Mengenal Fungsi Multi Speaker dalam Instalasi Sistem Audio SQL

0
Foto: YouTube Garasi Drift
- Advertisement -

NMAA News – Biasanya kita menyaksikan aplikasi speaker yang dipasang di pintu atau bagasi hanya memakai satu set speaker saja. Setelan berbeda biasanya ditempuh untuk menunjang suara audio optimal dengan memasang banyak speaker atau aplikasi multi speaker. Salah satu pemicu tren ini adalah berkembangnya aliran sound quality loud (SQL) dengan syarat adanya aplikasi speaker di pintu atau bagasi.

Lantas, apa tujuannya? Pengaplikasian banyak speaker ditempuh untuk mengimbangi kinerja subwoofer di sistem SQL yang jumlahnya lebih dari satu. Dengan demikian aplikasi banyak speaker adalah untuk menghasilkan suara lantang pada frekuensi tinggi dan menengah atau vokal.

Speaker 2-way PioneerAda beberapa syarat untuk aplikasi multi speaker, salah satunya menentukan jumlah speaker yang dipakai. Melihat dimensi pintu mobil maka paling memungkinkan adalah menaruh speaker sebanyak 2 sampai 3 set. Sedangkan di bagasi tidak jauh berbeda.

Hal ini untuk mengimbangi subwoofer yang biasanya berjumlah dua sampai empat dalam sebuah sistem SQL. Untuk merek speakernya ada banyak macam, diantaranya ada Dominations, Venom, Focal dan Crescendo yang umumnya bersistem 2 way.

multi speakers 1Untuk mendapatkan suara yang bertenaga maka dibutuhkan trik distribusi daya dari power. Agar suaranya bisa merata di setiap speaker, lebih efisien menggunakan satu power. Biasanya memakai satu power dua kanal atau empat kanal.

Tetapi yang harus diperhatikan adalah spesifikasi power. Untuk lebih aman, bisa memakai power 4 kanal. Misal power 4×50 watt di-bridge mono (digabung kanalnya) menjadi 2 Ohm, sehingga daya power menjadi 2×100 watt jadi kalau ada 3 speaker maka akan mendapat daya 100 watt atau masing-masing mendapat daya 33,3 watt.

 

Selain distribusi daya power, poin lain yang tak kalah penting adalah penempatan speakernya. Syarat utama, dudukannya wajib rigid. Apalagi yang dipasang 2 atau 3 speaker di pintu, maka dudukannya mesti ekstra kuat.

Biasanya pakai ring kayu 18 mm MDF, dan agar dudukannya terlihat rapi diberi fiberglass. Poin lain untuk mendapatkan suara yang berkualitas ada pada setting frekuensi speaker. Untuk hal ini dibutuhkan prosesor yang mumpuni baik dari internal atau eksternal head unit.

- Advertisement -