NMAA News – Hot hatchback besutan Automaker Jerman, Volkswagen (VW) Golf R menghadirkan sensasi berkendara terbilang jadi salah satu mobil legenda VW selain Beetle.
Saat pertama kali mengaspal pada 1974 silam, sampai sekarang generasi MK8 masih menjadi pilihan car enthusiast. Bahkan dipilih sebagai basis modifikasi.
Bukan lagi berbicara soal estetika, tuner VW asal British Columbia Kanada, HPA Motorsports memilih VW Golf R untuk hadirkan eksperimen di sektor performa.
Sebelumnya, para tuner HPA Motorsports telah menentukan penggantian mesin untuk menunjang tenaganya agar tarikan mobil semakin bertenaga.
Generasi VW Golf R tahun 2018 sampai 2019 dengan transmisi DQ381 DSG dipilih oleh HPA Motorsports dengan alasan bobot mesin yang terbilang rendah.
Mesin ini dibidik untukhasilkan tenaga mencapai 500 hp dengan dukungan turbocharged dan penyetelan khusus.
Paket modifikasi bernama HPA VR550T dikabarkan bakal segera diproduksi sebagai tribute dari mesin V6 pabrikan VW yang telah diskontinyu di awal tahun 2023.
Pihak pabrikan pernah mengumumkan sebuah rumor jika nantinya Arteon R VR6 akan diandalkan lagi. Tetapi belum menyebut secara lebih rinci.
Meski mesin ini tidak begitu familiar untuk pasar Amerika, konfigurasi VR6 berkapasitas 2.500 cc (DDKA) justru akan banyak beredar di pasar China.
Sebab, bagi HPA Motorsports mesin ini hadir membawa solusi dari buruknya kualitas bahan bakar di China sekaligus menjadi pilihan instan dalam mendongkrak performa VW Golf R.
Untuk memenuhi syarat sebagai mesin donor, HPA Motorsports menekankan pemilihan VW Golf R keluaran 2018 sampai 2019. Nantinya mesin V6 ini akan mendapat sejumlah ‘vitamin’ yang mendukung peningkatan kinerja.
Di antaranya turbocharged hybrid, camshaft, head silinder dilengkapi peningkatan pada bagian valve, air intake baru, sampai knalpot sport. Supaya aliran bahan bakar semakin deras di ruang silinder, HPA Motorsport juga menambahkan fuel rail, fuel pump, dan pengontrol khusus.
Begitu pun dengan sistem pendinginan dari intercooler untuk menurunkan suhu udara panas sebelum mencapai ruang bakar mesin. Jantung mekanis VR6 kemudian disandingkan dengan transmisi kopling ganda untuk mengolah tenaga ke sistem penggerak roda.
Di tahap final ECU OEM VW Golf masih diandalkan, tetapi sudah di remap ulang agar bisa menakar bahan bakar sesuai kebutuhan mesin.
Sebagai tambahan, HPA Motorsports juga menawarkan part ringan di bagian bodi dengan material berbahan serat karbon, emblem VR550T dan plakat berisikan nomor seri paket HPA VR550T di dasbor.
Paket ini disebutkan tersedia mulai 40.000 USD atau setara Rp 633 juta dalam kurs rupiah.
Angka yang tidak murah ini sebanding dengan part donor yang mampu menjawab para pemilik Golf R setelah pabrikan justru meninggalkan mesin VR6.