Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Garis Melintang di Kaca Mobil

0
- Advertisement -

NMAA News – Berkendara saat hujan biasanya membuat kaca mobil kerap tertutup embun. Kondisi ini diakibatkan dari uap air pada kaca yang akan mengganggu pandangan pengendara.

Biasanya, tidak sedikit dari para pengendara menyeka kaca mobil dari dalam untuk menghilangkan kabut yang menempel menggunakan tisu atau lap chamois.

Padahal, sejumlah mobil sudah memiliki fitur defogger berupa garis tiga bergelombang yang ada di panel dekat kemudi. Defogger kaca biasanya sudah jadi fitur standar di mobil.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah dengan menekan tombol defogger yang terletak di jajaran tombol utilitas berkendara. Tanpa menunggu lama, perangkat defogger akan aktif untuk menghilangkan embun pada kaca.

Saat perangkat dinyalakan maka kawat tipis berupa garis horizontal yang biasanya terpasang di kaca bagian belakang akan teraliri panas.

Dengan begitu, embun yang sudah terbentuk akan hilang karena adanya panas dari kawat tersebut.

Dilihat dari fungsinya, defogger dapat kaca untuk menghilangkan embun, tetapi tidak bisa membersihkan kotoran.

Tetapi, perlu dipahami jika penggunaan defogger diaktifkan saat kaca masih ada embun. Setelah embun perlahan menghilang, ada baiknya fitur ini dimatikan.

Dalam kondisi ‘On’ defogger akan menghasilkan tempetatur panas. Maka dari itu, jika sufah digunakan lebih baik fitur defogger dimatikan.

Untuk meminimalisir potensi kaca belakang retak atau pecah.

Supaya visibilitas saat berkendara kembali jelas, pengemudi juga dapat menghidupkan AC mobil. Cara ini juga dapat mengantisipasi munculnya embun karena perbedaan suhu.

- Advertisement -