BMW Group Indonesia Raih Penjualan Tertinggi Selama 21 Tahun di Indonesia

0
- Advertisement -

NMAA News – Tahun 2022 merupakan tahun istimewa sekaligus kebangkitan BMW Group Indonesia selama keberadaannya di pasar otomotif Indonesia. Lepasnya Indonesia dari ancaman pandemi Covid-19 sekaligus menjadi momentum BMW Group Indonesia sukses meraih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia.

Sejak berdiri pada 2001, tepat di 2022 BMW Indonesia mampu mencetak penjualan 3,742 unit. Prestasi penjualan ini meningkat 21% ini dibandingkan hasil penjualan tahun sebelumnya (2021) yang hanya mencetak 3,102 unit BMW dan MINI.

Pertumbuhan signifikan ini merupakan prestasi membanggakan sekaligus bukti komitmen BMW dan MINI Indonesia sebagai pionir bidang elektrifikasi kendaraan di Year of Electromobility.

BMW iX xDrive40 Sport

Rekor penjualan tersebut terdiri dari 3,023 unit kendaraan BMW dan 719 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 24.2% (year-on-year) bagi BMW dan 7,5% (year-on-year) bagi MINI.

Pencapaian ini juga tandai pertumbuhan positif yang didasari rencana jangka-panjang yang berkesinambungan dan hasil sambutan positif para pelanggan ke model-model kendaraan terbaru dari BMW dan MINI di Indonesia.

“Setelah pandemi Covid-19 penuh tantangan untuk industri otomotif Indonesia, BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan 21% (year-on-year) dan 24,2% untuk brand BMW. Angka penjualan ini tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia. Ini menunjukkan BMW dan MINI maupun ragam layanan premium BMW Group penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Pertumbuhan luar biasa ini juga didorong rangkaian peluncuran kendaraan terbaru yang menarik – dimulai dengan All-New BMW Seri 2 Gran Coupé yang hadirkan desain provokatif dan teknologi terbaru, diikuti oleh peluncuran BMW X3 serta model kendaraan performa tinggi BMW X3 M dan BMW X4 M, serta masih banyak lagi.

MINI Electric

Secara total, BMW Indonesia luncurkan 20 model kendaraan terbaru sepanjang 2022, termasuk di dalamnya rangkaian kendaraan listrik: BMW i4 dan BMW iX.

MINI juga tidak kalah menarik dengan berbagai Special Edition mulai MINI Resolute hingga MINI Untold dan MINI Electric. BMW Group Indonesia juga meresmikan diler resminya  seperti di wilayah Pekanbaru dengan BMW Trans dan BMW MINI Approved Bodyshop BMW Ultima dengan standar BMW Global.

Penjualan tertinggi BMW tetap dipegang sedan BMW paling legendaris, BMW Seri 3 dengan 576 unit, tumbuh 19% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pencapaian ini tekankan posisinya sebagai ikon kenikmatan berkendara khas BMW.

Disusul dengan varian kendaraan BMW X, Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan BMW X3 (489 unit), pemimpin di segmennya BMW X5 (449 unit) tumbuh 78% dibandingkan periode tahun sebelumnya, dan BMW X1 (392 unit).

BMW i4 eDrive40 M Sport

Sedan bisnis paling sukses, BMW Seri 5 (Sedan dan Touring) hasilkan penjualan 294 unit. Sedan provokatif rakitan lokal terbaru, BMW 218i Gran Coupé hasilkan angka penjualan 251 unit di tahun pertama peluncurannya.

Penggemar kendaraan performa tinggi dari BMW juga meningkat signifikan, di mana BMW M Sseries yakni BMW M3 dan M4 mampu mencetak penjualan 136 unit. Keberhasilan lain juga dicapai kendaraan BMW paling mewah – BMW Seri 7 dengan total penjualan 84 unit, meningkat 29% dari total penjualan tahun lalu.

Sementara itu, MINI dengan keseruan berkendara khas go-kartnya sekali lagi buktikan ikon desain unik ini tidak pernah gagal menghadirkan senyum di wajah para pelanggannya. Tercatat penjualan 719 unit kendaraan hingga akhir 2022.

MINI Countryman rakitan lokal menjadi model paling populer dan favorit pelanggan dan Indonesia dengan 336 unit, diikuti 260 unit MINI paling legendaris: MINI 3-Door, termasuk di dalamnya MINI Electric yang diluncurkan pada Juni 2022.

New MINI Countryman

“Sampai jumpa di 2023, BMW Group Indonesia akan terus menghadirkan brand premium terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik di industri otomotif Indonesia. Jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) luar biasa pada GIIAS 2022, terutama rangkaian kendaraan full listrik BMW, tentunya berkontribusi signifikan kepada rencana berkelanjutan dan jangka-panjang BMW Indonesia,” pungkas Ramesh.

Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil luncurkan total 26 model dengan jumlah 20 model BMW dan 6 model MINI:

  1. BMW 218i Gran Coupé Sport
  2. BMW X3 sDrive20i xLine
  3. BMW X3 xDrive30i M Sport
  4. BMW 320i Sport
  5. BMW X3M Competition
  6. BMW X4M Competition
  7. BMW 530i Touring M Sport
  8. BMW X4 xDrive30i M Sport
  9. BMW iX xDrive40 Sport
  10. BMW i4 eDrive40 M Sport
  11. BMW 220i Coupé M Sport
  12. BMW Z4 sDrive30i M Sport
  13. BMW Z4 M40i
  14. BMW 840i Coupé M Sport Pro
  15. BMW 840i Gran Coupé M Sport Pro
  16. THE 8 X JEFF KOONS
  17. BMW M4 Edition 50 Jahre
  18. BMW 320i M Sport
  19. BMW 330i M Sport Pro
  20. BMW M4 CSL

Rangkaian kendaraan MINI:

  1. MINI Electric
  2. MINI 3-Door Resolute Edition
  3. MINI 5-Door Resolute Edition
  4. MINI Cabrio Resolute Edition
  5. MINI Electric Resolute Edition
  6. MINI Clubman Untold Edition

Tidak hanya produk terbaru, BMW Group Indonesia juga hadirkan berbagai program finansial premium saat Auto Show serta BMW Exhibition, mulai peluncuran program BMW Bliss serta peluncuran kartu kredit khusus BMW dan MINI hasil kerjasama Maybank.

Selain itu di 2022, BMW Group Indonesia bersama mitra strategisnya Allianz Worldwide Partners memperkenalkan penyempurnaan program BMW Roadside Assistance, layanan darurat terintegrasi BMW Group Indonesia bagi para pelanggannya.

- Advertisement -