NMAA News – Komitmen Suzuki Indonesia dalam industri otomotif terus berjalan hingga mencapai nilai investasi terakumulasi sebesar Rp 22 Triliun di akhir 2024.
Kapasitas produksi dalam negeri turut didukung melalui kolaborasi dhampir 1.000 mitra bisnis, termasuk pemasok besar dan UMKM.
Hingga akhir tahun 2024, lebih dari 450.000 keluarga telah merasakan dampak positif dari kegiatan ekonomi Suzuki, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Tahun 2024 menandai babak baru penuh transformasi bagi Suzuki Indonesia. Tahun ini, Suzuki meluncurkan tiga model baru di segmen roda empat serta dua pembaruan produk di segmen roda dua.
Debut konsep mobil listrik pertama Suzuki di Asia Tenggara di awal tahun lalu juga mendapat perhatian luas masyarakat Indonesia. Menjadi langkah strategis perkuat komitmen Suzuki terhadap mobilitas berkelanjutan.
“Sebagai perusahaan, visi kami melampaui hari ini. Kami komitmen membangun masa depan lebih baik melalui kontribusi berkelanjutan, tidak hanya bentuk kendaraan, tetapi untuk kehidupan masyarakat dan generasi mendatang,” ujar Joshi Prasetya, Dept Head of Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Suzuki berhasil mencatat hasil mengesankan dengan mencatat penjualan 69.392 unit mobil dan 14.040 unit motor. Angka merefleksikan kepercayaan konsumen terhadap produk Suzuki.
Segmen kendaraan ramah lingkungan, terutama model hybrid, menunjukkan peningkatan signifikan dengan pertumbuhan penjualan 30% atau total 17.594 unit sepanjang tahun.
Ekspansi jaringan layanan juga menjadi prioritas utama. Suzuki membuka enam dealer mobil baru, dua dealer motor, dan satu dealer OBM (Outboard Motor).
Dengan dukungan lebih dari 5.500 wiraniaga profesional, Suzuki memastikan pelanggan mendapat layanan optimal di seluruh wilayah Indonesia.
Suzuki juga aktif sosialisasikan tren mesin tempel 4-stroke yang lebih ramah lingkungan ke 1.840 pemilik kapal, nelayan, maupun pengusaha perairan di 46 lokasi.
“Suzuki bukan sekadar merek kendaraan. Kami bagian kehidupan masyarakat —dari perjalanan sehari-hari hingga momen berharga. Setiap inovasi kami bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” pungkas Joshi.