Supercar Bisa Nyerah Duluan, BMW M3 Competition Ini Hasilkan Tenaga 1.000 HP

0
Foto: Horse Power Technique
- Advertisement -

NMAA News – Dalam kondisi standar, sebetulnya BMW M3 Competition Xdrive berpenggerak semua roda terbilang punya power output besar. Mesin bensin 6 silinder segaris berkapasitas 2.993 cc twin-turbo sanggup hasilkan tenaga sampai 510 HP dan torsi 610 Nm.

Tetapi, seolah belum puas dengan lonjakan besar di model sedan sport ini, rumah modifikasi asal Swiss, Horse Power Technique (HPT One X) kembali meracik ulang performa mesin agar tenaga tersebut melonjak drastis.

Proyek modifikasi bernama HPT-M3 masih mengandalkan sistem penggerak semua roda Xdrive meski lonjakan tenaga kini melimpah. Menurut klaim sang tuner HPT-M3 sanggup melesat samapi 2,3 kpj hanya dalam 100 detik hingga menembus angka 4,2 kp dalam 200 detik kemudian.

Performa mengesankan ini dibuktikan juga pada pengujian sprint 800 meter lebih dengan raihan kecepatan 296 kpj.

Foto: Horse Power Technique

Racikan ganas HPT-M3 membidik ubahan cukup masif di sektor jantung pacu. Alhasil, kini power output mesin 6 silinder tersebut bisa menembus sampai 1.000 HP dan torsi 1.200 Nm.

Fokus para tuner saat menggarap sektor mesin secara ekstensif pertama kali menyasar bagian internal mesin lewat penggantian jenis piston standar  ke versi forged piston, connection rod merek IRP, dan bagian katup mesin.

Ubahan ini kemudian berlanjut ke sektor doping tenaga. turbocharger standarnya sudah diganti dengan produk aftermarket besutan Turbo Technik Hamburg / TTH untuk memastikan tekanan turbo lebih besar di ruang bakar. Diikuti suplai bensin lebih deras melalui ubahan pada injektor 950 agar mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar mesin.

Foto: Horse Power Technique

Penyempurnaan selanjutnya tertuju pada pembaharuan sistem komputer dan perangkat lunak ECU. Tujuannya agar bahan bakar dengan angka oktan 98, oktan 102, dan E85 atau bioetanol dapat memantik proses pembakaran lebih baik. Ubahan lain hanya dijelaskan pada pengantian sistem knalpot saja.

Lantaran, untuk menanggung tenaga dan torsi barunya kini para tuner masih mempertahankan transmisi otomatis 8 percepatan yang sudah menerima kopling konverter baru untuk menghasilkan lonjakan dari segi kurva torsi saat duduk di atas mesin dyno.

Foto: Horse Power Technique

Usai sektor tenaga meningkat, kini giliran sektor kaki-kaki ikut dirubah ke versi aftermarket velg forged merek PS3 dalam ukuran 10+11(18,2+20) inci. Setup velg dituntaskan oleh ban performa tinggi Michelin ukuran 275/30ZR20 dan 295/25R21.

Supaya tetap anteng melahap tikungan tajam, suspensi standar hanya mendapat ubahan pada bagian per sokbreker dari merek AST.

Foto: Horse Power Technique

Sampai sekarang, HPT One X kepada laman forma car mengaku masih terus melakukan sejumlah improvement. Sebab, menurut klaim mereka ini merupakan versi BMW M3 Competition Xdrive terganas yang pernah ada.

Belum banyak modifikasi di beberapa sektor lain. Ruang interior saja baru mendapat opsi penggantian kain jok, dan sabuk pengaman Schroth. Sisanya BMW M3 Competition ini baru memulai opsi diet bobot alias weight reduction, tak lain untuk membuat bobot mobil lebih ringan sehingga berpengaruh terhadap kemampuan lesatnya.

- Advertisement -