Menilik Lebih Jauh Interior, Fitur, Performa Mesin, dan Suspensi Suzuki Fronx

0
- Advertisement -

NMAA News – Ditengarai akan muncul di akhir Mei 2025 nanti, Suzuki Fronx mulai memperlihatkan keunggulan dirinya secara perlahan. Setelah sebelumnya kami mengulas tampilan eksterior yang memadukan unsur sporty-elegan, kali ini kami mengulas detail interior, penyematan fitur, suspensi hingga mesin Suzuki Fronx.

Suzuki Fronx merupakan SUV Coupe yang akan dipasarkan untuk masuki pasar SUV kompak. ‘Fronx’ merupakan hasil paduan dari dua kata yakni kata ‘Frontier’ dan ‘Crossover’ yang disingkat X. Kedua kata ini dikembangkan untuk mencerminkan sebagai SUV bergaya coupe yang dinamis.

Baca juga: Andalkan Desain SUV Coupe, Suzuki Fronx Masuki Pasar Indonesia

Suzuki Fronx nantinya bakal berkiprah di segmen SUV kompak. Pesaingnya seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Honda WR-V. Sebagai kuncui unggulan, Fronx akan memanfaatkan filosofi desainnya yang menegaskan karakternya sebagai Dynamic Coupe – Style SUV.

Fronx Miliki Interior Nyaman, Fungsional, dan Lengkap

Menengok tampilan interior Suzuki Fronx, ingatan kami langsung melayang ke penampilan interior elegan sporty-nya milik Suzuki All-new Grand Vitara.

Desain kabin yang berani dan terkesan percaya diri, menguatkan karakter maskulinitas Fronx. Apalagi sentuhan interior bernuansa dual-tone paduan warna hitam dan burgundy memberi ‘kesejukan’ di mata dan kenyamanan tinggi saat berkendara dalam waktu lama.

Memahami posisinya di SUV kompak segmen B, Fronx mengedepankan material kabin yang sepintas terlihat berkualitas dan mampu memberikan kesan mewah. Khusus varian GX dan SGX 6AT, seluruh kursinya sudah berlapis kulit. Kontur jok juga cukup ergonomis.

Baca juga: NMAA Digimodstar: Suzuki Fronx Rally Look Concept

Dimensi Fronx memiliki besaran (PxLxT) yakni 3.995 x 1.765 x 1.550mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.520mm. Komposisi ini mempengaruhi kelapangan kabin depan dan belakang.

Fitur ruang bagasi sebagai salah satu poin penting pemilihan mobil di Indonesia, diakomodir Fronx dengan kapasitas ruang bagasi mencapai 308 liter. Kendati ukuran ini sedikit lebih kecil disbanding kompetitornya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, yang bagasinya berkapasitas 369 liter.

Dimensi head room terlebih bagi penumpang belakang, yang sering menjadi kendala untuk sebuah SUV berkonsep Coupe, terlihat memadai di Suzuki Fronx. Saat mencoba duduk di jok belakang, dengan postur 175 cm sekalipun masih merasakan posisi duduk yang nyaman.

Kabin belakang Suzuki Fronx

Begitu pula leg room yang tersedia. Ruang kaki lapang masih mengakomodir untuk mereka dengan kaki panjang. Ini tentunya estimasi dari crew redaksi ya. Karena postur tubuh langsing dan gemuk tentunya memberi proporsi duduk yang berbeda.

Format kaca depan dan samping yang lapang, memberikan visibilitas leluasa. Menukiknya desain  buritan karena mengadopsi Coupe style, berimplikasi pada kecilnya luas kaca belakang. Namun, untuk pemantauan masih terakomodir cukup baik.

Begitu pula blind spot seputar pilar A terasa minim saat coba mengemudikannya. Yang menarik, Fronx dilengkapi fitur Head-up Display yang membantu pengemudi dalam memantau kecepatan dan fitur lainnya.

Fitur Kenyamanan Kabin Suzuki Fronx Selengkap Kelas SUV di Atasnya

Selain mengandalkan desain, Suzuki Fronx juga mengedepankan kelengkapan fitur yang diusungnya. Tak hanya fitur terkait kenyamanan berkendara, namun juga mencakup fitur keselamatan dan keamanan.

Menurut Arief Aditya selaku Head of Product & Accessories Development PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) saat media briefing usai uji coba Fronx di Sirkuit Bridgestone, Senin (21/4/2025) lalu, kelengkapan fitur yang fungsional dan lengkap menjadi salah satu keunggulan Fronx menyapa pasarnya.

Menguatkan unsur kenyamanan mengemudi selain desain interior yang ergonomis dan aplikatif, Fronx menghadirkan fitur Cruise Control (tipe GX 6AT), Tilt Steering & Telescopic (SGX 6AT), dan Paddle Shift (GX & SGX 6AT).

Selanjutnya bila memantau panel dashboard di sisi kanan lingkar kemudi, terdapat banyak tombol yang posisinya berjajar rapih. Untuk penggunaannya ditandai dengan simbol yang membantu pengoperasiannya. Tombol on-off ini untuk Sart Stop Engine, DSBS, LDW, Parking Sensor, Idling Stop, HUD Arrangement, ESP dan 360 Camera.

