OLX Autos IMX 2022 Resmi Dibuka, Jadi Panggung Berkreasi Para Pelaku Modifikasi dan Aftermarket Nasional

0
- Advertisement -

NMAA News –Acara Final Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2012 secara resmi dibuka pada Sabtu, (1/10).

Ekspo modifikasi dan produk aftermarket kendaraan roda empat kelima ini diselenggarakan meriah di Hall, Jakarta Convention Center selama dua hari pada 1-2 Oktober 2022.

Dalam seremonial pembukaan, para VIP guest turut memberikan apresiasinya mulai dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, IMX Project Director dan Founder National Modification & Aftermarket Association, Andre Mulyadi serta Head Marketing OLX Autos Indonesia, Sandy Maulana.

 

Dalam sambutannya, Andre mengatakan, OLX Autos IMX 2022 menjadi panggung pameran untuk para pelaku industri modifikasi dan lifestyle.

“Tahun ini kami padukan industri modifikasi dan lifestyle sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Harapannya terus memberikan dampak positif dan berkelanjutan dalam mendukung, mengenalkan dan mengembangkan produk buatan anak bangsa supaya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, ” buka Andre Mulyadi.

Acara pembukaan OLX Autos IMX 2022 dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI dan Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Dalam seremonial pembukaan, Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo menyatakan OLX Autos IMX 2022 dapat mendorong aktivitas industri modifikasi aftermarket yang didominasi oleh para pelaku UMKM tiap daerah demi membangkitkan geliat modifikasi Nasional.

“Rangkaian gelaran OLX Autos IMX 2022 menjadi bukti multiplier effect economy guna mendorong para pelaku industri modifikasi di beberapa daerah Indonesia. Sepanjang 2022, di saat pandemi Covid-19 sudah mereda aktivitas para bengkel spesiali sudah mendekati normal yang tentunya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi,” tutur Bamsoet dalam sesi pembukaan.

Selain menghadirkan beragam inovasi karya anak bangsa di bidang otomotif khususnya modifikasi dan aftermarket. OLX Autos IMX 2022 turut menggandeng Agen Pemegang Merek (APM), Produsen produk aftermarket, industri fesyen dan street wear, komunitas otomotif, hingga para Influencer dan KOL Otomotif Indonesia.

“Hal ini semakin menunjukan kondisi guyub di tubuh industri kreatif. Untuk menembus sekat-sekat pembatas, kerukunan dan harmonisasi harus terus dibina. Ini merupakan modal dasar bagaimana Indonesia sebagai bangsa yang kuat dilihat oleh publik Internasional,” ujar Bamsoet di tengah-tengah kesibukannya mendatangi gelaran final OLX Autos IMX 2022.

Sebagai wadah berkreasi insan modifikasi dari kalangan milenial dan Gen Z, gelaran OLX Autos IMX 2022 mesti terus berlanjut terutama melakukan kolaborasi dan inovasi menjawab tantangan ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi tinggi untuk digelaranya OLX Autos IMX 2022.

“Hari ini saya merasa bangga karena berada di tengah anak muda dan atas arahan bapak presiden saya diminta untuk hadir dan mewakili beliau. Semoga acaranya berjalan lancar dan terus memberikan progres positif untuk kedepannya. Seperti diketahui, industri aftermarket atau secondary market mengalami pertumbuhan signifikan,”jelas Airlangga.

Upaya pemulihan di masa pasca pandemi saat ini, lanjut Airlangga juga turut menunjang peningkatan penjualan mobil bekas hingga 8 persen. “Belum lama ini saya lihat dari data OLX Autos sudah mampu menjual lebih dari 20 ribu unit mobil bekas dalam satu bulan. Angka ini terbilang fantastis dengan estimasi total transaksi 4 triliun dalam satu bulan,” kata Airlangga.

Dalam upaya mendorong nilai tambah dari industri otomotif khususnya modifikasi. Ia berharap gelaran OLX Autos IMX 2022 yang menjadi medium berkreasi para modifikator bisa mulai meningkatkan produksi, kualitas dan penjualan secara ekspor “Sejujurnya SDM Indonesia punya kekuatan segi craftmanship yang memerlukan keahlian. Hal ini juga termasuk keterampilan tangan dan kemampuan untuk tanggap terhadap teknologi modern,” lengkapnya.

Seremonial dibukanya gelaran OLX Autos IMX 2022 ‘The Indonesian Kalcer’ turut menghadirkan Standar Kompetensi Kerja Nasional dalam format buku modul pelatihan.

Secara simbolis, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan langsung modul pelatihan tersebut kepada Founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sekaligus IMX Peoject Director, Andre Mulyadi.

Melalui tayangan video tapping, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut mendukung gelaran OLX Autos IMX 2022 sebagai wadah mendukung inovasi generasi muda terutama milenial dan Gen Z.

“Gelaran otomotif dan lifestyle OLX Autos IMX 2022 ini mampu mendukung percepatan pemulihan ekonomi dengan berbagai karya kreatif penuh terobosan. Selamat untuk berlangsungnya OLX Autos IMX 2022 di Hall A, JCC, Jakarta. Saya berharap ekspo ini bisa terus hadir untuk terus membangun ekosistem yang berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

 

- Advertisement -