NMAA News – Segmen mobil bekas (mobkas) di Tanah Air masih menjanjikan kepastian. Beberapa APM kendaraan di Tanah Air bahkan memasukkan mobkas sebagai penunjang usaha dan menjaga pamor harga bekas dari varian yang dipasarkannya.
Kali ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melalui salah satu unit usahanya, Hyundai Solusi Mobilitas (HSM) menghadirkan mobil bekas (mobkas) dari berbagai model Hyundai dengan kondisi layaknya mobil baru.
Kondisi mirip mobil baru mobkas Hyundai yang dijual HSM ini merupakan hasil rebuild dan dan langkah penyempurnaan menyeluruh yang dilakukan tim HSM guna mengembalikan kondisi mobil kembali seperti baru.

“Setiap mobil bekas di HSM dipastikan berkualitas terbaik. Seluruh unit lewati proses inspeksi menyeluruh. Diperbaiki jika ditemukan kerusakan, hingga proses detailing agar prima kembali,” jelas Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID.
Ditambahkan Frans, sapaan akrabnya, HSM juga hadirkan garansi resmi Hyundai yang masih berlaku di tangan kedua, sehingga konsumen dapat merasakan ketenangan layaknya membeli mobil baru.
“Kenapa garansi pabrikan tetap berlaku meski mobil berpindah tangan? Karena Hyundai menerapkan garansi kendaraan berdasarkan identitas kendaraan yang bersumber dari nomor rangka,” jelas Frans.

Jadi, meski berpindah kepemilikan, menurut Frans, garansi pabrikan tetap berlaku. Hal inilah yang juga mendukung ekosistem kepemilikan Hyundai selama masa garansi yang berlaku. Sekaligus memberi rasa nyaman tanpa kawatir ke konsumen Hyundai.
Konsep kepemilikan dan garansi ini pula dikuatkan keberadaan program myHyundaiCare. Yang mana program ini tidak hanya berlaku untuk mobil baru, tetapi juga untuk mobil pre-owned.
“Komposisi ini menunjukkan bagaimana komitmen Hyundai yang tidak setengah-setengah dalam memberikan ketenangan dan kepercayaan kepada seluruh konsumennya,” imbuh Frans saat jumpa media di lokasi HSM di Grand ITC Permata Hijau, Rabu (15/10/2025).

Sementara Hyundai Promise hadir sebagai program mobil bekas bergaransi resmi Hyundai Global melalui Hyundai Solusi Mobilitas (HSM). Diluncurkan pada Juli 2025, inisiatif ini menjadi program Hyundai Certified Pre-Owned pertama di kawasan ASEAN.
Kehadiran Hyundai Promise ini sekaligus menegaskan komitmen Hyundai dalam menghadirkan standar kualitas global mobil bekas Hyundai yang terjamin bagi konsumen di Indonesia.
Kehadiran Hyundai Promise di HSM perlihatkan myHyundaiCare tidak hanya berlaku bagi mobil baru, tetapi juga untuk mobil pre-owned, menunjukkan komitmen Hyundai yang serius memberi ketenangan dan kepercayaan ke konsumennya.

Satu contoh, seperti diutarakan Wahyu Seto, General Manager HSM. “Contohnya, Ioniq 5. Meski berstatus pre-owned, kualitas mobil ini terjaga prima. Setiap unit Ioniq 5 di HSM dipastikan memiliki State of Health (SoH) baterai 95-100%,” beber Seto, sapaan akrabnya.
Kondisi ini, jelas memberi jaminan rasa aman ke konsumen karena yakin atas performa kendaraan listrik yang dimilikinya. Terlebih, tetap ada garansi yang masih berlaku di tangan kedua.
“Hal ini menjadi bukti nyata, membeli mobil listrik pre-owned melalui HSM tetap memberi ketenangan dan rasa percaya diri layaknya membeli mobil baru,” imbuh Seto.

HSM juga memberi berbagai keuntungan tambahan yang tidak bisa dilakukan kompetitornya. Yakni, pemberian opsi program 1 tahun perpanjangan warranty (extended warranty) dan perpanjangan layanan darurat 24 jam.
Sedangkan komponen baterai di unit BEV Hyundai, pelanggan tetap peroleh perlindungan garansi pabrik selama 8 tahun atau hingga jarak tempuh 160.000 kilometer, mana tercapai lebih dahulu.
Melalui Hyundai Promise sebagai bagian ekosistem myHyundaiCare, Hyundai tunjukkan konsistensinya memberi pengalaman kepemilikan kendaraan menyeluruh.
Bukan hanya bagi pelanggan mobil baru, tetapi juga bagi pengguna mobil pre-owned. Pastikan setiap pelanggan tetap mendapat rasa aman, nyaman, dan kepercayaan penuh atas kualitas layanan Hyundai.