Lalu sarana In Car Entertainment (ICE) di kabin, hadir head unit 9 inci yang bisa dikoneksikan dengan Apple Car Play dan Android Auto. Ada pula fitur wireless charger yang mempermudah pengisian gawai secara cepat tanpa perlu menguras konsentrasi.

Memudahkan pemantauan sekeliling bodi mobil, baik saat jalan maupun parkir, Suzuki Fronx juga dilengkapi kamera 360 dengan around view monitor. Perangkat AC Climate turut hadir untuk memberi kesejukan kabin Fronx secara maksimal.

Sebagai Compact SUV yang diproyeksikan untuk perjalanan petualangan dan mengakomodir kebutuhan penempatan barang selama perjalanan, Suzuki Fronx memiliki banyak ruang penyimpanan.

Seperti Glove Box (laci dashboard) berkapasitas 4,8 liter, lalu ada cup holder dan tray di bagian tengah console box sisi bawah, rear pocket di kursi penumpang sebelah kiri, armrest storage & sliding, front door trim pocket, rear door trim pocket, spacious baggage, dan colokan USB di depan berikut soket aksesorinya.

Suzuki Fronx Sematkan Mesin Handal dan Transmisi A/T responsif   

Menyandang gen sebagai SUV yang harus banyak menghadapi obstacle kondisi jalan yang beragam, Suzuki Fronx mengusung mesin andalan Suzuki yang selama ini terkenal tangguh, irit, dan murah komponen perawatannya.

Suzuki Fronx disematkan dua varian mesin dari generasi yang sama, yakni tipe K15B dan K15C Dualjet. Untuk mesin tipe K15C ada yang dilengkapi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS mild-hybrid) dan disematkan pada Fronx tipe SGX Hybrid. Sedangkan varian GX memakai mesin K15C dual-jet non-hybrid.

Selain dipakai pada Fronx tipe GL, mesin Suzuki K15B sebelumnya juga digunakan pada beberapa model Suzuki lainnya, seperti Suzuki Baleno, Ertiga, XL7, Jimny, dan Carry (K15B-C). “Irit dan bandel,” demikian komentar pemerhati mobil bila ditanya performa mesin K15B yang berkapasitas 1.462cc ini.

Mesin Fronx K15C Mild Hybrid ini menghasilkan output torsi berlimpah dan ramah lingkungan namun tetap optimal. Konfigurasi mild hybrid ini dilengkapi Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai Lithium-Ion yang mampu menyimpan banyak energi, serta efisiensi maksimal berkat fitur engine start stop.

Mesin K15B pada Fronx GL mampu melontarkan daya 104,7 hp/6.000 rpm dengan torsi 138 Nm/4.400 rpm. Sedangkan kinerja mesin K15C untuk Fronx GX sedikit di bawah yakni di menyemburkan daya 100,6 hp/6.000 rpm dan torsi 135Nm/4.400 rpm.

Untuk bahasan lebih detail mengenai tipe mesin Suzuki Fronx yang berbeda kode dan output tenaganya ini akan diulas khusus pada artikel selanjutnya.

Dukungan Sistem Suspensi Suzuki Fronx yang Mendukung Kenyamanannya

Suzuki Fronx menyematkan suspensi depan model MacPherson Strut dengan coil spring (per keong). Dipadu aplikasi suspensi belakang jenis Torsion Beam dengan coil spring.

Suspensi depan Suzuki Fronx; McPherson Strut

Komposisi ini, menurut Arief, dianggap ideal dan cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Karena dirancang untuk memberi kenyamanan dan stabilitas terbaik di berbagai kontur jalan.

Suspensi depan MacPherson Strut menggunakan strut (tiang) sebagai komponen utama berupa sokbreker yang terkoneksi pada lower control arm roda depan, balljoint, tierod dan  steering link (link stabilizer).

Strut tersebut dipadukan dengan coil spring (per spiral) yang bersama sokbreker berfungsi untuk menyerap getaran dari jalan dan memberikan kenyamanan berkendara.

Suspensi belakang Suzuki Fronx yang mengadopsi Torsion Beam

Sementara suspensi belakang Torsion Beam menggunakan lengan atau balok torsi (torsion arm) yang terhubung dengan mekanisme roda belakang. Lengan torsi tersebut juga dipadu per keong untuk menyerap getaran dan memberikan stabilitas maksimal.

“Kombinasi suspensi ini memberi keseimbangan proporsional antara kenyamanan berkendara di jalan perkotaan dan stabilitas saat bermanuver,” jelas Arief.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Suzuki Fronx

Kehadiran Suzuki Fronx sudah dilengkapi aplikasi teknologi Suzuki Safety Support (SSS) atau Preventive Safety Technology. Teknologi keselamatan yang disematkan pada Suzuki Fronx ini diklaim Suzuki sebagai yang terlengkap di kelasnya.

Selain kantung udara yang komplit, Suzuki Fronx juga dilengkapi berbagai fitur keamanan dan keselamatan canggih. Termasuk sistem ADAS (Advanced Driver Assistance System) dan fitur standar lainnya yang meningkatkan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang.

Fronx dilengkapi 6 kantung udara di semua tipenya untuk menjamin keselamatan seluruh penumpang di dalam mobil Ketika terjadi kecelakaan. Ulasan bagaimana lengkapnya fitur keselamatan dan keamanan Suzuki Fronx akan kami sambung di artikel selanjutnya.

- Advertisement -