Liberty Walk (LB Walk) belakangan ini mencatat sejarah dalam perluasan bisnisnya. Karena sejak kuartal akhir 2018 silam, tuner asal kota Nagoya, Jepang tersebut meluncurkan  paket modifikasi untuk SUV. Ini adalah kali pertama LB Walk membuat paket untuk mobil bergenre 4×4. Tak tanggung yang dirancang adalah paket over fender untuk Mercedes-Benz G63 AMG yang ikonik dengan bentuk boxy-nya.

G-Jimny Digimod

Desas-desus soal pembuatan desain untuk G63 AMG memang sudah dibocorkan Wataru Kato, founder-nya LB Walk pada 9 Agustus 2018 lalu melalui akun Instagram pribadinya. Yang menarik, pada hari yang sama Kato-san juga melansir gambar digital modification untuk Suzuki Jimny generasi keempat ber-platform JB64/JB74 atau paling baru. Desain keduanya pun tampak serupa mengingat dua mobil beda pabrikan tersebut memiliki bentuk kotak yang sama, meski ukurannya jauh berbeda.

Namun, yang dilansir duluan adalah G63 AMG dan dipamerkan pertama kali pada SEMA Show 2018 (30 Oktober-2 November) di Las Vegas, AS dengan balutan warna hitam. Kabarnya paket body kit untuk mobil itu pun banyak disukai dan menjadi alternatif dibanding buatan tuner-tuner asal Eropa yang duluan eksis.

G-Jimny LB Walk 2

Disediakan dalam tiga paket penjualan dalam kategori LB-Works, masing-masing adalah Light Complete Body Kit yang terdiri dari Front Under Spoiler, Rear Wing, dan Wide Fender dibanderol 8.100 dolar AS (FRP) dan 12.000 dolar AS (CFRP). Lalu paket Complete Body Kit yang terdiri dari Front Under Spoiler, Rear Wing, Wide Fender, Bonnet Hood, dan Front Roof Spoiler seharga 13.400 dolar AS (FRP) dan 19.560 dolar AS (CFRP). Terakhir adalah paket Premium Complete Body Kit yang terdiri Front Under Spoiler, LB Front Grille, Rear Wing, Wide Fender, Bonnet Hood, Front Roof Spoiler, dan LB Back Side Tire Cover yang dihargai 17.080 dolar AS (FRP) dan 23.890 (CFRP).

G-Jimny TAS topgear.com.ph

Nah, pada Tokyo Auto Salon 2019 yang diakan 11-13 Januari lalu, versi revisi  modifikasi G63 AMG pun dilansir bersamaan dengan Jimny. Saat disadingkan keduanya pun terlihat serupa seperti kakak beradik. Kato memang membuat desain paket modifikasi untuk Jimny terbaru tersebut mengikuti paket yang disematkan untuk G63 AMG, namun versi kompaknya. Nama paket modifikasinya pun Suzuki G Mini.

G-Jimny LB Walk 4

Mulai dari fascia, ada bumper custom dengan bentuk yang mirip dengan G-Class. Lengkap dengan air intake kotak dan sisipan LED DRL. Bumper depan ini juga dilengkapi dengan spoiler hitam dan ada juga towing hook warna silver. Kap mesin juga menjadi perhatian dengan membuat cekungan di tengahnya sehingga terlihat lebih gagah. Tak ketinggalan fender lebar bolt-on khas menghiasi sisi samping. Termasuk side steps lebar dan pelek baru yang lebih sporty.

G-Jimny LB Walk 3

Paket penjualan Suzuki G Mini yang masuk dalam kategori LB-Nation ini masing-masing adalah:

  1. G Mini WORKS Light Complete Body Kit. Terdiri dari Front Bumper, Front Grille, Wide fender. Harganya 2.970 dolar AS.
  2. G mini WORKS Full Complete Body Kit. Terdiri dari Front Bumper, Front Grille, Wide fender, Rear Wing. Harganya 3.510 dolar AS.
  3. G mini WORKS Premium Complete Body Kit. Terdiri dari Front Bumper, Front Grille, Wide fender, Rear Wing, Front Roof Spoiler, Bonnet Food. Harganya 5.570 dolar AS.

Semua paket modifikasi tersebut dibuat dari FRP, dan bisa dibeli satuan atau part per part. Bagaimana ada yang berminat modifikasi G-Class atau Jimny barunya?