PT Honda Prospect Motor  mengumumkan pemenang 20 besar karya modifikasi terbaik kontes Digital Modification Brio V-Mod 3. Sejumlah peserta yang terpilih masuk ke babak penyisihan ini menuangkan ide dan gagasan secara personal di unit All New Brio terbaru. Berkolaborasi dengan National Modificator and Aftermarket Association (NMAA),  Digimod bertema “Racing Garage” membuat para kontestan mulai beradaptasi dengan PSBB selama mengerjakan submission #dirumahaja. Hasilnya, modifikasi dengan aliran street race,drift,  drag, race look dengan finishing rapi menyulitkanjuri memilih pemenang di babak penyisihan selanjutnya.

Para peserta Brio V-Mod mengaku antusias mengikuti menggodok materi untuk dikirimkan ke panitia. Terlebih di tengah fase pandemi yang belum menemukan titik terang ini, mereka semakin kreatif. Dengan total sebanyak 789 submission  yang datang dari peserta di berbagai kota di Indonesia.

Foto: @hondaisme

Menariknya, banyak diantara para desainer, berani mengeksplorasi desain hingga ke bagian ruang kabin. Meski terlihat simpel, tapi bagian interior bukan perkara mudah. Hal ini amat rumit, dari segi detail dan proses pengerjaan. Mengganti jok dengan bucket seat, menampilkan wujud setir kemudi, dasbor sampai roll bar.

Poin terpenting dalam Brio V-Mod dengan tema “Racing Garage” cukup simpel.  Dari tema yang dimuat, aliran modifikasi Racing tergolong variatif. Konsep ini dianggap cocok dengan karakter All New Honda Brio yang memuat DNA racing. Mobil berjenis hatchback ini terbilang modifiable.

Sedangkan di bagian eksterior, sejumlah komponen bodi banyak dimodifikasi seperti custom decal sticker, penambahan perangkat Body Kit (Bumper depan, belakang, splitter, lips spoiler, over fender, dan wing spoiler). Rubahan DRL pada lampu depan, dan Velg. Bedanya, menjelang akhir kontes, para desainer digital seakan melesatkan masterpiece karyanya. Apalagi kontes ini tidak mengenal batasan karya yang dikirim oleh seorang Digimod.

Foto:@hondaisme

Perlu diketahui, kontes ini dibuka untuk umum, mulai dari desainer dan penggiat modifikasi virtual dari semua kalangan usia. Diprediksikan persaingan antar para Digital Modificator (Digimod) semakin kompetitif, tidak berlaku  batasan para desainer amatir atau profesional. Adapun para pemenang nantinya bakal mendapatkan total hadiah sebesar Rp. 60 juta.

Setelah melalui seleksi yang dilakukan oleh tim juri, terpilih 20 finalis yang merupakan karya dari Muhammad Azra, Mochamad Rizal, Muhammad Haekal Syafi, Didik Permadi, Ardhyaska Amy, Deden Desmahekmawan, Davy Pradana, Reinaldi Manuel Poliman, Risky Fauzi, Nico Ramadika, Dzulqurnain Ali Sahab, Calvin, Wikan Wicaksono Bherbudi, Dani anggoro, Lanang Allam Pratomo, Diki Ahmad Sidik, Ahmad Zaki, Joni Agung Prasetyo, Fairuz Sinatria dan Dwi Askoro Hermawan.

Foto: @hondaisme

Seluruh karya yang terpilih menjadi 20 finalis akan mendapatkan hadiah masing-masing uang tunai senilai Rp. 1.000.000 dan berkesempatan merebut gelar juara berdasarkan pilihan juri dan gelar favorit di media sosial. Pada tahap selanjutnya, 20 desain tersebut akan disaring kembali dengan menyisakan 10 desain terbaik yang akan diumumkan pada 13 Agustus 2020. Gelar juara 1, 2, dan 3, serta juara pada kategori Best decal dan Best Social Media Choice.

Juara pertama pada kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 15.000.000, juara kedua sebesar Rp 10.000.000, dan juara ketiga sebesar Rp 7.000.000. Sedangkan untuk pemenang kategori Best Decal akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 5.000.000. Khusus untuk pemenang kategori Favorite Winner by Social Media sebesar Rp 3.000.000.

Foto: @hondaisme

Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili mengatakan, kompetisi Brio V-Mod dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dari jumlah karya yang masuk maupun dari kualitas desain otentik yang ditampilkan para peserta.

“Seluruh finalis yang terpilih tahun ini berhasil menampilkan desain orisinal dengan gaya Racing yang kreatif sehingga membuat tampilan Honda Brio lebih sporty. Terlebih, Brio V-Mod telah menjadi ajang bagi para modifikator untuk tetap berkarya dan produktif di tengah pembatasan aktivitas di luar ruangan saat ini.”ujarnya.

Semua desain dari para finalis Honda Brio V-Mod dapat dilihat pada akun instagram @hondaisme. Selain itu , bisa juga membubuhkan keyword di laman pencari instagram #briovmod3. Netizen juga dapat berpartisipasi untuk desain favoritnya di akun Instagram @hondaisme hingga 16 Agustus mendatang.