NMAA Proper Modz – Toyota AE86 menyimpan banyak potensi modifikasi. Bisa mengadopsi tampang zenki-kouki, jadi mobil drift, showcar atau bahkan sleeper car.
Meski basis mobil keluaran 1980-an ini sudah terbilang langka dan cukup berumur, bukan jadi alasan bagi HPT Motosport membiarkan liftback JDM ini tetap standar.
Secara visual, mobil berjuluk ‘Hachi Purple’ mampu menyita perhatian pengunjung di samping kiri main stage OLX IMX 2023.
Paling dinanti dari Toyota AE86 Trueno ini rupanya berasal dari kejutan di balik kap mesin. Sebab, Jantung pacu 4A-GE sudah digeser dari engine bay dan digantikan mesin 2.0L DOHC berkode 3S-GTE milik Toyota Celica dengan mengaplikasikan hard-tune oleh Progressive Motorsport.
Paling mendominasi, terlihat suntikan doping performa dari turbo lansiran Owen yang memberi proporsi tenaga tambahan didukung custom intake dan exhaust manifold.
Untuk mendongkrak tekanan kompresi, ruang silinder sudah dibenamkan JE Piston, Eagle conrod, dan ACL bearing.
Penyesuaian juga hadir usai memasang BC camshaft untuk mengatur lama pembukaan katup masuk dan keluar sesuai kebutuhan mesin yang berpengaruh pada tahap peningkatan rasio kompresi.
Lanjut ke bagian lain, valve spring dan retainer dari Supertech berperan mengimbangi suplai bahan bakar dari tangki melalui fuel pump Walbro 440 lph sampai mengalir ke injektor 1.050 cc.
Ditambah lagi suntikan Haltech Elite 1500 yang mendorong potensi tenaga sampai rentnag 500 – 600 hp. Peningkatan tenaga dari mesin legendaris reli dunia ini dibarengi oleh upgrade sistem pengereman AP Racing.
Supaya suspensi lebih stabil dan kokoh, coilover ISX Type 2 memberikan daya cengkram sempurna. Disusul pemilihan velg Work Equip Anniversary Limited Edition 15x(8.5+10 inci) dijahit ban Toyo R888.
Menu modifikasi selanjutnya menyasar ke bagian bodi eksterior dengan pemilihan warna ungu gelap ditambah part ekstensi bodi yang prosesnya dirampungkan oleh FA Autoworks.
Masuk ke interior, kesan racing ditonjolkan dari pemilihan part aftermarket. Dua buah jok TRD limited sport seat, setir kemudi MOMO prototipo carbon steering wheels, dan TRD Shiftknob, dan pedal set Sparco berkontribusi hadirkan nuansa mobil spek kompetisi.
Begitu pun dengan hadirnya rollbar dari Cusco dilengkapi berbagai indikator lansiran Defi, seperti tachometer, boost meter, oil press, dan waterpump. Serta AEM water metanol injection membantu dalam mengatur sistem pendinginan mesin.
Spesifikasi Modifikasi
Eksterior:
Custom bodykit and painted by FA autoworks
Kaki-kaki:
Isx coilover
Work equip anniversary limited edition wheels
Toyo R888 tyres
Big brake kit ap racing
Mesin:
3S-GTE
Oem crankshaft
JE Piston
Eagle Conrod
ACL Conrod Bearing
ACL Main Bearing
ACL Trust Bearing
Valve Spring Supertech
Retainer Valve Spring Supertech
BC Camshaft
HKS Camgear
Twinplate Competition clutch
Owen turbo
Custom intake manifold
Custom exhaust manifold
FIC Injector 1.050 cc
Walbro 440 lph fuel pump
OEM direct injection
Haltech Elite 1500
Interior:
TRD limited sport seat
MOMO prototipo carbon steering wheels
Cusco rollbar
TRD shift knob
Defi tachometer
Defi boost meter
Defi fuel press
Defi oil press
Defi water temp
Sparco pedals
Aem water metanol injection