Strategi Diferensiasi GWM Membuatnya Pimpin Pasar Mobil Listrik di Luar Pasar Tiongkok

0
- Advertisement -

NMAA News – GWM baru saja mencatat pencapaianpositif berupa pertumbuhan penjualan pesat di pasar luar Tiongkok. Hasil ini turut didorong lini produk unggulan GWM sehingga menunjukkan masa depan menjanjikan atas strategi GWM yang terdiferensiasi untuk pasar global di luar Tiongkok.

Penjualan GWM di luar Tiongkok dari Januari hingga Juni telah mencapai 201.500 unit, dengan pertumbuhan year-on-year 62,59%. Pada Juni, 38.104 unit telah terjual, mencetak rekor tertinggi volume penjualan di luar Tiongkok dalam satu bulan.

Seiring penjualan global meningkat pesat, GWM juga diproyeksikan mencatat laba bersih antara 6,5 hingga 7,3 miliar yuan atau sekitar 14.3 triliun hingga 16 triliun rupiah di periode paruh pertama t2024.

Ini merupakan peningkatan 377,49% hingga 436,26% dibanding periode sama tahun lalu. Jika dikurangi non-recurring profit, laba bersih diperkirakan mencapai 5 hingga 6 miliar yuan atau sekitar 11 hingga 13 triliun rupiah, naik 567,13% hingga 700,56%.

Kenaikan ini terjadi karena GWM terus melakukan terobosan inovasi dan penyempurnaan pada lini produknya. Pertumbuhan produk saat ini didorong oleh kesuksesan model-model unggulan dan inovasi teknologi.

Parker Shi, President, GWM International, mengatakan, “GWM pendukung globalisasi. Kami komitmen terhadap pengembangan pasar luar negeri dalam jangka panjang. Pasar internasional adalah area luas, di mana perubahan di lingkup lokal tidak mampu ubah arus besar globalisasi.”

Di saat bersamaan, menghadapi peningkatan ketegangan geopolitik di beberapa negara, GWM fokus pengelolaan risiko dan mengembangkan pendapatan melalui bisnis bernilai tinggi, sambil mengikuti serangkaian persaingan di berbagai lini agar beradaptasi lebih baik hadapi dinamika pasar terus berubah.

Untuk menjalankan strategi pengembangan global berkelanjutan, GWM aktif mendorong pembangunan “lokalisasi kapasitas produksi”, yaitu bertransformasi pengembangan produk dan perdagangan menjadi pengembangan manufaktur, sehingga bertahap membentuk pola produksi lokal 1+3+N (Chinese factory + three overseas factories + multiple KD factories).

Selain tiga pabrik utama yang memfasilitasi proses produksi secara penuh di luar Tiongkok, GWM juga berhasil jalankan beberapa proyek fasilitas perakitan di luar Tiongkok untuk menambah kapasitas produksi.

Setelah proyek fasilitas pabrik perakitan di Ekuador, Pakistan, Uzbekistan, dan Ghana mulai beroperasi. Beberapa proyek di Indonesia, Malaysia, dan negara lain juga akan mulai beroperasi tahun ini.

Proyek ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja lokal tetapi juga memperluas jaringan produksi GWM di luar negeri, serta secara lebih baik memenuhi kebutuhan konsumen di pasar global di luar Tiongkok.

Dalam hal produk, GWM sesuaikan portofolio produknya dengan kondisi lokal. Saat ini, GWM mencapai tata letak produk dengan berbagai sumber energi, sumber tenaga, dan kategori, menanggapi tuntutan semakin tinggi bagi perusahaan otomotif untuk mendunia di era baru. Hal ini percepat laju pengenalan produk baru dan pengembangan pasar baru.

Sebagai contoh, GWM Haval Jolion Pro baru-baru ini diluncurkan resmi di Australia, Afrika Selatan, dan Arab Saudi. Sebagai SUV perkotaan dinamis dan berjiwa muda, model ini menampilkan pengalaman teknologi dan kualitas berkendara mumpuni.

Pada 29 Juni, Haval DARGO diluncurkan di Uzbekistan dan menjadi model keempat merek Haval GWM di Uzbekistan dan juga SUV off-road ringan pertama. Model ini tidak hanya penuhi pengalaman mewah berkendara di perkotaan, tetapi juga pilihan terbaik aktivitas luar ruangan dan off-road.

Pada 2 Juli, GWM membuka flagship store nya di Doha, ibu kota Qatar, dan meluncurkan  pembaharuan brand image, store image, dan model kendaraan unggulan untuk keluarga. Selain itu, GWM TANK 300 diluncurkan secara resmi di Malaysia.

Sebagai SUV off-road pertama GWM di pasar Malaysia, TANK 300 memberi pengalaman berkendara off-road mewah yang lengkap untuk media, KOL, mitra dealer, dan konsumen di Malaysia melalui kegiatan uji coba berkendara di M4TREC Malaysia 4WD Training Experience Center. Model ini telah memperoleh sambutan besar atas performa luar biasa.

GWM telah tetapkan target penjualan luar Tiongkok sebesar 500.000 unit di tahun ini. Secara keseluruhan, ekspor GWM memasuki periode pengembangan dan pencapaian hasil berkualitas tinggi. Melihat total volume penjualan tahun lalu dan momentum pertumbuhan saat ini, ada alasan kuat GWM akan mencapai target pertumbuhan global pada 2024.

- Advertisement -