Lewat Kampanye It’s Time for Everyone, Toyota Ajak Masyarakat Berkontribusi Capai Netralitas Karbon

0
- Advertisement -

NMAA News – PT Toyota-Astra Motor (TAM) lewat kampanye IT’S TIME FOR EVERYONE mengajak seluruh masyarakat mendukung program netralitas karbon sebagai upaya mencegah peningkatan risiko pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change).

Selain melakukan kampanye peningkatan kesadaran terhadap pentingnya netralitas karbon, TAM secara aktif juga melakukan aksi pengurangan emisi karbon (carbon reduction) dan melakukan carbon offset dalam berbagai bentuk inisiatif sejak beberapa tahun terakhir.

Kampanye ini dimulai dengan pengadaan waste station yang ditampilkan pada acara IT’S TIME FOR EVERYONE expo di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara yang menjadi stepping stone atau pijakan awal Toyota untuk kemudian menyediakan berbagai cara pengurangan emisi karbon lainnya.

Bekerjasama dengan Rekosistem untuk pengadaan, Toyota akan membangun waste station di berbagai titik di Pulau Jawa hingga 2023, di awali dari Jakarta, dan akan terus bertambah tiap tahunnya. Sampah anorganik yang dikumpulkan pada waste station ini kemudian akan diolah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) bersama tim Rekosistem.

“Netralitas karbon menjadi tujuan bersama. Pemerintah Indonesia menyatakan komitmen mencapai Net Zero Emission pada 2060 yang sejalan target prinsipal kami lewat Toyota Environmental Challenge 2050 merespon perubahan kondisi iklim. Lewat IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota sediakan akses masyarakat ikut berkontribusi dan bersama mengurangi emisi karbon demi masa depan lebih hijau,” kata Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Ke depannya, Toyota siapkan berbagai inisiatif Carbon Neutral Awareness, Carbon Reduction, dan Carbon Offset yang diharapkan mampu mengajak lebih banyak lagi masyarakat ikut berkontribusi menciptakan lingkungan yang baik.

Beberapa inisiatif yang dilakukan antara lain, menyelenggarakan Carbon Neutral Workshop terkait isu global warming dan tantangan lingkungan di masa depan dengan target penciptaan lebih dari 100 Agent of Change di 2023.

Sselanjutnya, menghadirkan lebih banyak pilihan kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan, memperkenalkan keterampilan eco safety driving lewat training of trainers untuk menciptakan lebih dari 85 eco safety driving trainer, hingga perbaikan ekosistem pantai lewat penanaman lebih dari 5.000 mangrove di 2023.

Sebelumnya, Toyota juga telah melakukan berbagai upaya popularisasi ekosistem kendaraan elektrifikasi di sejumlah kawasan wisata seperti Bali dan Danau Toba. Melalui dua EV Smart Mobility project ini Toyota berupaya membangun pariwisata lokal berbasis ecotourism sembari memberi kesempatan ke masyarakat mendapat pengalaman menggunakan kendaraan elektrifikasi, baik berbasis teknologi Hybrid EV (HEV), Plug-In Hybrid EV (PHEV) maupun Battery EV (BEV) dalam satu ekosistem terintegrasi.

“Lewat kampanye IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota membuka kesempatan lebih besar ke masyarakat Indonesia untuk berkontribusi bersama mencapai netralitas karbon. Kami yakin tiap individu punya cara masing-masing dalam mengurangi emisi karbon. Kami berupaya menyediakan berbagai pilihan produk maupun program ramah lingkungan yang dapat dipilih masyarakat sesuai kebutuhan dan lifestyle mereka,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Secara global maupun nasional, Toyota adalah pionir memproduksi maupun memasarkan kendaraan elektrifikasi. Di level global, Toyota memperkenalkan kendaraan listrik sejak 1997 dengan meluncurkan Toyota Prius Hybrid.

Di Indonesia, Toyota telah memasarkan kendaraan listrik sejak 2009 dengan mendatangkan Toyota Prius Hybrid Generasi ke-3. Sampai saat ini,  Toyota memasarkan lebih dari 7.021 unit kendaraan elektrifikasi lewat 15 model Toyota & Lexus yang berkontribusi pada pengurangan lebih dari 7.500 ton emisi karbon di Indonesia.

“Dengan ini semoga masyarakat bisa lebih aware terhadap kondisi terkini serta upaya penyelamatan lingkungan. Agar kedepannya diharapkan bisa ikut berkontribusi lewat preferensi caranya masing-masing menciptakan masa depan lebih baik dan hijau bersama Toyota,” pungkas Marketing Planning & New Business Division Head PT Toyota-Astra Motor, Lina Agustina.

- Advertisement -