NMAA News – GR Pure merupakan performance dan sports car Toyota yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin merasakan excitement dan joy of GR dalam kendaraan yang tetap dapat dipakai setiap hari.
Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap performance dan sports car GR Toyota membuat seluruh 4 model Pure GR dihadirkan oleh Toyota, yaitu GR Supra, GR 86, GR Yaris, dan GR Corolla.
Sebagai info, hampir seluruh model Pure GR memiliki versi racecar yang digunakan TGR dalam ajang motorsport global.
Sebut saja GR Yaris yang digunakan pada ajang World Rally Championship (WRC) dan GR Supra yang digunakan oleh pembalap lokal TGRI di ajang GT World Challenge Asia.
Berikut 4 model GR Pure yang dijual di Indonesia:

GR Yaris
GR Yaris dikembangkan berdasarkan visi menciptakan mobil dengan DNA motorsport yang lebih baik. Toyota GAZOO Racing terus berlaga di berbagai ajang motorsport, khususnya WRC, menggunakan GR Yaris sejak pertama kali diluncurkan pada September 2020.
Mobil sport ini merupakan produk global yang dibangun dengan metode reverse engineering untuk digunakan dalam ajang balap World Rally Championship (WRC). Pada tahun 2021, GR Yaris diluncurkan dalam jumlah terbatas sebanyak 127 unit dan langsung habis terjual.
Ada empat pengembangan utama pada GR Yaris terbaru. Pertama, transmisi 8-speed GAZOO Racing Direct AT kini hadir bersama transmisi manual 6-speed yang tetap dipertahankan. Transmisi pintar ini diuji oleh tim TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di lintasan balap.
Perangkat lunak kontrol transmisi otomatis dioptimalkan untuk pengalaman berkendara sporty. Meski perpindahan gigi tergantung sensor kendaraan seperti deselerasi, g-force, dan kecepatan, perangkat lunak yang canggih mampu membaca pola pengemudi dalam menggunakan pedal gas dan rem.
Sistem ini dapat memperkirakan kapan waktu perpindahan gigi yang optimal bahkan sebelum perubahan pada kendaraan terjadi, sehingga menciptakan perpindahan gigi yang sesuai dengan keinginan pengemudi. Karakter perpindahan gigi ini meniru ketangkasan dan presisi pengemudi profesional.
Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo GR Yaris tetap menjadi salah satu mesin paling efisien dan bertenaga di dunia. Namun, kinerjanya ditingkatkan dari 261 PS menjadi 305 PS, sementara torsi meningkat dari 360 Nm menjadi 400 Nm.
Tersedia pula opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four untuk memaksimalkan peningkatan tenaga. Pengendara kini dapat memilih 3 mode berkendara; Sport, Normal, dan Eco, dengan karakteristik pengendalian yang berbeda.
Selain itu, sistem GR Four juga dioptimalkan melalui tiga mode; Normal, Gravel (sebelumnya Sport), dan Track yang memungkinkan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai dengan karakteristik trek dan pengemudi.
Toyota resmi membuka pemesanan New GR Yaris secara reguler di Indonesia. Harga New GR Yaris di Jakarta adalah Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi otomatis (OTR DKI Jakarta).

GR 86
Toyota GR86 generasi terbaru dibangun di atas platform TNGA, dengan peningkatan performa mesin dan penyesuaian pada komponen kemudi serta suspensi, memberikan performa berkendara tingkat tinggi.
Pada New GR86, peningkatan dilakukan pada shock absorber untuk memastikan kontak optimal dengan aspal sambil mempertahankan respons handling khas mobil sport. GR bekerja sama dengan Sachs (ZF) untuk menyediakan shock absorber yang sesuai dengan karakter mobil ini. Electric Power Steering (EPS) juga telah dioptimalkan untuk memberikan handling yang lebih intuitif dan respons yang lebih alami saat berinteraksi dengan pengemudi.
Mesin boxer FA24 berkapasitas 2.387 cc 4-silinder tetap memberikan performa yang mumpuni dengan efisiensi tinggi berkat teknologi D-4S. Tenaga maksimum mencapai 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm. Penggerak roda belakang (RWD) memberikan pengalaman berkendara yang unggul dan tak tertandingi.
Pada transmisi manual 6-speed, sistem kontrol torsi mesin dimodifikasi untuk memberikan sinyal perpindahan gigi yang lebih mudah dipahami pengemudi. Selain itu, throttle control diadopsi untuk respons akselerasi yang lebih cepat dan meningkatkan performa pada kecepatan tinggi. Pada transmisi otomatis 6-speed, toleransi putaran mesin saat downshift ditingkatkan untuk menjaga torsi optimal, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty.
Filosofi “Roads build people, and people build cars” tercermin dalam pengembangan New GR86. Masukan dari pembalap profesional yang berkompetisi di lintasan ekstrem membantu menciptakan mobil sport yang tangguh, dengan handling intuitif, mesin bertenaga, dan kelincahan yang luar biasa.
New GR86 bertransmisi manual dibanderol Rp 1.016.000.000, sedangkan bertransmisi otomatis dijual dengan harga Rp 1.054.000.000. Keduanya berstatus OTR Jakarta.
GR Corolla

