Turbo Fan dari TBW Bisa Dipasang di Berbagai Velg, Gofar Hilman: Konsep Ngakalin

- Advertisement -

NMAA News – Turbo Fan punya fungsi membantu pendinginan rem mobil. Melalui gerigi atau bilah-bilah di bagian dalam, peranti ini banyak digunakan oleh mobil balap Formula 1 pada era 1970 dan 1980.

Konsep tersebut diwujudkan Influencer Otomotif, Gofar Hilman di line up velg Turbo Bastard Wheel (TBW) ‘Dashing’.

Brand velg aftermarket pertama buatan Indonesia ini didaulat menjadi satu-satunya velg pertama yang mengusung sistem Turbodisc atau Turbofan oleh Rekor Otomotif Indonesia (ROI).

Dalam unggahan video terbaru Sekutomotif, Gofar Hilman menunjukan jika Turbofan tersebut dapat terpasang di sejumlah velg aftermarket populer.

“Buat ngejawab banyak pertanyaan sebelumnya, gua tunjukin langsung aja kalau Turbofan dari Turbo Bastard Wheel Dashing bisa dipasang ke berbagai velg. Kita coba di empat velg yang gua punya. Mulai dari BBS RS ring 15, BBS RS ring 16, velg kaleng bawaan Toyota Crown, sama Pirelli Cinturato,” ujar Gofar Hilman dalam video berjudul ‘Turbodisc TBW Bisa Dipasang di Velg Lain? #SEKUTOMOTIF’.

Foto: Youtube Sekutomotif

Dalam percobaan pertama, Gofar Hilman memasang Turbofan ke velg BBS RS ring 15 inci. Tanpa ada kendala, Turbofan tersebut dapat terpasang sempurna di bagian face velg.

“Secara fisik Turbofan TBW ini mirip sama kayak Turbofan BBS RS yang pernah gua beli di eBay. Tapi tetep ada bedanya, kalau TBW bakal lebih masuk ke face velg, tapi kalau bawaannya justru agak keluar,” jelas Gofar.

Foto: Youtube Sekutomotif

Ia melanjutkan, untuk para Car Enthusiast yang ingin mengejar fitment Turbofan TBW bisa terpasang mudah di BBS RS ring 15. Kesamaan dimensi velg dan hexagonal membuatnya mudah dipasang.

“Sedangkan kalau pakai BS RS ring 16 inci harus ada sedikit effort. Karena dia punya hexagonal lebih besar. Solusinya, harus dicoak besarin lubangnya sesuai sama lubang BBS RS 16 inci,” imbuh Gofar.

Foto: Youtube Sekutomotif

Lanjut ke percobaan velg Autostrada: Pirelli Cinturato, Gofar memasang bracket untuk dapat terpasang di bagian face pada velg dan Turbofan.

“Alhasil bisa nge-plug dengan sempurna. Tinggal memanfaatkan lobang yang ada di velg Cinturato. Setidaknya ada dua atau tiga supaya bisa terpasang lebih kuat,” ujar Gofar.

Terakhir, velg ring 15 inci bawaan Toyota Crown juga menempuh cara yang sama. Tinggal memanfaatkan lubang kosong di bagian face dan memasang bracket.

Perlu dipahami, dalam proses pembuatan bracket sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke tukang bubut. Supaya bisa menghasilkan ukuran lubang yang pas.

Foto: Youtube Sekutomotif

“Kalau di velg kaleng Toyota Crown ini lobangnya tinggal pasang bracket karena masih ada ruang tersisa. Kalau dirasa masih jelek karena ada lobang di luar Turbofan, tinggal pasang tutup dop. Jadi bisa disesuaikan sama velg di lu apa,” paparnya.

Gofar menyarankan, ketika ingin pasang Turbofan baiknya memilih model face velg yang rata. Atau biasa muncul pada beberapa velg kaleng.

Stok Menipis

Di akhir video, Gofar mengatakan kalau enggak mau ribet, velg Turbo Bastard Wheel ‘Dashing’ masih tersedia dalam ukuran PCD 4×100 dan 4×114. Tinnginya pesanan velg aftermarket satu ini berpengaruh terhadap stok yang tersedia.

Harga satu set TBW Dashing dilengkapi hexagonal dan mini cover bisa ditebus Rp 6 jutaan. Untuk spesifikasinya, TBW ‘Dashing’ mengusung konstruksi palang 5, Et 38 dan dimensi 15×7 inci. Sedangkan dua buah Turbodisc atau Turbofan, dijual terpisah dengan harga Rp 1,850 juta.

Seperti diketahui, dimensi velg 15×7 inci banyak digunakan di sejumlah mobil harian atau City Car di Indonesia. Misalnya Honda Jazz, Brio, Mazda 2, atau dua small MPV kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Pesan TBW ‘Dashing’ sekarang melalui e-commerce Tokopedia: Turbo Bastard Wheel

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,590PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles