Wuling Air ev, Mobil Listrik Paling Rasional yang Bisa Dicicil dari Rp 5 Juta

0
- Advertisement -

NMAA News – Jika Anda berpendapat bahwa mobil listrik mahal, berarti Anda kurang gaul. Saat ini, dari sekian mobil listrik yang dijual di Indonesia, Wuling Air ev merupakan mobil listrik paling terjangkau dari segi harga dan biaya perawatan.

Mobil-mobil listrik yang dijual saat ini harganya di atas Rp 700 juta, sementara harga Wuling Air ev jauh lebih murah atau terjangkau cuma dari Rp 243 juta, di mana setara dengan model-model LCGC (low cost green car) dan Low MPV (multi purpose vehicle) bermesin bakar internal.

Seperti mobil-mobil listrik pada umumnya, biaya operasional dan perawatan Wuling Air ev lebih ramah di kantong dibandingkan mobil-mobil bermesin bensin.

Pertama, para pemilik mobil listrik tak perlu isi BBM (bahan bakar minyak). Kedua, karena jumlah komponen mobil listrik lebih sedikit dibandingkan mobil bermesin bensin sehingga tak perlu biaya perawatan atau penggantian banyak, plus tak perlu ganti oli atau pelumas mesin.

Selain dua hal di atas, semua mobil listrik tidak mengeluarkan emisi CO2 yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, serta bergerak senyap – ini sangat menguntungkan ketika mobil listrik berselancar di dalam kompleks perumahan dan semua penghuni kabin.

Wuling Air ev diniagakan dalam dua pilihan varian, Standard Range dan Long Range. Masing-masing dapat menempuh jarak 200 kilometer dan 300 kilometer.

Foto: NMAA

Semua varian membawa baterai Lithium Ferro-Phosphate bersertifikasi IP67, motor listrik bertenaga 30 kW (40 HP) dan menganut system penggerak rear-wheel drive (RWD).

Mobil listrik mungil dan serbaguna ini juga dilengkapi dengan Easy Home Charging, di mana pemiliknya bisa mengisi daya baterai dengan mudah dan cepat dan dilakukan di rumah.

Easy Home Charging seperti halnya charger untuk laptop, di mana pengguna tinggal mencolokkan pada sumber listrik dan bisa langsung disalurkan ke mobil melalui kabel penghantar yang telah tersedia sebagai standar bawaan pengisian daya.

Selain itu, pengecasan juga bisa melalui Charging Pillar. Umumnya perangkat ini telah dilengkapi dengan charging gun sehingga bisa langsung dicolokkan ke mobil listrik. Pilar ini mampu meneruskan daya listrik hingga 7700 W. 

Varian Standard Range dan Long Range memiliki waktu atau durasi pengisian data baterai berbeda. Daya listrik Long Range mencapai 2.200 – 6.600 kwh, sedangkan daya listrik Standard Range 2.200 kwh.

Untuk durasi pengisian daya baterai tipe Standard Range (17,3 kWh / 115 V) 8,5 jam dengan sumber listrik 2,0 kW AC. Sedangkan waktu pengisian baterai tipe Long Range (26,7 kWh / 115 V) lebih singkat yakni 4 jam dengan sumber listrik 6.6 kW AC.

Wuling Air ev dikatakan serbaguna karena dapat memuat empat orang sekaligus dan membawa beberapa barang untuk ditaruh di bagasi belakang, meski dimensinya terbilang mungil (panjang 2.974 mm x lebar 1.505 mm x tinggi 1.631 mm).

Keuntungan dari dimensi yang sangat compact ini adalah memudahkan penggunanya saat melewati jalan-jalan sempit dan parkir di lahan yang sangat ketat.

Belum selesai sampai di situ. Wuling Motors melengkapinya dengan IoV (Internet of Vehicle), dimana control mobil ada dalam genggaman Anda, seperti menyalakan/mematikan AC, memagari mobil secara virtual sehingga tidak dicuri, memutar musik, dan lain-lain via smartphone.

Perintah suara berbahasa Indonesia WIND (Wuling Indonesia Command) hadir. Pemiliki bisa mengoperasikan AC, jendela, radio, dan lain-lain melalui perintah suara dengan Bahasa Indonesia.

Nah, pada awal 2023, Wuling Motors menggelar promo “New Year, New Drive 2023” yang bertujuan memudahkan para calon konsumen memiliki mobil-mobil Wuling termasuk Wuling Air ev.

Anda tinggal pilih uang muka rendah mulai dari Rp36.000.000,00 (on the road DKI Jakarta) atau cicilan ringan mulai dari Rp5.000.000,00 (on the road DKI Jakarta), maka mobil listrik ini akan menjadi milik Anda. 

- Advertisement -