Toyota Corolla telah berkembang selama beberapa generasi, mulai dari sedan, wagon, hingga SUV, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam. Di era 1970-1990an, Corolla dikenal sebagai salah satu pesaing kuat di World Rally Championship (WRC). Kini, GR Corolla menggabungkan performa berkendara yang superior dan fungsionalitas tinggi, menjadikannya mobil sport yang cocok untuk mobilitas sehari-hari, sambil tetap mempertahankan DNA sporty Corolla.
Akio Toyoda, Chairman Toyota Motor Corporation (TMC), bersama pembalap Toyota, turut melatih GR Corolla di berbagai sirkuit balap dan mengujinya di jalan raya dalam kondisi berkendara ekstrem untuk memastikan performanya di berbagai situasi.
Menggunakan mesin turbo 3-silinder G16E-GTS yang juga dipakai oleh GR Yaris, GR Corolla dibekali mesin 1.618 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm. Performa ini melampaui GR Yaris yang menghasilkan 261 PS. Dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,3 detik dan kecepatan maksimal 230 km/jam, GR Corolla memiliki tiga mode berkendara: Normal, Eco, dan Sport.
Sistem GR-FOUR 4WD pada GR Corolla menggunakan electronic multi-plate clutch dengan pilihan rasio penggerak depan-belakang: 60:40, 50:50, dan 30:70. Selain itu, Torsen Slip Differential meningkatkan handling dan traksi pada setiap roda, sementara transmisi manual 6-speed iMT memberikan perpindahan gigi yang halus dan responsif.
GR Corolla dilengkapi rem cakram ventilasi 18 inci di depan dan 16 inci di belakang, serta sistem suspensi GR yang memastikan stabilitas saat berkendara. Desain bodi yang kokoh, ditambah penggunaan bahan ringan seperti aluminium pada kap mesin dan panel pintu, serta panel atap CFRP, membantu mengurangi bobot dan menurunkan pusat gravitasi mobil. GR Corolla dibanderol Rp 1.360.000.000 berstatus OTR Jakarta.

GR Supra
GR Supra merupakan generasi kelima dari Toyota Supra yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1978. Nama GR berasal dari GAZOO Racing, divisi Toyota yang bertanggung jawab untuk mengembangkan mobil-mobil berperforma tinggi. Dalam pengembangannya, GR Supra diuji di lintasan balap dan jalan umum untuk memastikan keseimbangan antara performa sport dan kenyamanan berkendara sehari-hari.
Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik, memungkinkan mobil bermanuver mulus di tikungan dan melaju cepat di jalan lurus. Dengan mesin 3.000 cc turbo 6-silinder segaris, GR Supra mampu menghasilkan tenaga 340 PS dan torsi 500 Nm. Transmisi otomatis 8-speed yang dipasang memastikan perpindahan gigi yang responsif.
Stabilitas GR Supra didukung oleh tiga elemen kunci: jarak sumbu roda, tapak, dan pusat gravitasi yang rendah. Dengan rasio wheelbase 2.470 mm dan distribusi berat 50:50 antara bagian depan dan belakang, mobil ini tetap stabil di berbagai kondisi jalan, terutama saat menikung.
Dari segi desain, GR Supra lebih aerodinamis dengan eksterior yang dilengkapi dengan double bubble di bagian atap dan spoiler belakang berbentuk duck-tail. Lampu LED depan dan belakang memperkuat kesan premium dan sporty.
GR Supra ditawarkan dengan harga Rp 2.237.600.000 berstatus OTR Jakarta.