Ultah VBC ke-41 Tahun Diwarnai Konvoi Simpatik dan Silaturahmi Antar Pemilik VW Lawas

0
- Advertisement -

NMAA News – Tepat 6 Juni 2023 lalu, salah satu klub penggemar Volkswagen Beetle atau lazim disebut VW Kodok di Tanah Air yakni Volkswagen Beetle Club (VBC) merayakan hari jadinya yang ke-41 tahun. Perjalanan klub VW selama puluhan tahun tersebut, menurut R. Adi Endjun, Ketua Umum VBC saat ini, bukanlah hal mudah.

Menurutnya, usia 41 tahun menunjukkan perjalanan klub ini tentunya tidak semudah dibayangkan dan merupakan hal luar biasa bagi sebuah klub. Usia semakin matang bagi sebuah klub atau komunitas adalah hal yang patut disyukuri karena tentunya telah melewati berbagai rintangan dan cobaan dalam berbagai perbedaan.

“Namun, berkat solidaritas dan kekompakan tinggi klub ini, Volkswagen Beetle Club tetap kuat dan eksis hingga saat ini,” ujar R. Adi Yunadi Endjun, Ketua Umum VBC saat ditemui sebelum melepas rombongan VBC dan klub VW se-jabodetabekban berkeliling konvoi simpatik seputaran Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, Minggu (11/6/2023).

Ditambahkan Adi, sebenarnya VBC ulang tahun pada 6 Juni. Namun acara syukurannya tidak bisa disegerakan. “Karena banyak pertimbangan, hari yang luang adalah Sabtu ini gunak menggelar momen terbaik ini. Usai berkonvoi, kami akan menggelar anniversary di Papabro, MotoVillage di Kemang,” ujar pemilik pertama VW ID.Buzz itu.

NMAA berkesempatan mengabadikan momen syukuran konvoi HUT VBC ke-41 tahun ini dari kabin VW Beetle ‘Herbie’ ragtop milik Capt. Fuad, Ketua Umum Cibubur Volkswagen Community (CVC).

Meramaikan syukuran ulang tahun ke-41-nya ini, VBC menggelar ‘morning drive’ berupa konvoi keliling jalur hits era 1980-1990-an di seputaran Jakarta Selatan hingga Jakarta Pusat. “Konvoi ini merupakan unjuk eksistensi VBC untuk meraih simpati publik. Kita lakukan dengan mematuhi pertaturan lalin dan berlangsung di bawah pengawalan Polisi,” imbuh Yoyok Waluyo, salah saorang panitia acara VBC. 

Rute konvoi simpatik guna menarik perhatian masyarakat ini menempuh jalur start dari Pondok Indah Plaza – Radio Dalam – Kyai Maja – Asia Afrika – TVRI Senayan – Semanggi – Sudirman – Bundaran HI – Sudirman – Senopati – Prapanca – dan finish di Restoran Papabro Cafe Motovillage yang pemiliknya juga merupakan anggota VBC.

Tercatat saat pelepasan bendera start, peserta konvoi ultah 41 tahun VBC ini diikuti hingga 54 kendaraan VW lawas yang didominasi VW Beetle. Selain itu hadir pula tipe lainnya seperti VW Kombi, VW Variant, VW Safari, hingga VW Karmann Ghia.

Selain anggota VBC, peserta konvoi juga datang dari klub VW di seputaran wilayah Jabodetabekban. Yakni Volkswagen Van Club (VVC), Frogs and Bread, Indonesia Volkswagen Society (IVS), Volkswagen Bekasi, Cibubur VW Community (CVC), VIA Korwil Jabodetabekban, VWeekenders, Super Beetle Owners (SBO), Type-3 Lovers (T3LO), hingga Volkswagen Tangerang (VOLTA).

Melalui perayaan ini, Adi berharap bisa semakin membangkitkan kecintaan para anggota baik yang aktif maupun non-aktif untuk kembali menggelorakan eksistensi VBC di tengah kesibukan harian masing-masing. Anggota VBC yang mencapai 400-an diharapkan masih memiliki kecintaan sama terhadap VW Beetle di Indonesia.

“Kami bahagia hari ini bisa kembali menjalin silaturahmi dan menjadi bagian dari keluarga besar Volkswagen Beetle yang solid melalui perayaan sakral ini. Semoga ke depannya klub ini semakin baik dan menjadi tempat berkumpul penggemar VW di Indonesia, kita menjadi satu keluarga,” pungkas R. Adi Yunadi Endjun.

