NMAA News – Great Wall Motor Company (GWM) Limited merilis data penjualan April 2025. GWM mencatat penjualan 100.061 unit kendaraan baru, meningkat 5,55% year-on-year.
Penjualan kendaraan energi baru (NEV) mencapai 28.813 unit, naik 28,42% year-on-year. Penjualan model berdesain boxy 43.182 unit, meningkat 24,74% Membawa GWM ke peringkat pertama pasar Tiongkok untuk kategori ini.
Berdasarkan data Yiche, GWM terus memimpin segmen kendaraan off-road hardcore di Tiongkok.
Pada April lalu, GWM fokus pertumbuhan pangsa pasar berbasis kualitas, melalui performa dan penguatan daya saing merek.
Pada 23 April, enam sub-brand utama GWM—HAVAL, WEY, TANK SUVs, ORA, GWM Pickup, dan SOUO Motorcycles—tampil di Auto Shanghai 2025 dengan model flagship masing-masing.
GWM meluncurkan Globalized Multi-Powertrain Strategy, menampilkan mesin 4.0T V8, dan memperkenalkan logo korporat terbaru—yang menarik perhatian besar publik dan media.
Pertumbuhan Berbasis Pasar di grup GWM;
- HAVAL mencatat penjualan April di 56.748 unit, naik 20,60% year-on-year. Generasi terbaru HAVAL H6, dilengkapi 9DCT wet dual-clutch transmission melintang, meraih penghargaan Top 10 World Transmissions di Longpan Cup Awards.
- WEY mencatat penjualan 4.811 unit di April, naik 7,92% year-on-year. Model terbaru WEY 80 mulai dibuka pemesanan awal, dengan jumlah pesanan melampaui 7.848 unit.
- TANK mencatat penjualan di April 19.201 unit, dengan total kumulatif global 663.200 unit. TANK 300 mencatat penjualan 10.586 unit, naik 13,46% year-on-year.
- ORA terjual 1.797 unit, dengan total penjualan global 518.100 unit. Edisi terbaru ORA 07 Touring Edition memulai debut global di Auto Shanghai.
- GWM Pickup terjual 17.500 unit, dengan total kumulatif global melampaui 2,76 juta unit. SAHAR POER Hi4-T, pikap off-road hybrid pertama di dunia, mulai dibuka untuk pemesanan awal di ajang ini.
Di Auto Shanghai, GWM resmi meluncurkan Globalized Multi-Powertrain Strategy, yang menekankan paduan mesin pembakaran dalam dan tenaga listrik mencapai efisiensi tinggi, jarak tempuh lebih panjang, serta adaptasi berbagai kebutuhan pasar global.
“GWM tidak melihat pilihan antara bensin dan listrik sebagai hal saling meniadakan. Kami menyesuaikan sistem penggerak dengan kebutuhan dan gaya berkendara pengguna global. Sinergi mesin konvensional dan sistem listrik memberi solusi tenaga terbaik untuk pasar dunia,” jelas Mu Feng, GWM President.
Strategi ini diperkuat hadirnya mesin 4.0T V8, salah satu sorotan utama pameran, yang memperkuat posisi GWM di segmen off-road premium global.
Untuk teknologi plug-in hybrid, GWM hadirkan platform teknologi Hi4—arsitektur hybrid AWD cerdas dengan 3 motor, 9 mode pengendaraan, serta manajemen energi pintar untuk performa AWD dengan efisiensi dua roda.
Pada Hi4 Performance Edition, ditawarkan efisiensi menyeluruh dengan konsumsi energi rendah untuk kendaraan menengah dan besar.
Terdapat pula teknologi Hi4-T yang mengoptimalkan performa off-road ekstrem, menggabungkan tenaga, jarak tempuh listrik, dan efisiensi bahan bakar.
Sedangkan Hi4-Z menjadi platform hybrid all-terrain dengan tenaga sistem hingga 715 kW, akselerasi 0–100 km/jam di bawah 4 detik, dan jangkauan listrik murni lebih dari 200 km.
Lalu pada versi Hi4-G, teknologi hybrid dirancang untuk truk tugas berat, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan keselamatan dalam logistik jarak jauh.
Saat GWM mencapai tonggak 15 juta unit kendaraan terjual secara global, perusahaan juga meluncurkan logo baru, yang menambahkan elemen “GWM” di dasar desain menara mercusuar ikoniknya.
Logo baru ini melambangkan “Great Wall Motor” dan semangat merek “Go With More” sebagai simbol kemajuan berkelanjutan.
Di pameran ini, GWM menampilkan model-model baru dari seluruh enam brand-nya, yang menunjukkan kekuatan inovasi yang beragam:
- HAVAL B07 generasi kedua: mengusung teknologi terbaru Hi4 dan Coffee Pilot Plus untuk efisiensi, keselamatan, dan pengalaman berkendara yang ditingkatkan.
- WEY 80 terbaru: dilengkapi kokpit cerdas, sistem bantuan pengemudi canggih, dan AWD pintar sebagai standar, menjawab kebutuhan keluarga modern.
- TANK 300 versi 2025: mempertahankan desain ikonik sambil meningkatkan kemampuan off-road, kenyamanan, ergonomi, dan keandalan.
- ORA 07 Touring Edition: menggabungkan estetika futuristik, teknologi pintar, dan ruang praktis untuk aktivitas luar ruang.
- SAHAR POER Hi4-T: memadukan teknologi energi baru dengan fleksibilitas kendaraan pikap, menonjolkan performa tinggi dan keamanan.
- SOUO S2000GL Limited Edition: menampilkan desain “Cloud-Rising Lion”, penghormatan terhadap keahlian dan warisan budaya Tiongkok.
Dalam beberapa tahun terakhir, GWM mengandalkan “Forest Ecosystem” untuk mendorong kemajuan pada sistem kokpit pintar, teknologi AI, komponen inti, manufaktur, dan riset.
GWM juga memperkenalkan: Coffee OS 3, model AI multibahasa, kursi super ergonomis, sistem steer-by-wire, teknologi baterai canggih, struktur bodi “Cage” berdaya tahan tinggi, fasilitas riset seperti terowongan angin aeroakustik dan iklim.