BMW Alpina B5 GT Hanya Ada 250 Unit di Dunia, Tampang Eksklusif Bertenaga 625 HP

0
BMW M5 Paling Ganas Racikan Alpina | Foto: BMW/Alpina
- Advertisement -

NMAA News – Lebih dari 50 tahun debutnya meramu ulang tampilan dan performa line up kendaraan BMW, Alpina telah menawarkan unsur kenyamanan dan performa untuk para pecinta BMW.

Model terbaru BMW Alpina B5 GT menjadi varian terganas Alpina di unit BMW M5 yang dirilis secara terbatas hanya 250 unit dalam varian sedan dan touring.

Paling mendasar, para teknisi Alpina telah meracik ulang mesin V8 bi-turbo 4.4 L untuk menghasilkan tenaga mencapai 625 HP dan torsi puncak 850 Nm. Meskipun masih ada versi pasar Amerika Serikat (AS) dengan output tenaga 630 HP.

Foto: BMW/Alpina

Limpahan tenaga dari mesin disandingkan dengan transmisi ZF otomatis 8 percepatan yang menunjang kemampuan akselerasi dari diam hingga 100 kpj hanya 3,4 detik. Khusus varian touring diklaim mencapai 3,6 detik.

Sementara kecepatan maksimal versi sedan dan touring masing-masing dapat menjangkau 330 kpj dan 322 kpj. Khusus para pecinta kecepatan, Alpina membekali sistem knalpot sport tailpipe titanium warna hitam yang dipercaya mampu mendongkrak kinerja tenaga dan suara mesin lebih parau.

Dua model ini juga sudah menerima peningkatan handling agar dapat memberikan sensasi maksimal saat berkendara. Dilanjut turunnya poros belakang untuk memberikan center of gravity lebih baik.

Sementara itu, tenaga buasnya dapat ‘dijinakkan’ berkat hadirnya piringan cakram Brembo ukuran 395 mm di depan, dan belakang 398 mm.

Foto: BMW/Alpina

Rampung menyetel performa, Alpina menawarkan tampilan eksklusif dengan menambah part body kit seperti bumper depan, canard, dan splitter di bagian depan. Sedangkan bagian belakang, hanya mendapat model bumper belakang baru untuk memasok pipa knalpot baru.

Sektor kaki-kaki dipermanis oleh velg ukuran 20 inci dari katalog Alpina Classic dalam varian warna Marron Volciano dan penegasan edisi spesial B5 GT.

Foto: BMW/Alpina

Melongok ke ruang kabin, kesan mewah tersaji apik dari balutan jok kuli Nappa dalam beragam varian warna. Alpina juga melengkapi pilihan model kulit Full Merion maupun kulit Lavalina.

Tapi jika konsumen menginginkan versi sport, warna Dakota Learher, Black Alcantara, aksen interior warna biru atau motif kayu di dasbor dapat dipesan sesuai selera.

Soal harga, BMW Alpina B5 GT sedan ditawarkan setara Rp 2,3 miliar dan varian touring Rp 2,4 miliar. Kabarnya, siklus pengiriman akan dimulai pada Juli 2023 mendatang.

- Advertisement -