NMAA News – Honda mengumumkan bahwa Yuki Tsunoda akan tampil mengendarai mobil balap Honda NSX GT3 Evo di acara premier show event di sirkuit Nürburgring, Jerman pada tanggal 9 September 2023.
Pembalap asal Jepang dari tim F1 Scuderia AlphaTauri tersebut akan tampil bersama pembalap F1 berpengalaman lainnya seperti Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel menggunakan Honda NSX GT3 Evo dengan livery balap milik tim F1 Scuderia AlphaTauri di sirkuit legendaris tersebut.
Sekitar 30.000 penggemar balap diperkirakan akan datang untuk menyaksikan pertunjukan ini serta pertunjukan menarik lainnya dari Red Bull di sirkuit Nürburgring, Jerman.
Mobil balap Honda NSX GT3 merupakan mobil spek balap yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan mulai digunakan pada tahun 2017 di ajang balap IMSA SportsCar Championship dan kemudian di ajang balap Super GT Series pada 2018.
Honda kemudian memperkenalkan serta menggunakan Honda NSX GT3 Evo pada 2019 dengan improvisasi hal aerodinamika, sistem pendinginan serta perangkat turbocharger terbaru. Honda berhasil menangkan kejuaraan IMSA SportsCar Championship dan Super GT Series pada tahun yang sama.
Pada 2022, Honda bersama Honda Performance Development dan JAS Motorsport kembali melakukan pembaharuan mobil Honda NSX GT3 Evo22 yaitu komponen intercooler, suspensi, dan lain sebagainya. Mobil ini akan digunakan di berbagai kejuaraan balap dunia hingga 2024.
Yuki Tsunoda mengatakan, “Nordschleife adalah sirkuit legendaris. Saya belum pernah berkendara di Nürburgring sebelumnya. Saya nantikan kesempatan ini di September mendatang. Saya tidak sabar mengendarai Honda NSX GT3 Evo sebagai mobil balap luar biasa dengan mesin terbukti di level tertinggi kompetisi GT3.”
Yuki Tsunoda telah menjadi bagian program tim Red Bull Junior dan juga Honda Drivers Development Program pada 2020. Pada tahun sama, ia berhasil menempati posisi ketiga di Kejuaraan balap FIA Formula 2. Tahun berikutnya, Tsunoda memulai debutnya di ajang balap Formula 1 bersama tim Scuderia AlphaTauri hingga kini.
Sirkuit Nürburgring pertama kali dibuka pada tahun 1927 dan merupakan sirkuit yang menantang dengan 73 tikungan, tanjakan cepat, dan turunan yang memberikan adrenalin tersendiri bagi para pembalap.
Salah satu paling menantang dari sirkuit ini adalah Carousel Caracciola, di mana ini merupakan tikungan curam dengan lempengan betonnya yang kasar. Sirkuit Nürburgring, Jerman juga sebelumnya pernah menjadi salah satu agenda balap Formula 1.