Lexus IS300 Racikan Drifter Jepang, Fokus Dongkrak Performa dan Handling

0
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Di tengah rutinitasnya berlatih drifting untuk terjun di sejumlah kompetisi, Pro Drifter asal Jepang, Ken Gushi sering merasa bosan.

Ia mengutarakan perasaan tersebut kepada kanal motortrend sembari mengungkap ‘mainan dansa’ terbarunya yang konon mengangkat konsep sleeper car.

Alih-alih dimodifikasi seperti mobil drift Toyota GR86, Toyota Chaser, GR Corolla, atau Lexus IS500. Model lawas Lexus IS 300 (2002) milik Ken justru lebih ‘ramah’.

Mobil berkelir hitam legam itu menyembunyikan euforia bagi Ken dalam menikmati kesehariaan di luar penatnya ajang motorsport.

Foto: motortrend

Bisa dibilang, nyaris tanpa perawatan! Kondisi Lexus IS300 justru seolah mirip seperti pulang balapan. Tidak ada livery, bagian bodi pun masih terlihat finishing mentah.

“Saya enggak perlu memperhatikan tampilannya. Buat bersenang-senang saja mengendarai mobil ini di akhir pekan. Tidak ada konsekuensi berarti selain membuat koleksi ban habis, atau membiarkan mesin terus meletupkan tenaga,”ucap Ken seperti dikutip nmaa.co.id dari laman web motortrend.

Mobil drift sekaligus kendaraan harian Ken menyimpan racikan modifikasi proper buat mendukung aksi drifting.

Foto: motortrend

Dibalik kap jantung mekanisnya telah dibekali unit mesin 1JZGTE yang didukung satu set turbocharger Trust T67-25G dilengkapi GReddy intercooler, blow-off valve, turbo blanket dan HPS piping, juga TiAL 44mm wastegate.

Untuk menghasilkan peningkatan kinerja mesin, part penyuplai udara mengandalkan intake baru. Kemudian, berlanjut ke sistem gas buang mencakup exhaust manifold, downpipe, dan custom exhaust.

Foto: motortrend

Di sektor pengolah bahan bakar, Ken melengkapi ubahan dengan pompa bensin besutan Walbro supaya bisa memberikan suplai bahan bakar lebih baik ke ruang mesin.

Diikuti pemasangan Radium Engineering fuel rail, fuel pressure regulator, dan Alpha Injection injectors.

Sedangkan sistem pendingin mesin kini diserahkan ke radiator Koyo N Flo.

Seluruh tuning dari mesin kemudian dituntaskan oleh Link Xtreme G4X management.

Foto: motortrend

Rampung meramu ulang tenaga, Ken melanjutkan ubahan di sektor kaki-kaki. Mobil berpenggerak dua roda belakang (RWD) tersebut telah ditopang suspensi coilover KW Suspensions V3 agar lebih kokoh.

Penggantian suspensi juga diikuti komponen Knuckle super angle Wisefab front Pro-Lock kit yang memungkinkan beberapa teknik drift dapat diterapkan lebih optimal.

Sedangkan sektor roda, dipilih velg Gramlights 57FX 18x(8.5+10) inci dengan besaran offset +45 dan +12. Dibalik roda, peranti rem berupa piringan cakram dan kampas rem Project MU siap mengawal deselerasi kecepatan dengan tetap mempertahankan kaliper rem orisinal.

Foto: motortrend

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, modifikasi Lexus IS300 milik Ken Gushi dikonsepka sebagai mobil drift harian. Maka dari itu, ruang interior masih terbilang minim ubahan. Hanya dilengkapi jok bucket Sparco dan setir kemudi Nardi.

Begitu pun bagian luarnya, supaya rapi Ken hanya membalut seluruh bodi dengan Avery vynil wrap. Selain itu, melengkapi satu set aero kit Ascura Garage yang membantu hasilkan kemampuan aerodinamika agar mobil makin stabil.

Foto: motortrend
- Advertisement -