Sementara Ketua Umum Volkswagen Indonesia Asosiasi (VIA) Komjen Pol. (Purn) Drs. Nanan Soekarna yang berkesempatan hadir juga berharap dan mengimbau, anggota VBC tetap kompak, guyub dan memiliki kepedulian sosial terhadap masyarakat sesuai visi misi VIA.

“VIA mengapresiasi HUT VBC yang kini sudah masuk 41 tahun. Semakin dewasa dalam bersikap dan membuat kegiatan serta bisa mengayomi seluruh anggotanya agar aktif dan menjaga marwah organisasi. Jangan lupa untuk terus peduli sosial sesuai visi misi VIA yang fun, unity, harmoni,” sebut Nanan.

Ketua Umum Volkswagen Indonesia Asosiasi (VIA) Komjen Pol. (Purn) Drs. Nanan Soekarna (kiri) yang berkesempatan hadir juga menekankan agar VBC tetap kompak, guyub dan memiliki kepedulian sosial terhadap masyarakat sesuai visi misi VIA.
Ketua Umum VBC, Adi Yunadi Endjun bersama salah satu VW Beetle kesayangannya

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Volkswagen Van Club (VVC) Irjen Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM., yang turut hadir khusus mengikuti acara ini dengan VW Beetle 1302-nya juga menyampaikan selamat dan apresiasi tinggi atas berlangsungnya syukuran ulang tahun VBC ke-41.

“Selamat untuk VBC dan semoga lebih sukses mewujudkan tujuan sesuai yang telah diprogramkan oleh pengurus. Saya berharap program VBC yang selama ini sudah sejalan berkolaborasi dengan VVC dalam berbagai kegiatan dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan,” ujar Pudji.

Selaku Ketua Umum VVC, Pudji yang kini menjabat sebagai Komisioner Kompolnas, juga mengajak semua klub otomotif -bukan hanya klub VW saja- dan semua pihak untuk selalu tertib dan berdisiplin dalam berkendara. Anggota klub otomotif diharapkan menjadi suri teladan yang baik dalam berlalu-lintas.

Ketua Umum Volkswagen Van Club (VVC) Irjen Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM. (kiri), yang turut hadir khusus mengikuti acara ini dengan VW Beetle 1302-nya memberikan ucapan selamat dan salam persahabatan untuk Adi Yunadi Endjun (kanan) sebagai Ketua Umum VBC yang juga anggota VVC.

“Sehingga setiap pihak dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas. Mari berikan contoh teladan berkendara yang baik dan disiplin ke semua lapisan masyarakat,” ujar Pudji yang juga mantan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kakorlantas Polri) periode 2012-2014.

Pada jelang akhir acara, VBC juga menyiapkan pelantikan 5 anggota barunya. Jika dulu pelantikan anggota VBC baru sah dilakukan apabila si anggota baru tersebut disiram oli mesin bekas. Namun, seiring perkembangan kondisi, oli mesin bekas tersebut kini ‘hanya’ diganti siraman air minum mineral. “Lebih manusiawi dan berbudaya,” tandas Gregory Ray Goeller, Ketua Harian VBC.

Acara finish di Papabro Cafe Motovillage ditutup dengan tiup lilin dan pemotongan nasi tumpeng serta kue ultah yang dilanjutkan dengan makan siang bersama seluruh peserta dan undangan klub lain. Tambah semarak ketika band Tommy and Friends menghibur dengan lagu-lagu hits di era 1080-1990-an.

Selanjutnya, menutup obrolan jelang bubaran, Adi Yunadi Endjun juga menginfokan kalau VBC kini punya tempat resmi kumpul atau sekretariat untuk menjadi tempat kumpul dan diskusi santai yang berlokasi di Anami Cafe, Senopati, Jakarta Selatan.

“Biasanya, bagi yang punya waktu, kami mulai kumpul mulai sore sekitar pukul 16.00-an   hingga selesai,” jelas Adi. Bagi pemilik dan pecinta VW Beetle yang ingin bergabung, Adi menyilakan untuk bisa beranjangsana ke lokasi sekretariatan VBC ini. “Tambah teman, jalin silaturahmi. Bikin sehat, panjang rejeki, dan umur, Aamiin,” pungkasnya sambil tersenyum.

 

 

- Advertisement -