Tahukah kalian kalau peruntukkan lap buat membersihkan mobil itu ternyata berbeda-beda jenisnya? Sebab kebanyakan orang pakai satu jenis lap untuk semua aktivitas pekerjaan pembersihan mobil. Di pasaran banyak tersedia lap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misalnya lap khusus untuk bagian eksterior, interior mau pun kaca. Material dan tekstur pun beragam, ada yang halus atau pun memiliki permukaan sedikit kasar.

36863465_1723727281038949_2097050677426520064_n

Mulai dari katun, chamois, microfiber dan lain sebagainya yang memiliki karakteristik dan peruntukkanya masing-masing. Biasanya workshop spesialis detailing concern terhadap penggunaan jenis lap yang berbeda-beda ini. Misalnya chamois yang dulunya merupakan  sarung tangan pekerja industri Eropa di abad 18. Sampai pada akhirnya, datanglah era dimana keperluan rumah tangga seperti mencuci mobil. Awalnya, chamois berbahan dasar kulit diambil dari domba, tapi untuk menekan harga jual ada pula yang membuat chamois dari bahan kulit sintetis.

lap chamois

Lap chamois lebih difungsikan untuk penyerapan air yang lebih banyak ketimbang kain biasa. Makanya, lap jenis ini lebih digunakan untuk proses pengeringan. Bagian permukaannya berpori-pori sangat kecil, sehingga tidak memberikan ruang untuk masuknya kerikil ataupun partikel debu. Untuk menjaga agar selalu dalam kondisi baik, sebaiknya perhatikan cara penggunaannya. Setelah pemakaian, segera bilas dengan air bersih, jangan dijemur diterik matahari dan simpan dalam kemasannya agar tetap lembab dan tidak kering.

lap chamois
Sementara itu lap microfiber merupakan terminologi yang menggambarkan serat sangat halus. Kain yang terbuat dari benang ekstra halus menghasilkan sentuhan yang sangat lembut. Ukuran kehalusan kurang dari 1 denier per filament. Artinya, serat halus berdiameter 0.006 mm atau 10 kali lebih halus ketimbang sutera, 30 kali lebih halus dari katun atau 100 kali lebih tipis dari rambut manusia. Lap jenis microfiber kerap digunakan sebagai finishing setelah mencuci. Namun, ternyata lap jenis ini dapat digunakan pada saat eksekusi perawatan. Misalnya, Anda saat ingin poles bodi dengan wax, lap microfiber bisa digunakan sebagai alat untuk poles.

kain majun

Kain lap majun merupakan salah satu lap konvensional. Lap ini dibuat dari bahan pilihan, yaitu bahan katun kaos yang bisa menyerap air dengan baik. Hingga saat ini, kain lap majun masih juga dijual di pasaran. Biasanya tak sedikit yang menggunakan kain lap majun untuk membersihkan kotoran oli, debu, cat dan sejenis noda lainnya. Jadi bisa digunakan untuk sekali pakai saja.
Pasalnya, harga kain jenis ini masih tergolong murah. Meskipun harga terjangkau, tapi kain lap majun masih tetap memiliki permukaan yang cukup halus.