NMAA News – Menyertakan 5 unit All new Toyota Veloz, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi kesempatan pada sejumlah media untuk menjajal langsung kecanggihan fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) dan teknologi berbasis telematika T Intouch selama seharian penuh, Selasa (28/6/2022).
Mengusung tagline “Taste The Advanced Technology Experience” pada acara media experience bertajuk ‘Safe Jakarta’ ini, kami dapat menguji sekaligus mengeksplorasi semua cara kerja dan manfaat kedua teknologi tersebut dalam menggunakan All New Veloz di tengah kepadatan lalu-lintas Jakarta.
Sebelum aktivitas dimulai, kami diberi pemaparan teknologi T-Intouch yang dapat diakses melalui aplikasi mToyota. Dengan fitur Find My Car di aplikasi tersebut, kami diwajibkan memakai fitur ini untuk mencari mobil yang akan digunakan. Skemanya, para peserta diarahkan menuju lokasi parkir All New Veloz sesuai titik yang ada di aplikasi mToyota.

Fitur ini berguna membantu menemukan kendaraan di area parkir mal atau perkantoran yang padat. Setelah berhasil menemukan mobil yang akan dipakai, kami melakukan scan barcode yang ditampilkan Rear Seat Entertainment untuk mendapat informasi dan petunjuk arah menuju lokasi berikutnya.
Usai penjelasan rinci acara seharian yang berlangsung di sebuah mall di Jakarta Selatan, berdasarkan fitur Find My Car, kami diarahkan untuk menaiki MRT yang tersambung dengan gedung mal tersebut untuk menuju lokasi di mana mobil diparkir. Ternyata, kami diminta turun di stasiun Ratu Plaza Sudirman, di mana si Veloz sudah terparkir di parkiran depannya.
Balik ke bahasan fitur, ekosistem mobilitas di kota besar biasanya terdiri atas jalan raya biasa dan jalan tol. Teknologi Toyota Safety Sense (TSS) All New Veloz menjanjikan mobilitas lebih aman, baik saat melewati jalan berlalu lintas padat hingga saat melintas di jalan bebas hambatan.
Namun, karakter keduanya tetap butuh perhitungan dan kewaspadaan tinggi sepanjang waktu. TSS mendukung kewaspadaan pengemudi, membantu mengambil keputusan tepat, dan mengoperasikan kendaraan pada rentang kecepatan luas dengan berpatokan 3 hal: mencegah atau mengurangi dampak tabrakan dari depan, menjaga pengemudi tetap berada di lajurnya, dan meningkatkan keselamatan selama mengemudi.
Setiap jurnalis yang berada di masing-masing Veloz bisa merasakan manfaat dari berbagai fitur TSS. Saat melaju di tol yang cenderung lancar, kami mencicipi salah satu fitur bagian TSS yaitu Lane Departure Warning (LDW) and Lane Departure Prevention (LDP) yang akan aktif saat All New Veloz melaju di atas kecepatan 60 km/jam.
Fitur LDW memberi alarm peringatan ke pengemudi All New Veloz jika berpindah lajur secara tidak sengaja tanpa menyalakan lampu sein. Sedangkan fitur LDP akan membantu memberi koreksi ringan terhadap kemudi jika pengemudi belum juga mengubah arah setelah warning diberikan sistem. Fitur ini membantu menjaga kewaspadaan pengemudi.

Untuk membuat perjalanan lebih seru dan menyenangkan, jurnalis dapat menggunakan fitur Android Auto sebagai bagian Advanced Smartphone Connectivity All New Veloz, untuk bernyanyi bersama dan membuat video carpool karaoke.
Mendekati lokasi tujuan, jurnalis akan menerima notifikasi Geofencing sebagai bagian teknologi T Intouch di aplikasi mToyota. Teknologi Geofencing sendiri dapat dimanfaatkan memantau obyek bergerak seperti kendaraan dengan menggunakan GPS dan memberi peringatan saat kendaraan berada di luar zona yang ditetapkan.
Di sepanjang perjalanan, jurnalis dapat kembali memanfaatkan fitur Android Auto untuk pairing aplikasi peta digital smartphone ke Integrated Head Unit 9 Inch Display sebagai penunjuk jalan yang lebih aman dan nyaman.
Selain merasakan teknologi dan fitur canggih All New Veloz di jalan umum, kami dipersilakan mengulik lebih lanjut teknologi TSS di special track yang berada di kawasan parkir perkantoran CB9 Cilandak.

Asiknya, di acara jelang penghujung ini, kami leluasa mencoba langsung keandalan fitur Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking. Fitur ini khusus dirancang membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan.
Kami dipersilakan melaju pada kecepatan kisaran 20 kpj, namun di ujung lintasan terdapat tiruan bagian belakang mobil. Dengan seolah lengah, kami sengaja terus menginjak gas, sehingga membuat fitur tersebut beroperasi dan membantu menghentikan mobil secara akurat guna mencegah kecelakaan.
Selanjutnya, jurnalis dapat mencoba fitur Pedal Missoperation Control yang membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas. Fitur ini beroperasi saat pedal gas diinjak dalam padahal tidak ada kebutuhan untuk itu, dengan cara mengurangi distribusi tenaga mesin sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dengan aman.
Setelah itu, kami juga mencoba Front Departure Alert yang memberi peringatan ke pengemudi yang dapat didengar ketika mobil di depan telah bergerak menjauh seperti pada saat beranjak dari lampu merah.

Selain mengetes fitur TSS, di kami juga diberikan challenge parkir mundur All New Veloz tanpa boleh melihat kaca spion dan dalam kondisi seluruh kaca mobil sengaja ditutup cover mobil. Aktivitas ini hanya mengandalkan All Round View Monitor sebagai alat bantu parkir mudah dan aman berkat bantuan pandangan sekeliling mobil yang luas dan jelas.
Fitur keselamatan canggih lainnya seperti Rear Crossing Traffic Alert (RCTA) yang melakukan pendeteksian kendaraan lain di belakang untuk kemudian memberi peringatan kepengemudi ketika mundur juga dapat diuji oleh jurnalis.
Termasuk fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang memberikan peringatan kepada pengemudi ketika ada kendaraan berada di area blind spot untuk membantu menentukan arah manuver kendaraan.