NMAA News – Honda Motor Co., Ltd. tegaskan komitmennya penuhi target pencapaian 100% terhadap produk elektrifikasinya pada 2040. Untuk itu, Honda umumkan berbagai pendekatan komprehensif mencakup kebijakan elektrifikasinya.
Yakni seperti penetapan target penjualan EV, restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, perkenalkan model EV inovatif, dan melakukan investasi finansial yang signifikan.
Hal ini disampaikan oleh Toshihiro Mibe selaku Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd.

Pendekatan komprehensif pertama mencakup penetapan target penjualan EV. Honda tetap percaya kendaraan listrik solusi paling efektif untuk produk mobilitas kecil seperti motor dan mobil.
Honda punya target 100% untuk produk EV dan FCEV dari penjualan kendaraan globalnya pada 2040 di mana hal ini tidak berubah.
Honda juga melihat periode popularisasi EV, membangun merek EV kuat serta fondasi bisnis EV yang kokoh sebagai perspektif jangka menengah hingga jangka panjang Honda.
Pendekatan komprehensif kedua, merestrukturisasi pengadaan dan produksi untuk kurangi biaya. Fokus utama Honda pada produksi baterai.
Honda berupaya mengurangi biaya produksi baterai di Amerika Utara dengan target lebih dari 20% dibanding biaya saat ini pada 2030.
Honda juga akan bangun struktur bisnis kompetitif dengan tujuan mengurangi biaya produksi keseluruhan sekitar 35%. Honda miliki pandangan positif amankan produksi baterai yang cukup memenuhi sekitar 2 juta unit EV per tahun.
Honda juga akan perkenalkan model EV inovatif sebagai pendekatan komprehensif ketiga. Pada CES 2024 lalu, Honda memulai pengenalan kendaraan listrik unik serta atraktif di Honda 0 Series yang berperan penting dalam strategi mobil EV Honda.
Dengan pendekatan baru “Thin, Light, Wise”, Honda luncurkan 2 model konsep yaitu Saloon dan Space-Hub yang akan diproduksi massal pada 2026 untuk pasar Amerika Utara dan global. Setelah itu diikuti model lainnya mulai ukuran kecil hingga besar, total akan ada tujuh model.
Untuk model hybrid-electric (e:HEV) yang kuat permintaannnya di pasar saat ini, Honda perluas lini produknya secara global. Honda akan perkenalkan 10 model EV pada 2027 dan targetkan 100% penjualan mobil EV pada 2035 di Tiongkok. Pada 2024, Honda luncurkan Seri “Ye”, pendamping Seri e:N yang dijual saat ini.
Di Jepang, Honda memulai produk mini-EV komersial N-VAN e:, mulai dijual musim gugur 2024. Honda juga akan perkenalkan bertahap mini-EV mobil pribadi pada 2025 serta kendaraan listrik mini ‘fun to drive’ pada 2026.
Honda akan lakukan investasi finansial signifikan sebagai pendekatan komprehensif berikutnya. Honda berencana investasikan sekitar 10 triliun Yen pengadaan berbagai sumber daya pendukung tercapainya popularitas periode EV selama 10 tahun hingga 2031.
Di Indonesia sendiri, Honda masuki era elektrifikasi dengan dua produk hybrid-nya; All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV. Untuk kendaraan listrik, Honda masuki tahap riset dan pengenalan di mana sebagai bagian riset tersebut, Honda lakukan kolaborasi bersama Universitas Indonesia dan Pertamina.
Sebagai tahap pengenalan, Honda berkolaborasi Jakarta Good Guide untuk berkeliling Jakarta menggunakan produk teknologi elektrifikasi Honda.