Jajal Perdana Seres E1 di GIIAS 2023, Praktis dan Gesit sebagai Mobil Perkotaan

0
- Advertisement -

NMAA News – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, dimanfaatkan PT Sokonindo Automobile untuk meuncurkan resmi kendaraan listrik mungil andalannya, Seres E1.

Sebelum memulai impresi pertama mencoba Seres E1 di seputaran pameran GIIAS 2023, Rinaldi Ramdani selaku Training and Product Development DFSK Sokonindo Automobile memberikan penjelasan teknis mengenai kendaraan mungil listrik perkotaan ini.

Seres E1 hadir dengan dua tipe, Type B dan varian L. Keduanya dibedakan pada kapasitas baterai, kemampuan jarak tempuh dan beberapa pernik eksterior. Namun secara dimensi, keduanya berukuran sama. “Perbedaan eksterior terlihat pada roof-rail yang hanya ada di varian L,” jelas Rinaldi.

“Kami keluarkan dua varian dengan perbedaan mencolok pada kapasitas baterai dan kemampuan jarak tempuh. Seres E1 difokuskan bagi mereka yang punya aktivitas tinggi dalam kota namun tetap ingin efisien dalam pengoperasian keseharian,” imbuh Rinaldi.

Yang menarik, selain memiliki desain lebih luwes dan kekinian dibanding kompetitornya, Seres E1 memiliki bodi kompak sehingga mudah dibawa berkelit di tengah padatnya lalu lintas Ibukota yang padat.

Seres E1 mengusung dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm. Terkait soal performa, Seres E1 Type B dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh.

Dengan kapasitas baterai tersebut, Seres E1 Type B mampu menempuh jarak 180km dari kondisi baterai penuh. Posisi motor elektriknya berada di roda belakang dengan kemampuan torsi 100 Nm dan tenaga setara 34 PS.

Sedangkan Seres E1 Type L dibekali baterai Lithium Iron Phospate sebesar 16,8 kWh yang dikombinasikan motor listrik Permanent Magnet Synchronous berdaya 30 kW atau setara 41 PS dan torsi 100 Nm. Seres E1 Type L memiliki kemampuan jarak tempuh maksimal hingga 220 km.

Guna mengetahui impresi perdana mobil listrik mungil Seres E1, PT Sokonindo Automobile memberi kesempatan ke tim redaksi NMAA.co.id guna menjajal langsung performa singkat dan handling yang bisa dirasakan dari lintasan mini yang disediakan di GIIAS 2023. Varian yang kami coba, Seres E1 Type B.

Kendati lintasan uji coba berjarak cukup pendek, namun karakter Seres E1 mampu memberikan sedikit gambaran karakternya. Kendati kabin terlihat mini, namun saat masuk kabin dan berada di belakang kemudi, posisi duduk mengemudi cukup nyaman.

Masuk kabin Seres E1 ibarat masuk dalam sebuah mobil ‘mainan’. Warna biru muda yang funky begitu kuat menggoda dan memberi kegemasan tersendiri bagi mereka yang berafiliasi ke elemen gaya hidup.

Desain dashboard meski terlihat simpel, namun tetap modern. Jok depan kanan-kiri dilengkapi headrest dan masih disetel manual. Yang menarik, posisi duduk nyaman dengan ergonomi mirip mobil konvensional. Kabin Seres E1 sendiri dirancang untuk empat penumpang.

Hal ini yang tentunya di luar ekspektasi saya yang cenderung mengambil kesimpulan awal, kalau mobil listrik mini ini bakalan sempit, tidak leluasa. Kontur jok berikut penyetelan maju-mundurnya cukup mengakomodir postur tubuh saya dengan tinggi 173cm, dan bobot sekitar 90kg.

Panel instrumen simpel dan mudah dipantau, memudahkan bagi mereka yang baru bisa menyupir. Begitupun perpindahan transmisi dari mode ‘N’ ke ‘D’ juga berlangsung ringan. Buat seorang pemula, hal ini tentunya memudahkan tanpa perlu kawatir.

Tampilan dashboard Seres E1 Type B lebih sederhana meski masih mengadopsi teknologi touchscreen. Sedangkan Type L atau tertinggi dilengkapi instrument cluster full digital berukuran 7 inci, serta head unit dengan layar 8,8 inci.

Transmisi perpindahan gigi Seres E1 cukup unik. Pasalnya, perpindahannya berupa tombol mungil pipih pada panel transmisi yang digerakkan dengan menekan ke atas atau bawah untuk perpindahannya dan terletak di sisi kiri setir kemudi bukan di konsol tengah.

Begitu pedal gas diinjak, di sini baru terlihat kalau Seres E1 meski mungil namun cukup responsif berakselerasi. Lintasan mini test drive jadi terasa terlalu pendek untuk sebuah keinginan menginjak pedal gasnya lebih dalam lagi.

Pergerakan setir terasa ringan dan gurih saat diajak bermanuver. Oiya, saya juga sempat mencoba beberapa obstacle seperti melewati tanjakan hingga jalan khusus yang digenangi air. Semuanya dilewati dengan aman terkendali. Sekaligus menjadi pembuktian kalau Seres E1 aman melewati genangan banjir hingga setengah bannya.

Bicara soal keamanan dan fitur keselamatan, Seres E1 telah dilengkapi Seat Belt Reminder, Isofix, Tire Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, Parking Sensor, Electric Parking Brake with Auto Hold (varian Type L), Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Electronic Stability Control (ECS).

Sedangkan Type L selain mengadopsi semua fitur Type B, juga dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, Brake Assist, airbag system, Traction Control System (TCS), Eco/Sport Mode, Event Data Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Cruise Control, Charging Status Display dan Energy Managing Display.

Seres E1 Type B sebagai varian terbawah, dibanderol Rp 189 juta. Sementara Type L dengan jarak tempuh lebih jauh, dilego dengan banderol Rp 219 juta.

- Advertisement -