Dihadiri Presiden Italia, Ferrari Resmikan E-Building sebagai Pabrikasi Model Hybrid dan Elektrifikasi

0
- Advertisement -

NMAA News – Ferrari meresmikan E-Building yakni pabrik modern yang akan memproduksi mobil Ferrari jenis hibrida dan model listrik pertama. Termasuk tentunya, model Ferrari bermesin pembakaran internal.

Prosesi peresmian berlangsung Jumat (21/6/2024) yang dilakukan Presiden Ferrrari John Elkann, Vice Chairman Ferrari Piero Ferrari, CEO Ferrari Benedetto Vigna, dan segenap karyawan Ferrari. Makin istimewa, kehadiran Presiden Italia Sergio Mattarella yang antusias mengikuti jalannya acara.

“Kami merasa terhormat Presiden Mattarella berkenan hadir bersama kami untuk peresmian E-Building ini sebagai pabrik modern yang memadukan keahlian orang di bidangnya dengan respek terhadap lingkungan,” ujar John Elkann.

Menurutnya, berinvestasi di negeri sendiri sangat penting dalam menyiapkan masa depan Ferrari dengan kepercayaan diri, sekaligus menegaskan komitmen Ferrari terhadap keunggulan Italia di pentas dunia.

Fleksibilitas produksi
Melalui e-building, Ferrari meningkatkan fleksibilitas produksinya sejalan strateginya prioritaskan kualitas pendapatan daripada kuantitas. Pabrik ini juga akan mencerminkan prinsip netralitas teknologi nantinya.

Karena akan menampung produksi dan pengembangan mesin pembakaran internal, mesin hibrida, dan motor listrik baru, yang masing-masing hadirkan kegembiraan berkendara khas Ferrari.

Integrasi produksi seluruh rangkaian dalam satu gedung, memungkinkan Ferrari mengatur ulang dan mengalokasikan kembali semua kegiatan produksi secara lebih efisien di antara fasilitasnya yang ada di Maranello. Sehingga meningkatkan kemampuannya beradaptasi cepat terhadap kebutuhan produksi.

E-Building dilengkapi fasilitas dengan teknologi canggih, juga akan memproduksi komponen listrik strategis yang sangat relevan membedakan teknologi dan performa Ferrari nantinya. Termasuk produksi baterai tegangan tinggi, as roda elektrik, dan motor elektrik.

Fokus pada lingkungan
E-Building dirancang mencapai tingkat performa energi tertinggi. Selain sumber energi lainnya, E-Building ditenagai lebih dari 3.000 panel surya terpasang di atap yang menghasilkan 1,3 MW.

Pabrik trigeneration Ferrari sebelumnya dijadwalkan akan tutup akhir tahun ini. Sementara E-Building akan sepenuhnya ditenagai energi terbarukan, yang dihasilkan dari sumber internal dan eksternal.

Beberapa solusi canggih telah diadopsi untuk menggunakan kembali energi dan air hujan dalam siklus produksi. Misalnya, lebih dari 60 persen energi digunakan untuk pengujian baterai dan motor akan dipulihkan dalam akumulator dan dialihkan memberi daya pada proses baru.

Pabrik E-Building dibangun di sisi utara Kampus Ferrari, yang juga sedang diperluas. Area tersebut diakuisisi dan dikembangkan kembali tanpa konsumsi lahan tambahan dengan mengganti bangunan industri yang sudah usang dan boros energi.

Fokus pada manusia
Pelatihan dan kesejahteraan pekerja untuk line produksi terbaru di E-Building telah dimulai sejak dua tahun sebelumnya. Tujuannya, agar pekerja nantinya bisa menyesuaikan diri dengan segala dibutuhkan dalam sistem dan produk terbaru nantinya. Seperti pengetahuan seluk-beluk motor listrik.

Kemampuan dan keterampilan mekanik dalam kesinambungan penuh sinergi inilah yang akhirnya selalu menjadi warisan Ferrari, dengan kompetensi tambahan modernisasi seperti misalnya pengembangan proses produksi kimia dan perakitan dari baterai.

Proses manufaktur dilengkapi robot kolaboratif, yang menyesuaikan perilakunya sesuai kebutuhan operator dan sistem digital. Sehingga membuat replika produk berikut prosesnya secara digital.

Solusi ini memungkinkan menempatkan teknologi di bawah kendali dan layanan karyawan, yang perannya semakin ditingkatkan dalam proses produksi. Tujuannya, memastikan keunggulan dan perhatian terhadap detail yang membedakan dari jajaran Ferrari.

Di fasilitas tersebut, berbagai solusi juga dirancang meningkatkan kesejahteraan karyawan di lingkungan kerjanya: seperti ruang kerja nyaman, area relaksasi, kenyamanan visual dan akustik, hingga komposisi tepat pencahayaan alami dan buatan. Semua faktor ini menjadi beberapa aspek paling bermanfaat bagi karyawannya.

Fokus pada komunitas
E-Building merupakan penegasan peran utama Ferrari dalam lansekap industri lokal yang perannya diperkuat investasi berkelanjutan yang dilakukan sesuai kebutuhan khusus konsumen lokal.

Integrasi gedung lama ke dalam konteks urban ini disempurnakan melalui pembangunan kembali kompleks pabrik seluas lebih dari 100.000 meter persegi dan merancang ulang infrastruktur jalan. Bahkan, Ferrari membangun jalan baru menuju E-Building berikut jalur sepeda sepanjang 1,5 kilometer yang terhubung dengan jalan menuju kota.

Desain jalan, juga memastikan lalu lintas padat terkonsentrasi di area di sekitar pusat logistik E-Building, sehingga mengurangi gangguan pada rute pejalan kaki.

Desain arsitektur
Fasad eksterior dan ruang interior utama E-Building dirancang Mario Cucinella Architects (MCA), sebuah firma utama dalam pengembangan solusi berkelanjutan dan regenerasi model urban untuk desain yang bersinergi dengan tim Ferrari.

E-Building berbentuk persegi panjang dengan tinggi 25 meter. Gedung baru ini selaras dengan lansekap dan bangunan di sekitarnya dan mudah dikenali dari fasadnya yang dibuat spesial dan sangat efisien.

Pemilihan kaca buram, dipadu bagian kaca bening, melemahkan massa visual bangunan yang mengesankan dan memungkinkan cahaya alami terdistribusi di dalamnya, sementara pada malam hari menyerupai lentera yang menyala.

Komponen fasad dirancang dan diproduksi menurut standar Design for Manufacturing and Assembly (DfMA), yang terkait perakitan dan pemeliharaan di lokasi. Hal ini memungkinkan efisiensi biaya dan mengurangi dampak lingkungan terkait bahan dan proses yang digunakan.

- Advertisement -