Toyota AE86 Trueno Dijejali Mesin 3S-GTE, Tembus 500 HP!

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Toyota AE86 menyimpan banyak potensi modifikasi. Bisa mengadopsi tampang zenki-kouki, jadi mobil drift, showcar atau bahkan sleeper car.

Meski basis mobil keluaran 1980-an ini sudah terbilang langka dan cukup berumur, bukan jadi alasan bagi HPT Motosport membiarkan liftback JDM ini tetap standar.

Secara visual, mobil berjuluk ‘Hachi Purple’ mampu menyita perhatian pengunjung di samping kiri main stage OLX IMX 2023.

Foto: NMAA

Paling dinanti dari Toyota AE86 Trueno ini rupanya berasal dari kejutan di balik kap mesin. Sebab, Jantung pacu 4A-GE sudah digeser dari engine bay dan digantikan mesin 2.0L DOHC berkode 3S-GTE milik Toyota Celica dengan mengaplikasikan hard-tune oleh Progressive Motorsport.

Paling mendominasi, terlihat suntikan doping performa dari turbo lansiran Owen yang memberi proporsi tenaga tambahan didukung custom intake dan exhaust manifold.

Untuk mendongkrak tekanan kompresi, ruang silinder sudah dibenamkan JE Piston, Eagle conrod, dan ACL bearing.

Foto: NMAA

Penyesuaian juga hadir usai memasang BC camshaft untuk mengatur lama pembukaan katup masuk dan keluar sesuai kebutuhan mesin yang berpengaruh pada tahap peningkatan rasio kompresi.

Lanjut ke bagian lain, valve spring dan retainer dari Supertech berperan mengimbangi suplai bahan bakar dari tangki melalui fuel pump Walbro 440 lph sampai mengalir ke injektor 1.050 cc.

Ditambah lagi suntikan Haltech Elite 1500 yang mendorong potensi tenaga sampai rentnag 500 – 600 hp. Peningkatan tenaga dari mesin legendaris reli dunia ini dibarengi oleh upgrade sistem pengereman AP Racing.

Foto: NMAA

Supaya suspensi lebih stabil dan kokoh, coilover ISX Type 2 memberikan daya cengkram sempurna. Disusul pemilihan velg Work Equip Anniversary Limited Edition 15x(8.5+10 inci) dijahit ban Toyo R888.

Foto: NMAA

Menu modifikasi selanjutnya menyasar ke bagian bodi eksterior dengan pemilihan warna ungu gelap ditambah part ekstensi bodi yang prosesnya dirampungkan oleh FA Autoworks.

Masuk ke interior, kesan racing ditonjolkan dari pemilihan part aftermarket. Dua buah jok TRD limited sport seat, setir kemudi MOMO prototipo carbon steering wheels, dan TRD Shiftknob, dan pedal set Sparco berkontribusi hadirkan nuansa mobil spek kompetisi.

Begitu pun dengan hadirnya rollbar dari Cusco dilengkapi berbagai indikator lansiran Defi, seperti tachometer, boost meter, oil press, dan waterpump. Serta AEM water metanol injection membantu dalam mengatur sistem pendinginan mesin.

Spesifikasi Modifikasi

Eksterior:

Custom bodykit and painted by FA autoworks

Kaki-kaki:

Isx coilover

Work equip anniversary limited edition wheels

Toyo R888 tyres

Big brake kit ap racing

Mesin:

3S-GTE

Oem crankshaft

JE Piston

Eagle Conrod

ACL Conrod Bearing

ACL Main Bearing

ACL Trust Bearing

Valve Spring Supertech

Retainer Valve Spring Supertech

BC Camshaft

HKS Camgear

Twinplate Competition clutch

Owen turbo

Custom intake manifold

Custom exhaust manifold

FIC Injector 1.050 cc

Walbro 440 lph fuel pump

OEM direct injection

Haltech Elite 1500

Interior:

TRD limited sport seat

MOMO prototipo carbon steering wheels

Cusco rollbar

TRD shift knob

Defi tachometer

Defi boost meter

Defi fuel press

Defi oil press

Defi water temp

Sparco pedals

Aem water metanol injection

- Advertisement -