NMAA News – Masuk semester kedua tahun ini, penjualan ekspor NETA Auto mencapai 17.687 unit. Line-up terbarunya, NETA X dikirimkan massal hingga 1.000 unit ke berbagai wilayah di Asia Tenggara & Amerika Latin.
Ekspor ini menjadi salah satu pengiriman skala besar pertama secara global pasca-peluncuran perdana NETA X dan menandai ekspansi NETA yang begitu masif di pasar global.
Strategi ekspor berfokus pada “Pendalaman di ASEAN, Ekspansi di Amerika Selatan, dan Pengembangan di Timur Tengah dan Afrika”. Strategi ini sejalan nilai dipegang teguh NETA yakni “Tech for All” dengan misi brand yaitu “Touchable Smart EV”.
Sebagai upaya memenuhi harapan tersebut, NETA Auto melakukan berbagai penyesuaian lokal untuk model diekspor, namun tetap mempertahankan performa dan desain NETA X.
Dari segi fitur pintar, mobil listrik ini dilengkapi intelligent driving assistance system, a multi-language smart cockpit, hingga OTA yang diperbaharui dan memberi pengalaman berkendara lebih canggih dan futuristik.
Ekspansi NETA Auto untuk pasar Asia Tenggara semakin pesat sejak awal 2024. Salah satunya, pengiriman 350 unit NETA X untuk pasar Thailand sekaligus menjadi negara penerima ekspor terbesar.
Thailand catat penjualansemakin positif, di mana penjualan NETA kuartal awal tahun ini tumbuh hingga 12,1%. NETA Auto makin memperkuat bisnis di Thailand, dengan mendirikan pabrik pertamanya untuk produksi mobil listrik setir kanan.
Di Thailand dan Malaysia, Medium SUV ramah lingkungan ini mencatat permintaan terus meningkat. NETA X berhasil membukukan 1.000 SPK hanya dalam tiga hari setelah peluncuranya di Negeri Gajah Putih tersebut.
Pada Januari 2024 lalu, NETA Auto juga menandatangani kontrak kemitraan strategis dengan mitra lokal di Malaysia, serta mendirikan pabrik luar negeri ketiga di negara tersebut.
Langkah ini disusul mulainya produksi skala besar di Pabrik Eco-Smart NETA Auto di Thailand pada Maret 2024, dengankapasitas produksi tahunan diperkirakan mencapai 30.000 unit.
Di pasar Amerika Latin, ETA Auto perkenalkan tiga produk unggulannya di Brasil. NETA Auto berencana selesaikan pengiriman batch pertama dalam waktu dekat untuk konsumen, serta mendirikan 30 flagship showroom hingga akhir 2024.
Untuk mengakomodasi peningkatan volume penjualan di Brasil, NETA Auto juga aktif mencari peluang perakitan secara Knock Down (KD) dan membangun pabrik KD di Brasil guna memperkuat lokalisasi serta melayani pasar Amerika Selatan.
Untuk pasar Indonesia, NETA Auto resmi perkenalkan NETA X sebagai lini SUV Electric Medium dengan fitur premium di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. NETA X di Indonesia sebagai jawaban kebutuhan keluarga muda dinamis.
“Kami hadirkan Intelligent Electric SUV yang pintar dan inovatif. Kami targetkan untuk keluarga muda. Fitur NETA X tidak hanya berikan kenyamanan, juga keamanan optimal berkendara,” ujar Peter Zhang, Managing Director of NETA Auto Indonesia.
NETA Auto terus berusaha memperkuat posisi sebagai pemain utama di pasar mobil listrik Indonesia, sekaligus mendukung program pemerintah meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).
Penguatan layanan after sales juga tak luput dari perhatian NETA Auto lewat rencana perluasan jaringan dealership. Tidak hanya fokus di Daerah Khusus Jakarta, melainkan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.