Brabus 900 Crawler, Singa Gurun Pasir Garapan Brabus dari Basis Mercedes AMG G63

- Advertisement -

NMAA News – Manufaktur tuning Jerman, Brabus buat gebrakan. Terbilang dalam beberapa tahun belakangan sejumlah kreasi dari spesialis Mercedes-Benz ini terbilang ekstrem. Menyasar sejumlah model Sport Utility Vehicle (SUV). Seperti Brabus 800 Adventure XLP dalam varian Superwhite atau Superblack.

Rupanya, model tersebut belum memuaskan keinginan Brabus kembali menghadirkan unit serupa yang lebih liar. Terwujudlah inovasi terbaru mereka bergaya ekstrem, Brabus 900 Crawler. Model satu ini menanggalkan unsur elegan khas tipe G Class.

Dibangun dari basis Mercedes AMG G63, tubuhnya mengalami penurunan bobot secara drastis. Jika bobot bawaan tercatat mencapai 2.485 kg, opsi reduksi bobot demi menghasilkan sebuah mobil Buggy mesti berkurang sekira 420 kg. Sehingga, saat ini bobotnya mencapai 2.060 kg.

Foto: Brabus

Ubahan tubuhnya, diikuti perombakan pada bagian bodi. Mencakup seluruh pintu, kaca, sasis, penambahan underguard hingga sektor penerangan berupa dua buah lampu LED di bagian atap. Mempertegas kesan sangarnya, Brabus memberi sebuah spoiler GT Wing di bagian belakang.

Supaya dapat melintas tanpa kendala di segala medan, posturnya bertambah hingga 53 cm dengan travel suspensi 16 cm. Komposisi sektor roda mendukung kemampuan performa dan tentunya tampilan, hadir dengan velg forged 20 inci berbalut ban tapak kasar 40×13.50 R20. Keandalan kaki-kaki juga dikawal dengan cengkraman rem mumpuni dari piringan rem 400 mm di depan dan 370 mm di belakang.

Foto: Brabus

Sensasi beringas makin terasa begitu kap mesin terbuka. Sebuah jantung mekanis berkapasitas 4.500 cc V8 dilengkapi twin-turbo di-tuning ulang hingga dapat menghasilkan tenaga mencapai 888 HP pada 6.200 rpm dan 1.250 Nm pada 2.900 rpm.

Meski begitu, demi keamanan dan keselamatan, angka torsi dibatasi hanya 1.050 Nm supaya transmisi otomatis 9 percepatan dapat menahan tenaga buasnya.

Konfigurasi baru di sektor mesin turut mendongkrak akselerasi dari diam hingga 100 kpj dalam 3,4 detik. Sementara itu, pedal gas dapat diinjak kuat sampai 160 kpj.

Foto: Brabus

Memasuki ruang kabin, tampilan barunya terlihat sangar dan tetap fungsional. Perpaduan warna hitam dan merah mendominasi bagian ini. Misalnya, dasbor mendapat warna hitam plus sejumlah aksen karbon, beberapa aksen merah di setir, serta panel interior lain. Sektor informasi berupa speedometer full digital hingga layar infotainment juga masih tetap terpasang rapi.

Foto: Brabus

Sektor keamanan di ruang kabin tersaji dari pilihan jok bucket dilapis bahan kulit asli dengan motif jahitan diamond cut. Ditambah, sabuk pengaman empat titik pada empat buah kursi dan komponen keselamatan, rollcage.

Adapun, Brabus 900 Crawler dibanderol dengan harga fantastis mencapai USD 793.000 atau setara dengan Rp 11,2 miliar dalam kurs rupiah sekarang. Lini produk ini juga dijual terbatas hanya sekitar 15 unit secara worldwide dan mulai dikirim pada 2023 mendatang.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,311PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles