakan di beberapa kota (Bali, Makassar, Pekanbaru).

Foto: Virtual Stage Road to IMX 2021 Pekanbaru

Rangkaian terakhir dari Road to Series IMX 2021 Limitless: All Virtual ini menghadirkan sejumlah program unggulan. Seperti NMAA Top 10 Pekanbaru, Live Review, sesi Overseas Talkshow bersama Osaka Auto Messe dan pengundian 1 unit Super Giveaway berupa Brio Turbo garapan Om Mobi.

IMX 2021 Limitless – All Virtual (2 Oktober 2021 )

Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 sukses digelar pada 2 Oktober. Kali keempat gelaran IMX 2021 terus berupaya menyajikan konten edukasi dan menghibur.
Rangkaian program kegiatan sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu dan siap ditampilkan secara final di IMX 2021. Antara lain: Live Modz 2021, PowerAce Digimodz, Carsome X RawtypeRiot, NMAA Top 50.

NMAA terus berupaya membangkitkan industri tuning aftermarket nasional dengan sejumlah terobosan. Menyebarkan edukasi, sarat inspirasi, dan hiburan khas otomotif kepada para pecinta otomotif dan khalayak luas | Foto: IMX

Kemudian, IMX Exclusive Release dihadirkan sebagai perilisan eksklusif produk aftermarket lokal. Seperti: Exclusive Release Honda City Hatchback Never Too Lavish X Pengepul Mobil, Peluncuran produk terbaru KARMA Body Kit X Belkote, RH Performance, dan All New Gelis. Ada pula, program belanja produk aftermarket dan otomotif terbaik di Shopee IMX Digital Market, dan tentunya sesi pengundian unit Supergiveaway Honda Integra DA5 dari Garasi Drift.

2022
Konsisten Mendukung Industri Otomotif Indonesia, Bamsoet menjadi Ketua Dewan Komite Asosiasi Aftermarket Nasional – (21 Januari 2022)

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo berkomitmen untuk terus memajukan industri otomotif nasional, khususnya industri modifikasi Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen tersebut Bambang Soesatyo akan menjadi Ketua Dewan Komite  National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) periode 2022-2023 dimana akan memberikan kontribusi, dan tentunya arahan dalam membawa industri modifikasi Indonesia menjadi primadona di dalam negeri dan tentunya membawa berbagai produk modifikasi lokal ke pasar Internasional.

Untuk diketahui, Bamsoet, telah berulang kali hadir dan memberikan dukungan dalam kegiatan expo Indonesia Modification Expo, event terbesar untuk industri modifikasi nasional. Bamsoet juga sempat menjadi brand ambassador industri modifikasi Indonesia pada tahun 2020.

Bambang Soesatyo juga seorang modifikator handal yang juga memiliki koleksi berbagai kendaraan modifikasi yang dibangun dan dikomendani langsung olehnya. Bahkan beberapa karya modifikasi yang dibuat meliputi berbagai gaya modifikasi seperti: Hot Rod style, Classic, hingga Car Recreation Modification.

IMX 2022 Bakal Kembali Digelar Offline, Tunjukan Momentum Kebangkitan Industri Modifikasi Nasional (28 Januari 2022)
Mencoba bangkit di tengah Pandemi Covid-19, gelaran Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022 kembali digelar secara offline 1-2 Oktober nanti. Setelah sebelumnya, IMX 2020 dan IMX 2021 secara virtual menjadi titik awal adaptasi terhadap perubahan.

IMX menunjukan makna sebuah konsistensi dan kolaborasi menjadi kekuatan IMX untuk makin percaya diri dengan membawa konsep baru.

Memadukan unsur automotive industry and lifestyle, tema kali ini juga bertepatan kali kelima gelaran IMX. Sebuah selebrasi membangkitkan skena otomotif Indonesia menuju ke level tertinggi dan bersiap merambah ke jejaring pasar internasional.
Tren positif ini diwujudkan melalui tampilan khusus key visual #IMX2022 tema “The Indonesian Kalcer”. Kreasi garapan visual artist Muchlis Fahri atau lebih dikenal Muklay, terwujud seolah membangkitkan ‘nyawa’ setiap part modifikasi. Secara filosofi, desain ini menunjukan industri aftermarket lokal yang adaptif terhadap perubahan layaknya karakter masyarakat Indonesia.

Selain itu IMX 2022 akan hadir dengan segudang konten seru khas, termasuk didalamnya konten digital khas IMX yaitu: IMX Modz Battle dan IMX Live Modz yang akan kembali dihadirkan tahun ini, IMX Garage Sale dan IMX Aftermerket Auction serta IMX Masterclass yang akan menghadirkan seminar khusus untuk para pecinta otomotif dan lifestyle.

Berbagai suguhan gaya hidup yang akan mewarnai IMX mulai tahun ini, seperti: Sneakers Auction, Die Cast Custom & Race Championship, Art Exhibition, NFT area yang tentunya akan memberikan keseruan tersendiri buat para pengunjung di Lifestyle arena IMX tahun ini.

Seri Perdana Road to IMX 2022 Hadirkan Ratusan Mobil Eropa-Amerika di Kota Bandung – (5 Februari 2022)

Rangkaian pertama Road to IMX 2022 berlangsung sukses dan meriah di Balarea Summarecon, Bandung, Sabtu 5 Februari 2022. Ajang pemanasan menuju puncak IMX 2022 pada 1-2 Oktober mendatang ini berkolaborasi dengan komunitas New Eyes Community Indonesia (NECI 03) dalam gelaran BDG Meetup Eps #1 “The Biggest European-American Meetup”.

Foto: NMAA

Kemeriahan acara berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga 14.30 WIB di Balarea Lama, Summarecon, Gede Bage, Bandung dengan protokol kesehatan yang ketat. Mendatangkan berbagai car enthusiast pecinta mobil keluaran Eropa dan Amerika.

Mulai dari Mercedes-Benz, BMW, Chrysler, Porsche, Ferrari, Mini, Volkswagen, Citroen, Fiat dan beberapa merek kendaraan lainnya.  Para pengunjung disuguhkan dengan beragam aktivasi menarik. Acara ini diinisiasi komunitas NECI 03 yang berkolaborasi dengan menjadikannya menjadi salah satu ajang Road to IMX 2022 tahun ini.
Kegiatan lain di dalam BDG Meetup Eps #1, yang merupakan Road to IMX 2021 serie perdana ini diantaranya kontes modifikasi antar mobil Amerika dan Eropa, kuliner, kontes foto, donasi dan tentunya berbagai door prize menarik dari Belkote selaku Co-Sponsor IMX 2022.

Paling dinantikan, pengumuman pemenang 2 Golden Ticket NMAA TOP 50 IMX 2022 yang berhasil diraih oleh mobil Mercedes Benz CLK W209 milik Dandi dan mobil Chevrolet Camaro Z-28 milik Ajo. Kedua pemenang Golden Ticket ini pun mendapatkan hadiah produk dari Belkote. Dalam acara kali ini juga menghadirkan beberapa mobil terbaik milik tokoh otomotif seperti Bambang Soesatyo dan Ahmad Sahroni.
Rangkaian Road to IMX 2022 yang akan diselenggarakan pada 2-3 Oktober 2022 tersebut, dimulai bertepatan gelaran BDG Meetup European-American, dilanjutkan lokasi venue di Jakarta Edu Town (25-27 Maret), dan Mall Taman Anggrek (23-24 april). Kemudian berlanjut ke Pantai Indah Kapuk (20-22 Mei), Surabaya (10-12 Juni), dan Bali (12-14 Agustus) sebagai rangkaian penutup.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,311PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles