Hyundai Ioniq 5 N Modifikasi Siap Tancap Gas di Pikes Peak, Ngebut Sampai ke Awan

0
- Advertisement -

NMAA News – Pikes Peak International Hill Climb, ajang balap legendaris menuju langit di Colorado, Amerika Serikat, akan kembali digelar. Tahun ini, perhatian tertuju pada sebuah mobil listrik berperforma tinggi: Hyundai Ioniq 5 N, yang telah dimodifikasi secara ekstrem oleh bengkel asal Amerika, Evasive Motorsports.

Bukan sembarang mobil, ini adalah versi modifikasi serius dari SUV listrik pabrikan Korea yang telah dikembangkan oleh tim yang juga pernah menurunkan mobil di Pikes Peak sebelumnya. Tujuannya jelas, menaklukkan lintasan sepanjang 20 kilometer yang menanjak hingga ketinggian lebih dari 4.300 meter, dengan 156 tikungan tajam dan udara tipis yang menguji mesin, rem, hingga stamina pengemudi.

Hyundai Ioniq 5 N Pikes Peak

Dari Garasi ke Puncak Gunung

Hyundai Ioniq 5 N TA (Time Attack) Spec ini lahir dari kolaborasi penuh antara Evasive Motorsports dan sejumlah nama besar di dunia balap. Komponen aerodinamika dikerjakan oleh Voltex, spesialis aero dari Jepang. Mulai dari splitter depan, overfender, diffuser, hingga sayap belakang raksasa—semuanya dirancang untuk menambah downforce agar mobil tetap mencengkeram aspal meskipun udara semakin tipis di ketinggian.

Tak hanya tampil agresif, bobot mobil juga ikut dipangkas habis-habisan. Interior dilucuti total. Jok asli dicopot, digantikan kursi balap Sparco QRT-C berbahan serat karbon. Roll cage pun ditambahkan untuk keamanan. Hasilnya, bobot mobil turun sekitar 227 kilogram—cukup signifikan untuk menambah kelincahan di medan tanjakan.

Hyundai Ioniq 5 N Pikes Peak

Suspensi Balap, Ban Slick, dan Rem Ganas

Suspensi standar diganti coilover Moton, dikombinasikan dengan anti-roll bar EVS Tuning untuk stabilitas maksimal. Sektor roda menggunakan velg Titan 7 berdiameter 19 inci yang dibalut ban slick Yokohama Advan A005, ban balap yang biasa dipakai di sirkuit.

Sektor rem juga tak main-main. Mengandalkan pad dari CounterSpace Garage dan sistem hidrolik dari Endless, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman kompetisi. Bahkan, air jack dari Krontec ditanamkan di bawah bodi agar kru pit bisa dengan cepat mengganti ban saat dibutuhkan.

Dapur Pacu Tetap Standar, Tapi Siap Tancap

Menariknya, jantung pacu mobil ini tak diubah. Masih menggunakan motor ganda bawaan Ioniq 5 N yang mampu memuntahkan tenaga hingga 641 hp dan torsi 770 Nm. Tapi berkat bobot lebih ringan dan setup kaki-kaki kompetisi, performa mobil ini meningkat drastis.

Mode “N Grin Boost” tetap tersedia, memberikan dorongan tenaga maksimal selama beberapa detik, sangat berguna saat sprint pendek di lintasan tanjakan.

Hyundai Ioniq 5 N Pikes Peak

Suara Menggelegar dari EV? Bisa!

Salah satu regulasi Pikes Peak adalah mobil harus terdengar—dengan minimal suara 120 dB. Karena mobil listrik nyaris tak bersuara, Hyundai menyematkan sistem suara buatan bernama N Active Sound+. Suara virtual ini disemburkan lewat speaker eksternal agar mobil tetap menakutkan, sekaligus menjaga keselamatan marshal dan penonton.

Target Serius: Tembus 10 Menit

Tahun lalu, Evasive Motorsports sukses mencatatkan waktu 9 menit 30 detik dengan versi prototipe TA Spec. Kini, dengan pendekatan yang lebih “production-based”, mereka ingin membuktikan bahwa mobil listrik produksi massal seperti Ioniq 5 N pun mampu bersaing di ajang ekstrim seperti Pikes Peak.

Sebagai perbandingan, versi standar (tanpa modifikasi besar) Ioniq 5 N berhasil menyelesaikan lintasan dalam waktu 10 menit 49 detik—sudah cukup untuk memecahkan rekor SUV listrik produksi yang sebelumnya dipegang Bentley Bentayga. Versi modifikasi tahun ini diproyeksikan bisa menembus di bawah 10 menit, menjadikannya salah satu SUV listrik tercepat di ajang ini.

Mobil Listrik, Balap, dan Masa Depan

Langkah Hyundai di Pikes Peak bukan hanya sekadar pamer kecepatan, tapi juga sinyal bahwa masa depan motorsport bukan lagi sekadar soal bensin dan raungan knalpot. Teknologi mobil listrik kini sudah cukup matang untuk menghadapi tantangan berat seperti tanjakan Pikes Peak.

Dan lewat proyek ini, Hyundai N ingin mengabarkan pada dunia: performa dan keseruan berkendara tidak hilang di era elektrifikasi—bahkan bisa lebih beringas, lebih presisi, dan lebih cepat dari yang kita bayangkan.

Ioniq 5 N TA Spec adalah bukti bahwa batasan hanya ada di pikiran. Di tangan tuner yang tepat, SUV listrik pun bisa jadi monster lintasan—siap menaklukkan awan, satu tikungan demi satu tikungan.

Kalau begini, balapan mobil listrik jadi semakin seru, ya?

 

- Advertisement -