NMAA News – Bagi pecinta modifikasi mobil keluarga (van), nama Vankulture Indonesia pastilah tidak asing. Mereka sudah lama mewarnai jagat otomotif Indonesia.
Tepat di hari Sabtu, 1 Februari 2025, mereka mengadakan anniversary ke-9 di Mitra Terrace, Jakarta Selatan dengan tema VAN DAY.
“Kita pastikan, acara Van Day adalah acara kumpul berbagai komunitas mobil keluarga terbesar di Indonesia!”, ucap Josin (@vk_jos) sang founder Vankulture Indonesia. Selain meet up, acara ini juga ada fun contest, fun game, dan acara hiburan lainnya.
Sebagai informasi, Vankulture (VK) sendiri merupakan komunitas pecinta modifikasi mobil minivan/family car (di Indonesia biasa disebut Multi Purpose Vehicle/MPV) yang pertama kali lahir di California (AS) oleh Paul Cotaco pada tahun 2013.
Basis utama komunitas ini adalah mobil keluarga, jadi seluruh tema kegiatan dan modifikasinya biasa diarahkan dengan tema keluarga, misal dengan slogan “pick up the children from school in style” atau “go to shopping in style”.
Saat ini secara official sudah ada 7 cabang di seluruh dunia selain di AS, yaitu di Indonesia, Philipina, Jepang, Malaysia, Russia, Singapura, dan Kanada. (Sumber: Vankulture.com).
Josin, menyampaikan pada pertengahan Desember 2015, dirinya yang memang penyuka mobil minivan memberanikan diri untuk meminta lisensi VK pusat di California untuk mendirikan Vankulture Indonesia.
Ternyata permintaan ini diterima dengan sangat antusias oleh Paul Cotaco dengan full support dari mereka. Lalu di awal Januari 2016 dirinya bertemu dengan seorang pecinta mobil keluarga juga yaitu Indra Yogashara, dan ternyata bapak satu anak ini memiliki semangat yang sama dengan saya untuk mendirikan komunitas VK Indonesia.
“Alhasil kita berhasil launching VK Indonesia pada 30 Januari 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dihadiri sekitar 200 mobil dan sekitar 400 orang pengunjung”, ucap Josin. Dan acara ini merupakan debut VK Indonesia yang diakui secara internasional, oleh VK Official di California.
Nah, di hari ini VK Indonesia kembali mengadakan anniversary yang ke-9. Keseruan sudah terlihat dari pukul 10 pagi, ratusan mobil keluarga yang sudah dimodifikasi mulai berdatangan, baik dari Jakarta maupun dari luar luar Jakarta seperti Lampung, Surabaya, Bandung, Tasik, Cirebon, Semarang dan lainnya.
“Hadir sekitar 450 mobil menghadiri acara ini,” ucap Josin. Mereka sangat antusias menikmati keseruan meet up ini karena salah satunya ada hadiah give away berupa 1 unit mobil van. “Nanti yang beruntung akan kita undi untuk dapatkan 1 unit mobil van yang sudah dimodifikasi”, ucap Josin.
Dan benar, di akhir acara, giveaway sebuah Daihatsu Espass yang sudah dimodifikasi berhasil dimenangkan oleh salah satu peserta bernama Ekky, dari komunitas TKCI Bogor.
“Senang banget dapat hadiah giveaway ini, ada rencana bakal dimodifikasi lagi,” terangnya.
Nah, apa saja sih syarat masuk Vankulture? “Kita membuka diri untuk siapa saja yang ingin bergabung dengan VK Indonesia, namun tolak ukur kita saat ini hanya melalui Media Sosial, seperti halnya instagram yang dalam waktu kurang dari 9 tahun sudah lebih dari 100 ribu follower”, ucap Josin. Untuk official VK Indonesia saat ini baru ada sekitar 100 orang yang bergabung karena kita memiliki kategori tertentu sesuai arahan dari VK Official di AS.
Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus untuk bisa bergabung dengan VK Indonesia, yang pasti harus memiliki mobil keluarga yang dimodifikasi secara proper dan tidak merusak fungsi utama sebagai mobil keluarga.
Kalau di AS yang banyak bergabung adalah Toyota Sienna, Toyota Previa, Toyota Estima, Honda Odyssey namun mobil tersebut sangat jarang ditemukan di Indonesia.
“Di Indonesia sendiri, kita punya banyak sekali mobil keluarga, seperti Toyota Kijang, Honda Odyssey, Toyota Alphard, Vellfire, Daihatsu Gran Max, Nissan Grand Livina, Nissan Elgrand, sampai dengan tingkatan mobil low end seperti Suzuki Carry maupun Colt,” jelas Josin.
“Harapan ke depannya kita akan terus berusaha membawa nama baik indonesia di kalangan komunitas internasional. Baik dari segi modifikasi maupun komunitasnya. Dan saat ini kita sudah sangat diapresiasi dengan banyaknya mobil-mobil, khususnya jenis minivan yang sudah sering dimuat di beberapa media di Amerika dan Jepang,” tutupnya.