NMAA News – Kendaraan listrik Chery Omoda E5 pertama kali tampil di ajang Gaikido Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 lalu. Dari kabar terakhir, Omoda E5 akan dipasarkan resmi pada Februari 2024 mendatang.
Kendati harga Compact SUV bertenaga baterai ini belum dipastikan, namun menurut pihak PT Chery Sales Indonesia (CSI), Omoda E5 sudah laris dipesan sebanyak 400-an unit sejak kemunculan perdananya. Omoda E5 sendiri mulai diproduksi lokal di fasilitas manufaktur milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Bekasi, Jawa Barat.
Dalam kesempatan mencoba singkat Omoda E5 di seputaran jalan umum di sekitar area Scientia Square Park, Serpong, Tangerang, kami merasakan posisi berkendara tidak jauh beda dengan Omoda 5 bermesin konvensional.
Menurut Wahyu Handaya selaku Sales Tranining Supervisor Chery Indonesia sesaat sebelum memulai sesi test drive, menyebutkan kalau Omoda E5 memasuki pasar Indonesia dengan mengedepankan unsur desain sporty dengan desain futuristik.
“Jadi Chery Omoda E5 ini dari sisi desain diperkenalkan sebagai mobil full elektrik yang berpenampilan sporty dan futuristik. Ini diperkuat dari desain bentuk bentuk fascia depannya yang mengusung ‘X style front face’,” jelas Wahyu.
Chery Omoda E5 memiliki tiga mode berkendara, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Saat menjajal mobil ini, kami sempat gonta-ganti mode ini untuk merasakan perbedaannya di tengah ramainya lalu-lintas di seputaran Boulevard Serpong.
Begitu masuk kabin, aura interior Omoda E5 selain menawarkan desain sporty yang diperlihatkan dari tatanan dashboard dan kontur jok, namun juga tawarkan kesegaran dengan sentuhan bahan kulit berwarna biru lembut dipadu putih yang bikin teduh mata dan hati.
Selain itu, kesan futuristik eksterior turut menguat pada desain dashboard yang modern pula. Pengaturan dashboard yang terkesan futuristik ini juga menyodorkan head unit berbentuk curved atau melengkung.
Karena mengusung teknologi listrik, sejak diam hingga bergerak jalan, kabin mobil terdengar senyap, hanya sedikit intrusi deru ban menapak aspal. Selebihnya, aspek kenyamanan langsung menyeruak di kabin. Dengungan motor listrik Permanent Magent/Synchronous yang diusung Omoda E5 juga minim terdengar.
Bicara soal performa, Omoda E5 memiliki akselerasi cukup dahsyat. Daya maksimumnya setara 204 hp/150kW. Sementara torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 340 Nm. Begitu pedal gas diinjak dalam secara tiba-tiba, akselerasi terasa begitu ‘menjambak’ dan membuat tubuh menempel ke sandaran jok.
Namun, saat melakukan akselerasi tersebut, kami masih merasakan adanya gejala ‘liar’ pada roda depan yang membuat kami harus menahan lingkar kemudi agar tetap lurus di jalurnya. Untuk radius putar, kami menilai sudut putar Omoda E5 sudah mumpuni saat harus melakukan prosesi U-Turn di jalan yang tidak terlalu lebar.
Oiya, untuk performa baterai disebut memiliki kapasitas hingga 61.06 Kwh yang setara performa 430 kilometer WLTP (Worldwide Harmonized Vehicle Test Procedure). Kapasitas pengisian daya cepat di Omoda E5 mencapai 150 kW dengan metode pengisian daya metode DC (Direct Current).
Omoda E5 juga tawarkan pengisian daya cepat 30 menit dari 30 persen menjadi 80 persen. Lalu, salah satu fitur yang kami sukai adalah keberadaan kamera 540°HD Panoramic Image, di mana kami bisa melihat kondisi sekitar mobil saat hendak berbelok atau putar balik.
Omoda E5 dilengkapi banyak fitur canggih lainnya seperti layar sentuh dual 24,6 inch dengan fitur konektivitas Bluetooth dan USB, sistem audio Sony berkualitas tinggi, Apple Carplay+Android Auto Intelligent voice interactive operation.
Dari aspek keselamatan, Omoda E5 telah disematkan beragam fitur keamanan seperti sistem ABS (Anti-lock Braking System), 4-door window anti-pinch system, safety belt with pretensioner and load limiter, juga child safety door locks. Ada pula 17 fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).