NMAA News – Perusahaan kimia terdiversifikasi terkemuka dunia, SABIC, resmi umumkan penggunaan materialnya untuk mobil balap Genbeta yang dinobatkan sebagai kendaraan bermotor dalam ruangan tecepat di dunia oleh Guinness World Records. Genbeta saat ini dipajang di Hankook London E-Prix 2023 sejak Sabtu (28/7/2023).
Genbeta berhasil memecahkan rekor dunia bersama pembalap mobil ABB FIA Formula E World Championship Jake Hughes (Tim NEOM McLaren Formula E) dan Lucas di Grassi (Mahindra Racing). Kecepatan mobil ini ditunjukkan dalam format Duals untuk kualifikasi balapan Formula E.
Jake Hughes mencapai kecepatan tertinggi pada 218,71 km/jam, mencapai rekor dunia baru. Kendaraan yang digunakan merupakan bagian proyek pengembangan dan inovasi Genbeta yang ditujukan mengeksplorasi material dan teknologi baru mobil balap dan jalanan masa depan.
Memanfaatkan keahlian pengembangan aplikasi dan ilmu pengetahuan material mereka, SABIC mendukung pengembangan desain dan inovasi dari beberapa bagian dari mobil Genbeta.
Dibuat berdasarkan mobil GEN3, SABIC membantu pengembangan mobil listrik tercepat, teringan, terkuat, dan paling efisien yang mendukung ambisi perusahaan untuk mengakselerasi elektrifikasi dan netralitas karbon dunia.
Peran SABIC dalam program Genbeta dan integrasi mobil merupakan bagian dari kemitraan inovasi kolaboratif dengan FIA World Championship all-electric pertama di dunia.
Material SABIC yang diintegrasikan dalam pembuatan mobil Genbeta merupakan termoplastik yang dikembangkan khusus untuk memberi kebebasan mendesain melalui kemampuan inheren dalam proses pencetakan dibanding material lainnya.
Termoplastik tersebut dapat meningkatkan aerodinamika kendaraan sehingga berkontribusi dalam peningkatan performa akeselerasi dan kecepatan.
Material SABIC termasuk di dalam:
- Sisi ujung sayap depan – Dipasang pada sisi luar ujung sayap depan kendaraan, elemen ini dibentuk dengan manufaktur aditif atau proses 3D printing yang dikenal sebagai fused deposition modeling. Elemen ini merupakan elemen integral dalam mengatur alur angin di sekitar ban depan untuk mengurangi drag dan berkontribusi dalam menjaga kestabilan dan downforce
- Wheel fins – Komponen berikut dibuat melalui cetakan injeksi dengan termoplastik keberlanjutan SABIC yang didaur ulang secara mekanis dan merupakan bagian dari portofolio materi sirkular TRUCIRCLETM. Komponen ini dipasang pada pelek dengan pola melingkar, seperti spokes, ditujukan untuk mengoptimasi alur udara dan mengurangi drag aerodinamika agar meningkatkan performa akselerasi dan kecepatan. Sebagai manfaat tambahan, fins ini juga dapat meningkatkan efisiensi mobil secara umum dan membantu menurunkan suhu rem sehingga meningkatkan kemampuan rem.
- Deflektor angin – Bagian transparan ini dilapis produk lapisan termoplastik, dibuat melalui proses ekstrusi dengan materi bio-renewable dan rendah karbon dari portofolio TRUCIRCLETM. Komponen ini dipasang pada sisi depan kokpit, di depan pembalap, dan mendukung optimisasi alur angin untuk mengurangi drag sehingga meningkatkan performa kecepatan.
Melalui kolaborasi SABIC dengan Formula E dan mitra lainnya, SABIC menggunakan portofolio termoplastik yang terus dikembangkan dalam platform solusi terdedikasi untuk elektrifikasi (BLUEHEROTM) dan ekonomi sirkular (TRUCIRCLETM).
Pertama kali diumumkan sebagai Principal dan Innovation Partner seri balap mobil listrik ini pada 2022, SABIC berkomitmen terus bekerja sama dengan Formula E dalam pengembangan solusi termutakhir yang mendorong inovasi teknologi kendaraan listrik dan memajukan praktik berkelanjutan dalam ekosistem dan operasi lebih luas cabang olahraga ini.
Sebagai bagian partisipasinya dalam London E-Prix, SABIC berpartisipasi dalam konferensi tingkat tinggi inovasi berkelanjutan Formula E bertajuk “Change. Accelerated. Live.” Di mana pada diskusi panel ‘The Power of Prototypes’, mereka mendiskusikan dampak positif proyek pengembangan seperti Genbeta untuk industri kendaraan listrik dan dunia.