Daihatsu R&D Corner Sedot Perhatian Pengunjung Daihatsu Week di Resta Pendopo KM 456

0
- Advertisement -

NMAA News – Daihatsu terus mendekatkan diri ke pelanggan dengan menyelenggarakan program layanan menarik pada acara Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 yang berlangsung di Rest Area Salatiga, Jawa Tengah pada 17–20 November 2022.

Dalam acara ini, Daihatsu melalui tim R&D (Research and Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan R&D Corner sebagai sarana informasi yang edukatif bagi pengunjung dengan menceritakan proses pengembangan mobil Daihatsu dari tahap awal hingga produksi, yang terbagi menjadi 4 tahap besar, dimulai Planning, Styling, Engineering, dan Testing.

“Melalui kehadiran R&D Corner di Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 ini, kami berharap pengunjung memahami proses pengembangan kendaraan Daihatsu, serta memberi kebanggaan bagi pelanggan terhadap mobil Daihatsu yang dimilikinya sesuai visi R&D ADM, dari Indonesia untuk Indonesia,” ujar Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Suasana kunjungan dari 6 sekolah (SMK) di Jawa Tengah pada acara Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 pada Jumat 18 November 2022

Pada tahapan Planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi (jenis dan dimensi kendaraan) yang sesuai kebutuhan pasar.

Kemudian dilanjutkan pada proses Styling, berupa perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar, disusul proses clay modeling, dan membuat data visual 3 dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.

Pada tahapan Engineering, desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan memenuhi standar yang mengakomodir kualitas dan durabilitas terbaik di setiap bagian, serta mewujudkannya dengan pembuatan prototype untuk diuji coba. Lalu pada Testing, ini adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya sesuai kondisi di Indonesia.

Gambaran proses pengembangan mobil R&D center Daihatsu sesuai dengan visi Dari Indonesia, Untuk Indonesia

Sebagai informasi, Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektare (Ha), yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

Fasilitas R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional membanggakan.

Pada kesempatan sama, acara ini mendapat kunjungan berbagai sekolah vokasi atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pada Jumat (18/11/2022). Tercatat, 6 SMK dengan total 50 peserta berpartisipasi meliputi SMK Negeri 1 Sawit, SMK Negeri 2 Salatiga, SMK Muhammadiyah Salatiga, SMK Adi Sumarmo Colomadu, SMK Negeri 5 Surakarta, dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.

Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penjelasan mengenai proses pengembangan mobil Daihatsu

Menurut Sukardi, seorang guru dari SMK Negeri 1 Sawit, Boyolali mengatakan adanya fasilitas R&D Corner di Daihatsu Week merupakan sebuah fasilitas edukatif dan menambah wawasan para guru dan murid SMK di Jawa Tengah, sehingga lebih membuka mindset peserta terhadap teknologi dalam pengembangan mobil Daihatsu di Indonesia.

“Kami apresiasi ke Daihatsu yang berkomitmen menyediakan sarana edukatif seperti berbagi informasi seputar pengembangan mobil di R&D Center PT Astra Daihatsu Motor. Program ini juga membantu pihak sekolah (SMK) dalam mencetak lulusan lebih berkualitas dan lebih siap saat terjun di bidang industri otomotif,” ujarnya.

- Advertisement -