Toyota Rangga Concept Tampil Eksklusif di Japan Mobility Show 2023

0
- Advertisement -

NMAA News – Kendaraan pikap multifungsi Rangga Concept hasil racikan PT Toyota-Astra Motor (TAM) mendapat kehormatan berpartisipasi di event Japan Mobility Show (JMS) 2023 di Tokyo Big Sight Jepang, 26 Oktober–5 November 2023. PT TAM menghadirkan Rangga Concept sebagai commercial concept vehicle pertama di Indonesia yang diharapkan memberi dukungan mobilitas bisnis pelanggan dan menjadi penggerak roda perekonomian negara.

Rangga Concept diharapkan dapat memberi inspirasi kendaraan serbaguna sebagai mobility solution dengan keberagaman style dan kegunaan kepada masyarakat dunia. Melalui President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, PT Toyota-Astra Motor (TAM) merasa terhormat dapat memajang Rangga Concept di Japan Mobility Show (JMS) 2023.

“Sejalan visi Mobility for All, kami lihat kesempatan emas ini sebagai peluang perlihatkan pengalaman dan kemampuan Toyota Indonesia menghadirkan commercial vehicle yang dapat dikonversi memenuhi beragam kebutuhan bisnis dan mendukung perekonomian negara. Kami berharap hasil karya Toyota Indonesia ini dapat menginspirasi pengunjung mancanegara  tertarik menggunakan konversi Rangga Concept untuk utilitas usaha,” jelas Ueda-san.

Vision Design Division Toyota Motor Corporation (TMC) Team, Takayuki Nakajima (kiri) dan Kazuya Hasegawa (kanan) di depan Toyota IMV0 Rangga Concept yang ditampilkan Toyota Motor Corporation (TMC) di booth Toyota pada perhelatan Japan Mobility Show (JMS) 2023 yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Rabu (25/10).

Dengan Kijang Pick Up sebagai role model, masyarakat Indonesia mempercayai kendaraan niaga Toyota yang identik reliability, durability, dan versatility. Commercial vehicle Toyota konsisten menunjukkan kemampuannya mendukung kebutuhan bisnis, serta berkontribusi pada perekonomian nasional yang menunjukkan trend positif.

Rangga Concept nantinya diharapkan melanjutkan legacy Toyota Kijang Pick Up yang bertujuan kembali berkontribusi memenuhi kebutuhan mobilitas berbagai industri bisnis, serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Skala kebutuhan pelanggan saat ini berkembang jauh lebih beragam dan semakin kompleks ketimbang masa keemasan Kijang Pick Up. Fungsionalitas, keandalan, dan daya tahan menjadi poin penting harus dikedepankan. Penampilan kendaraan juga harus menunjukkan jati diri mobil Toyota modern.

Calon kendaraan komersial terbaru Toyota Indonesia ini juga melewati proses sama dengan Kijang Pick Up, supaya dapat berperan dalam mobilitas usaha sekaligus memutar roda perekonomian.

Kunci keberhasilan Kijang Pick Up adalah kolaborasi, di mana sejak awal launching Toyota selalu bekerjasama dengan karoseri lokal untuk memproduksi berbagai konversi Kijang Pick Up yang terbukti mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan memberi peluang industri pendukung manufakturnya untuk berkembang.

Digaungkan sebagai Pahlawan (Rangga) bagi pelaku usaha, sejak proses awal Toyota langsung mengajak partisipasi body builder lokal dalam menghadirkan prototype Rangga Concept yang dapat dikonversi memenuhi keberagaman mobilitas sesuai bidang usaha, bahkan dapat pula digunakan untuk kebutuhan personal lifestyle.

Keberagaman kebutuhan tersebut dipenuhi dalam beberapa contoh konversi yang bisa dijadikan rujukan calon penggunanya. Rangga Concept merupakan implementasi dari pilar mobilitas Toyota global. Bersama Electrification dan Intelligence, terdapat satu pilar lainnya yaitu Diversification.

Ketiga pilar tersebut telah diaplikasikan pada kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia. Rangga Concept sendiri merupakan bagian dari pilar Diversification. Lebih tepatnya adalah Diversification of Usage.

Pilar Diversification of Usage berarti bahwa Rangga Concept memberikan peluang untuk pengembangan atau penganekaragaman mobilitas. Rangga sebagai concept car mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang lebih luas, yaitu dapat menunjang aktivitas berbagai bidang usaha.

Bahkan mampu berperan dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Hal ini ditunjukkan dari kemampuannya yang dapat dikonversi menjadi beragam bentuk kendaraan usaha yang stylish dan modern untuk hadirkan Multi Solution for All.

Rangga Concept siap meneruskan legacy Kijang Pick Up yang begitu fleksibel saat dikonversi menjadi berbagai kendaraan niaga serbaguna. Harapannya, Rangga Concept dapat tampil kembali sebagai pilihan utama pelanggan yang ingin memulai usaha atau mengembangkan bisnis yang sudah berjalan.

Calon kendaraan multifungsi ini diharapkan mendukung berbagai kebutuhan mobilitas hingga ke wilayah sulit dijangkau. Keberagaman fungsi membuat Rangga Concept dapat dikonversi untuk kebutuhan masyarakat, baik sebagai mobilitas pribadi seperti aktivitas outdoor atau komunitas.

Toyota membuka peluang ke body builder dan pelanggan sebagai end user, berinovasi menciptakan desain paling sesuai ekspektasi mereka. Realisasi nyata kolaborasi tersebut seperti Rangga Concept Mobile Cafe hasil kerjasama dengan Tuku Coffe yang dikenal memiliki reputasi sebagai café shop idaman gen-Z.

Konversi ini diharapkan menjadi inspirasi dan memiliki prospek positif baik dari sisi menunjang kebutuhan usaha, maupun sebagai salah satu bentuk inovasi usaha berkelanjutan. Salah satu prototipe pertama Rangga Concept ini mendapat kehormatan dipamerkan di Japan Mobility Show (JMS) 2023.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki pengalaman panjang menghadirkan Toyota Kijang Pick Up bermodalkan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti body builder dan value chain Toyota. Pola kolaborasi akan kembali kami terapkan pada pengembangan Rangga Concept untuk menjangkau segmen bisnis lebih beragam sejalan pilar mobilitas global “Diversification”, termasuk potensi kerjasama dengan kastemer Toyota global,” pungkas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

- Advertisement -