Hyundai N Tampilkan Ioniq 5 N Spesifikasi Khusus Time Attack di Balap Nürburgring 24 Jam

0
Hyundai N Tampilkan IONIQ 5 N TA (Time Attack) Spec dan Kolaborasi dengan Gran Turismo di Nürburgring 24 Hours
- Advertisement -

NMAA News – Hyundai N kembali berlaga di Nürburgring Nordschleife, Jerman, dengan fokus mencetak kemenangan keempat kalinya berturut-turut pada kelas TCR di balapan Nürburgring 24 Hours (N24).

Di balap tersebut, Hyundai juga tampilkan varian spesifikasi khusus Ioniq 5 N untuk TA (Time Attack) dan siap hadir di The Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) mendatang.

Selain itu, Hyundai Motor Company (HMC) juga mengungkapkan rencana kolaborasinya bersama Gran Turismo, franchise game simulasi balap populer yang dirancang untuk konsol PlayStation.

IONIQ 5 N dengan spesifikasi khusus untuk TA (Time Attack)

“Kami kembali berlaga di Nürburgring 24 Hours dengan pembalap asal Eropa, Amerika Utara dan China. Partisipasi ini tunjukkan pertumbuhan program motorsport kami seluruh dunia,” ujar Till Wartenberg, Vice President dan Head of N Brand and Motorsport – HMC.

Ditambahkannya, melalui pembalap listrik Pikes Peak pertamanya serta kolaborasi dengan Gran Turismo, pihaknya telah berinvestasi masa depan dunia motorsport. “Semangat motorsport akan selalu menjadi akar Hyundai N seiring kami melangkah,” imbuhnya.

Hyundai N kembali ke Nürburgring Nordschleife dengan tiga mobil Elantra N TCR demi mencapai kemenangan di kelasnya untuk keempat kali berturut-turut.

Pembalap tiga benua, termasuk pemenang kelas bertahan dan juara pengemudi pelanggan Hyundai Motorsport dari seri TCR kompetitif, akan bertanding dengan mobil #830, #831 dan #832.

Tim #830 terdiri dari Mikel Azcona, Marc Basseng dan Manuel Lauck kembali setelah mengklaim kemenangan pada kelas TCR di tahun 2022 dan 2023. Basseng dan Lauck juga memenangkan kelas TCR pada 2021 N24 saat debut Elantra N TCR.

Sementara tim Bryan Herta Autosport, yang didukung Hyundai Motor America, meraih finish one-two secara beruntun ketiga kalinya di kelas tersebut untuk Hyundai Motorsport pada 2023. Tim #831 kembali di 2024 dengan pembalap Mason Filippi, Harry Gottsacker, Mark Wilkins, dan Bryson Morris.

IONIQ 5 N TA (Time Attack) di Nürburgring 24 Hours

Mobil #832 untuk 2024 dikendarai bintang TCR China, Martin (Hongwei) Cao, Rainey He, Andy Yan, dan Zhang Zhen Dong. Cao merupakan juara bertahan seri nasional 2023.

Pada N24 tahun ini, Hyundai turut menyertakan Hyundai Driving Experience i30 Fastback N dalam kelas VT2 Front-Wheel-Drive. Di 2023, tim ini sukses meraih kemenangan di kelasnya selama sembilan lap, meskipun sempat alami beberapa masalah teknis di akhir.

Tim 2024 terdiri dari para juara tahun lalu, termasuk Marcus Willhardt dan Michael Bohrer, jurnalis sekaligus pembalap Jens Dralle dan pembalap Junior Korea Gyumin Kim.

Kim telah menunjukkan bakatnya dengan memenangkan Hyundai N Festival dan membantu timnya meraih finis podium di kelasnya pada dua balapan NLS pertama di musim ini.

Spesifikasi teknis IONIQ 5 N TA Spec

Spesifikasi teknis IONIQ 5 N TA (Time Attack)
Sistem PE Spesifikasi sistem PE untuk IONIQ 5 N produksi massal meliputi:

– Motor: hingga 687 PS (melalui penyetelan perangkat lunak)

– Baterai: 84.0 kWh

– Inverter: Silicon carbide two-stage inverter

Sistem Pengisian Daya Spesifikasi sistem pengisian daya untuk IONIQ 5 N meliputi:

– 800V, 400V multi-charging system

– Kecepatan pengisian daya maksimal: 350 kW

– Waktu pengisian daya: 10-80% dalam 18 menit (dalam kondisi optimal)

Sasis Three-way dampers yang dapat disesuaikan

Ride height (ground clearance) dan camber  yang dapat disesuaikan

Eksterior Bodi eN1 yang dimodifikasi dengan kelengkapan aerodinamika khusus untuk PPIHC
Roda 18-inch 11J forged racing wheels
Ban 18-inch Yokohama ADVAN 005 slick tires
Rem Depan Six-piston racing calipers, racing pads
Belakang Four-piston racing calipers, racing pads
- Advertisement -